Page Nav

HIDE

Update

latest

Perbedaan sistem perekonomian Indonesia dengan sistem perekonomian China

Perbedaan sistem perekonomian Indonesia dengan sistem perekonomian China Sistem perekonomian indonesia .Indonesia telah menganut system per...


Perbedaan sistem perekonomian Indonesia dengan sistem perekonomian China Sistem perekonomian indonesia .Indonesia telah menganut system perekonomian pancasila dari awal kemerdekaan.Kan tetapi akan tetapi hal tragis pun terjadi sistem perkonomian pancasila, hanya menjadi sebuah konsep dan wacana belaka, tanpa ada nya gerakan untuk mewujudkan nya.Namun , seiring perkembang jaman ,lama kelamaan sistem lain pun diterapkan agar roda perekonomian tetap berjalan ,terutama sistem perkonomian kapitalis, .Dengan kebijakan nya pemerintah , sangat mengutamakan sistem ini.Salah satu contohnya sudah banyak asset Negara (Bumn) yang telah dibeli dan menjadi hak milik orang-orang kapitalis , demi memperoleh dana segar sesaat saja.Di dalam UUD1945 pada pasal 33 yang berbunyi ; Bumi ,air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai penuh oleh Negara untuk dikelola demi kesejahteraan rakyat .Artinya , kekayaan bumi di Indonesia dikuasai penuh oleh Negara , tetapi digunakan untuk keperluan hidup rakyat. Bukan malah menjual kekayaan Negara kepada pihak swasta.Lalu kenapa harus dijual ?Hal ,ini membuktikan bahwa sistem perekonomian yang selama ini dijalani sudah eror,tidaki sesuai dengan UUd 1945. Hal ini disebabkan karena para penguasa Negara,hanya memikirkkan dirinya sendiri,demi mendapatkan uang panas, tanpa berfikir bagamaina nasib rakyat , yang sangat membutuhkan kekayaan alam tersebut. Memang secara pemikiran Indonesia benar menganut s istem perekonomian pancasila , tapi fakta berkata lain terbukti dengan tidak adanya implementasi dari sistem perekomomian pancasila , dan malah menggunakan sistem perkonomian kapitaslis yang sudah sangat bertentangan dengan UUD 1945 pasal 33. Masih menjadi pertanyaan , kenapa Indonesia meninggalkan sisten perekonomian panacasila , yang jelas " jelas telah dianut sejak awal kemerdekaan , Padahal sistem pancasila merupakan sistem terbaik untuk Negara Indonesia dalam menjalan kan roda perekonomian.karena pemmpin Negara hanya memikirkan kepentingan dan keuntungan sendiri .

Hal ini harus segera diluruskan , agar tidak merugikan rakyat banyak. Sistem perekonomian pancasila yang mempunyai nilai ,kemanusiaan yang adil dan beradab, dan menjunjung tinggi hak asasi maanusia dalam segi perekonomian.Didalam perekonomian panacasila , tidak ada nama nya economic animal , yang satu memangsa yang lain,. Artinya tidak menindas yang lemah dalam persaingan ekonomi pancasila berpatokan pada kekayaan bumi Indonesia.Walaupun ekonomi dunia telah menyatu ,tetapi pasar telah mendunia. Di dalam sila ketiga yang berbunyi , persatuan Indonesia, telah mengamanahkan kesatuan ekonomi, sehingga menjadi wawasan nusantara pada bidang ekonomi.Kepentingan ekonomi kita tetap menjunjung kepentingan bangsa ini.Ekonomi pancasila membutuhkan sikap pahlawan dari para pemimpin Negara walaupun kegiatan perekonomian sudah mendunia, Seperti terjadi kegiatan ekspor dan impor dalam roda perekonomian .Sila ke 4 memberikan pandangan nya terhadap kedaulatan rakyat dan bagaiman demokrasi tetap berjalan sesuai UUD di Indonesia. Dalam ekonomi pancasila telah di atur dengan sistem demokratis yang telah disususn dalam undang undang dasar secara eksplisit, yaitu Demokrasi ekonomi. 

