Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Iklan

Mahasiswa UHAMKA Laksanakan KKN Tematik Di Era New Normal

Kegiatan KKN Tematik Mahasiswa UHAMKA Koranmu Indonesia - Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nya...


Kegiatan KKN Tematik Mahasiswa UHAMKA

Koranmu Indonesia - Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagai bentuk kontribusi dalam menanggulangi masalah-masalah yang terjadi karena dampak dari pandemi Covid-19. Kegiatan KKN Tematik ini berlangsung selama 15 hari sejak 17 Februari hingga 3 Maret 2021. 

Kegiatan KKN Tematik pada tahun ini berbeda dengan KKN Tematik sebelumnya karena dilaksanakan sesuai dengan domisili masing-masing mahasiswa. Kegiatan KKN Tematik  kelompok 10 dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Rizki Dwi Siswanto, M.Pd. Kelompok 10 terdiri dari 10 mahasiswa yang terbagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil (terbatas) dan individu. 

Kelompok terbatas 1 terdiri dari 3 anggota yaitu Atikah Nurul Wafa, Dyah Ambarwati, dan Jasmine Salsabila Lutfi yang melaksanakan kegiatan KKN Tematik di Jl. H. Abdurrahman RT.03/003 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur serta yang melaksanakan KKN Tematik secara individu terdiri dari 2 anggota individu yaitu Luthfianti Karimah yang melaksanakan KKN Tematik di Desa Sidoharum, Kec.Sempor,  Kab.Kebumen Jawa Tengah, dan Syifa Kamilah yang melaksanakan KKN Tematik di Jl. Narogong Permai X, RT.06/007 Blok F17 No 11, Kel. Pengasinan, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi. 

Adapun kegiatan yang dilakukan tidak hanya pendampingan belajar namun juga pendampingan ibadah, literasi dan numerasi, pendampingan kreativitas anak, kolaborasi dengan posyandu, analisis kebutuhan belajar, serta penyuluhan tentang adaptasi kebiasaan baru pada pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan pada pendampingan belajar yaitu berlatih mengerjakan soal, membantu menyelesaikan tugas sekolah, mengulas materi pelajaran, dan belajar materi yang akan datang terhadap siswa TK hingga SMA. 

“Setelah diajar sama kak Jasmine, kak Atikah, dan kak Dyah, aku semakin pintar dan lebih semangat belajar, matematika menjadi lebih mudah untuk dipahami” ujar Ratu, siswa kelas 3 SD. Adapun kegiatan pendampingan ibadah yaitu mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan games, membaca doa sehari-hari, membaca Qiroati dan Al-Quran secara tartil. 

Berikutnya kegiatan literasi dan numerasi yaitu memberikan pembekalan kepada anak-anak TK di sekitar dengan melatih membaca-menulis buku bacaan, berhitung dan menulis angka. Selanjutnya kegiatan pendampingan kreativitas anak dengan mengajak dan mendampingi anak-anak di sekitar untuk menggambar (menebalkan garis), mewarnai, membuat kreasi dari kertas origami, serta menyelenggarakan lomba mewarnai dan menggambar.

Selanjutnya, kolaborasi dengan posyandu dengan berkontribusi mengikuti kegiatan jumantik, membantu ibu kader posyandu melakukan input data balita RT 01 sampai RT 09 di Jl. Narogong Permai X pada website sigiziterpadu, serta kegiatan penyuluhan obat cacing dan pembagian obat cacing untuk tiap RT. 

“Di posyandu kami anggotanya sudah lansia semua, sehingga kurang memahami teknologi. Kami merasa sangat terbantu oleh Syifa yang sedang KKN dalam input data keperluan vitamin A untuk balita ke website sigiziterpadu” ujar Wawat, seorang kader posyandu

Untuk kegiatan analisis belajar mengenai tantangan dari pembelajaran daring. “Tantangannya yaitu lebih sulit memahami materi pelajaran dan tidak bisa berkumpul dengan teman-teman untuk bermain dan berdiskusi” ujar Cakra, siswa kelas 2 SD

Tidak lupa kami melakukan penyuluhan tentang adaptasi kebiasaan baru pada pandemi Covid-19 dengan memberikan informasi dan menghimbau pencegahan Covid-19 dengan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), membagikan masker, membuat jamu atau minuman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membagikannya kepada warga sekitar untuk perlindungan dan pencegahan dari virus Covid-19, 

Setelah KKN Tematik ini berlangsung, kami berharap para pelajar tetap memiliki semangat belajar walaupun dalam keadaan seperti ini serta tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Terima kasih kak Luthfianti sudah mengajari anak saya untuk mengerjakan tugas sekolah sehingga meringankan waktu saya dalam membagi waktu antara bekerja dan membantu anak dalam mengerjakan tugas sekolah pada pembelajaran daring ini” ujar Karmin, salah satu orang tua siswa.

Iklan Halaman Depan