Penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Open Source Untuk Kemajuan UMKM - KoranMu
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

NEW YORK WEATHER
{fbt_classic_header}

Penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Open Source Untuk Kemajuan UMKM

Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam perekonomian di Indonesia tidak dapat dipungkiri lagi. Sejarah telah membuktikan bahwa sektor UMKM  pada tahun 1998 menjadi salah satu faktor Indonesia dapat keluar dari krisis…


Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam perekonomian di Indonesia tidak dapat dipungkiri lagi. Sejarah telah membuktikan bahwa sektor UMKM  pada tahun 1998 menjadi salah satu faktor Indonesia dapat keluar dari krisis ekonomi yang terjadi pada saat itu, tatkala perusahaan-perusahaan besar kesulitan menyediakan dolar guna membeli bahan baku produksinya, UMKM malah sebaliknya, sektor ini dapat menyediakan dolar dari hasil penjualan ekspor produksinya keluar negeri.

Selain itu, sektor ini tidak terlalu membutuhkan dana berbentuk dolar dikarenakan bahan baku yang digunakan mayoritas bahkan sampai 100% menggunakan kandungan lokal. Hal inilah yang membuat sektor UMKM menjadi pondasi kuat perekonomian Indonesia untuk dapat keluar dari krisis ekonomi yang terjadi.

Pentingnya UMKM sebagai pondasi perekonomian Indonesia terlihat tatkala Presiden ke Tiga Indonesia Prof. B.J. Habibi membuat kebijakan ekonomi agar Indonesia dapat segera keluar dari krisis ekonomi 1998. Salah satu kebijakan tersebut adalah dengan mengembalikan perekonomian Indonesia dengan mendorong sektor UMKM dan koperasi untuk dapat terus berkembang.

Namun sayangnya sampai saat ini sektor UMKM di Indonesia masih agak sulit berkembang dengan pesat jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar. Salah satu penyebab sektor ini sulit berkemabng jika dibandingkan dengan perusahan skala besar adalah karena dalam operasionalnya sehari-harinya masih menggunakan cara-cara manual, bereda dengan perusahaan besar yang sudah menggantikan cara-cara manualnya dengan cara-cara otomatisasi dengan menggunakan teknologi informasi. Perusahaan besar yang sadar bahwa pengelolaan perusahaan dengan cara-cara manual akan mempersulit perusahaan untuk dapat berkembang.

Kita dapat mengambil contoh PT. KAI yang berhasil menjadi sebuah perusahaan yang lebih baik dan berkembang tatkala perusahaan tersebut dalam kegiatan operasionalnya bertransformasi kedunia digital dengan menggunakan teknologi informasi.  Hal ini seperti yang diutarakan oleh Arief Setiawan yang menjabat sebagai VP Enterprise Resource Planning di PT. KAI beliau mengatakan: “PT KAI Persero telah meng-enabler IT di dalam tubuh perusahaan dan mampu menjadi penggerak bisnis serta merealisasikan visi perusahaan menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik. Hasil dari penerapan teknologi tersebut, diakuinya, telah meningkatkan jumlah penumpang KA dari sebelumnya.Loket untuk penjualan tiket berkurang sebab mengandalkan mekanisme pembelian secara online dan lainnya.

Salah satu faktor yang membuat sektor UMKM masih jarang memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan operasional bisnisnya sehari-hari adalah faktor mahalnya harga sebuah teknologi informasi. Untuk perusahaan yang besar seperti bank, harga sebuah teknologi informasi bukanlah sebuah masalah, namun untuk insdustri-industri sektor UMKM harga sebuah sistem informasi adalah ganjalan utama mengapa mereka enggan mempergunakan teknologi informasi.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi saat ini banyak bermunculan software-software berbasiskan open source yang tidak kalah canggih dengan software-software berbayar yang dapat diimplementasikan pada industri kecil seperti sektor UMKM. Salah satu software berbasiskan open source yang dapat diimplementasikan dalam dunia industri UMKM adalah sistem informasi ERP (enterprise planning resource).

Sistem ERP adalah sebuah aplikasi bisnis yang didalamnya terdapat modul-modul yang saling terintegrasi satu sama lain, seperti modul keuangan, modul akuntansi, modul produksi, dan modul sumber daya manusia. Dengan terintegrasinya berbagai macam modul yang ada membuat sistem ini dapat menghasilkan kebutuhan data yang cepat dan akurat.

Salah satu system ERP (enterprise planning resource) berbasis open source namun handal dan telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan diberbagai macam negara baik dengan skala kecil maupun besar adalah Odoo. Dengan tampilan yang enak dilihat dan mudah digunakan membuat odoo lambat laun menjadi ancaman bagi produsen-produsen sistem berbasiskan ERP seprti SAP, Oracle dan lainnya.

Penulis berkeyakinan yang kuat, jika saja system berbasiskan ERP open source ini digunakan oleh sektor-sektor UMKM di Indonesia, lambat laun sektor UMKM dapat lebih bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar, karena dengan penggunaan sisetm ERP ini, para pengusaha UMKM dapat memprediksi kebutuhan bahan-baku, estimasi penjualan, dan data keuangan yang akurat, dimana data-data ini dalam sebuah perusahaan adalah salah satu syarat untuk dapat mengembangkan bisnis ke depan.

Penulis: Riva Abdillah Azis Mahasiswa Pasca sarjana jurusan Ilmu hukum
 Univeesitas Al Azhar Indonesia

Tidak ada komentar