Di dalam pancasila yang kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia , artinya upaya mengembangkan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan adanya pemerataan ekonomi agar tercipta nya sebuah keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dengan sistem perekonomian pancasila yang menjunjung tinggi asas kekeluargaan. .Bila sistem perekonomian pancasila berjalan dengan semestinya , kesejahteraan rakyat Indonesia secara perekonomian akan terwujud.Contoh pancasila kelima yang berbunyi : keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.Bila hal tersebut terjadi maka akan tercipta nya keadilan social secara ekonomi di seluruh wilayah Indonesia , jika hal tersbut telah tewujud maka wilayah Di Indonesia dapat berkembang sesuai dengan potensi dari SDM dan SDA , di wilayah Indonesia. Sistem perekonomian cina . Sejak dahulu Negara China memang memiliki julukan Negara komunis,Negara yang semua hal perekonomian sudah diatur oleh Negara dan warga yang menentang akan mendapat panismen / hukuman . yang arti nya warga china harus mamatuhi kebijakan yang diambil oleh pemerintah , tidak memiki hak berpendapat terkait kebijakan pemerintah china. China juga telah menutup mulut media masa / pers di Negaranya sendiri.Pada 4 Januari 2006 Organisasi Reporters Sans Frontieres (RSF) yang berada di Paris melaporkan bahwa banyaknya kasus penahanan wartawan selama tahun 2005 di china.Jumlah wartawan yang telah ditahan berjumlah sebanayak 32 orang, Data ini diperoleh dari organisasi reporter lintas negara, hingga 1 juni 2006.Artinya media masa mendapat pengawasan yang sangat ketat dari pemerintahan china. .Penyitaan informasi terhadap media , sebetulnya masih bisa dilakukan juga pemerintah china ingin melakukan nya .Akan tetapi cina sudah merubah sistem perekonomiannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.Sudah tidak ada pembungkaman media masa, dan sekarang warga china telah memiliki kebebasan dalam menjalankan perekonomian. 

Pengaturan terkait harga telah di longgarkan , artinya pedagang diberi kebebasan dalam menentukan harga. Hal ini terwujud karenakan terjadinya penukaran sistem ekonomi , dimana awalanya memilki asaas komunis ,dirubah menjadi campuran komunis dan kapitalisme. .China juga telah menyempurnakan sistem ekonomi pasar sosialis adalah pasar ekonomi dimana kepemilikian public menjadi arus utama, selama beberapa tahun terakhir yaitu diantara tahun 1989 hingga tahun 2001. Akibatnya jumlah perusahaan Negara menjadi berkurang jumlah nya dari 102.300 menjadi 46.800 perusahaan .Berbanding terbalik dengan jumlah perusahaan swasta yang justru meroket dari 90000 buah perusahaan menjadi 2 juta buah perusahaan. .Hal tersebut telah disesuaikan dengan mempertimbangkan perkembangan di kota dan di desa secara menyeluruh, Mulai dari perkembangan regional, perkembangan sosial dan ekonomi, hingga perkembangan harmonis antara manusia dengan alam, juga adanya keterbukaan terhadap global. .Selanjutnya , china telah berusaha untuk menyempurnakan sistem ekonominya dengan cara membuat sistem yang menguntungkan agar mampu merubah strukutr ekonomi dualis antara kota dan desa.melakukan pembangunan sistem pasar modern yang seragam.Dengan kebijakan diatas cina termasuk Negara yang menganut sistem perekonomian sosialis. 

Hal tersebut juga memberikan pengaruh positif tehadap perekonomian china , hingga Negara Adi Daya seperti amerika tidak berkutik menghadapi sistem perekonomian cina.seharus nya kita bisa belajar dari cina bukan belajar dari amerika yang sedang mengalami krisis hebat di negaranya .Jadi intinya jumlah sistem perkonomian cina ada 3 yaitu:ekonomi campuran antara , sosialis kapitalisme , komunisme. Sistem ekonomi diatas memilki dampak langsung bagi kesejahteraan serta kemakmuran rakyat cina sehingga masyarakat bisa mengembangkan inisiatif dan kreatifitas.Hasi dari campur tangan pemerintah monopoli yang dilakukan pihak swasta dapat di minimalisir.Rakyat pun mendapatkan dampak positif dari hal tersebut , dan ekonomi Negara pun akan berjalan stabil. . Sistem perekonomian seperti ini membuat Individu memiliki sebuah kebebasan dan kesempatan untuk mengembangakan kreatifitas usaha . .Pemerintah juaga ikut mengambil peran dalam perekonomian , seta ikut betanggung jawab .Hal positifnya adalah kita bisa keuntungan yang tidak maksimal sesuai dengan ekspetasi yang kita inginkan. Tapi paling tidak rakyat pun punya hak untuk ikut terjun dalam menjalani kegiatan perekonomian tersebut.

Tidak ada komentar