Iklan

KoranMu Indonesia
04 Desember, 2017, 18.09 WIB
Last Updated 2017-12-04T11:09:59Z

PT. Sinar Sosro dengan salah satu produknya yaitu "Teh Botol Sosro"

PT. Sinar Sosro dengan salah satu produknya yaitu "Teh Botol Sosro"

Hasil gambar untuk teh botol sosro Perusahaan yang bekerja di bidang agro industri salah satunya ada PT. Sinar Sosro dengan banyak ragam variasi produknya, pucuk daun teh adalah salah satu bahan baku utamanya, dan Teh Botol adalah salah satu produknya. Produk teh siap minum yang dikemas dalam botol pertama kali di indonesia merupakan Teh Botol Sosro dan sudah diketahui banyak masyarakat. Banyaknya brand atau merek jenis minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang ada di pasaran. Di indonesia sudah banyak beredar brand atau merek teh kemasan siap minum yang ada, misalnya TEBS, Frestea, Fruit Tea, S-tee, Tekita, Arinda, dan lain-lain. Setelah berhasil membuat produk-produk yang menarik banyak perhatian masyarakat luas, PT. Sinar Sosro mendapatkan banyak pesaing dengan jenis produk-produk teh siap minum yang dikemas dalam botol yang sama. Baik luar maupun lokal. Oleh karna itu PT. Sinar Sosro akan sangat lebih berhati-hati dalam hal membuat perancangan strategi pemasarannya. Suatu perusahaan yang menjual produk akan mendapatkan banyak pelanggan yang banyak jika sudah mendapatkan pandangan baik bagi pembeli atau konsumen nya. Dan apabila pandangan baik sudah didapatkan maka akan sendiri nya mendapatkan banyak keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Keberhasilan PT. Sinar Sosro itu sendiri tidak luput dari brand “Teh Botol” yang diperolehnya, sama ketika Aqua menjadi brand atau merek pada  air putih, PT. Sinar Sosro dengan brand “Teh Botol Sosro”nya akan semakin kuat ketika pemerataan produknya sampai kepelosok negeri. Sama seperti Aqua dengan air putihnya, perusahaan lain terlambat masuk di segmen teh siap minum dalam kemasan botol, karena telah menganggap lalu ide air teh siap minum dalam kemasan botol masuk. Yang masih kurang dari Teh Botol Sosro adalah langkah-langkah dalam mempertahankan pandangan secara above the line. Melakukan iklan di media massa, event, serta melakukan promosi secara massal sehingga akan mendapatkan pikirian di kepala konsumen masih jarang dilakukannya. PT. Sinar Sosro berfikir bahwa produk teh siap minum dalam kemasan botol sudah besar dan tidak perlu lagi melakukan upaya promosi above the line secara serius dan massal.   SEGMENTASI Segmentasi adalah langkah-langkah atau memilah-memilah dan atau memisahkan konsumen atau pembeli sesuai dengan persamaan diantara mereka. Langkah-langkah ini dilakukan berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengonsumsi atau menggunakan suatu produk. PT. Sinar Sosro dengan produk teh siap minum dalam kemasan botol ini telah memiliki varian kemasan mulai dari kemasan botol kaca dan botol plastik dengan berbagai macam ukurannya. Oleh karena itu dengan berbagai varian yang ada konsumen bisa memilih sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan atau bahkan sesuai dengan budget konsumen itu sendiri. Demografis
  • Usia mulai dari umur 15 tahun sampai 35 tahun
  • Perempuan dan Laki-laki yang sama-sama bisa mengonsumsi produk teh siap minum dalam kemasan botol ini
  • Mulai dari Rp 3000,-an saja sudah bisa mengonsumsi produk teh siap minum dalam kemasan botol ini karena harganya yang tidak terlalu mahal.
Geografis
  • Yang tinggal di pedesaan maupun tinggal di perkotaan, karena PT. Sinar Sosro dengan produk teh siap minum dalam kemasan botol ini telah mendistribusikannya secara mereta
Psikografis
  • Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk teh siap minum dalam kemasan botol ini.
  • Gaya hidup: Orang yang suka dengan teh bisa menikmati produk teh ini kapanpun dan dimana pun.
  • dimulai dari masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas juga bisa mengonsumsi produk teh siap minum dalam kemasan botol ini.
  1. Sinar Sosro memiliki beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Teh Botol Sosro yang dimana sekarang ini telah banyak bermunculan merek atau brand yang berbeda dengan jenis minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang sama :
  • Iklan di media cetak maupun televisi dengan cara endors atau menggunakan tokoh terkemuka yang kompeten atau terkenal terhadap produk teh siap minum dalam kemasan botol ini.
  • Pada point positioning menjelaskan bahwa produk teh siap minum dalam kemasan botol ini tidak hanya diminum untuk tertentu saja, melainkan bisa dikonsumsi oleh siapapun dan dimanapun.
  • Penambahan ragam kemasan bukan pada rasa ataupun komposisi bahan, dengan jalan meluncurkan kemasan botol plastik yang simple dan tidak mudah pecah dengan isi 200 ml yang di banroll dengan harga Rp. 2.500,-. Dengan demikian, hal tersebut bisa memperluas Teh Botol Sosro ke wilayah-wilayah atau bagian-bagian yang sulit untuk pendistribusiannya.
  TARGET MARKET Setelah menetukan lokasi pasar,  kemudian tahap yang ingin dicapai yaitu seperti menetapkan target market yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Tentu saja dalam hal ini beberapa program pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan sifat pasar sasaran yang akan kita capai. Yang dituju oleh Teh Botol Sosro dalam target pasar terbagi dua segmen inti yaitu :
  • Aktivitas yang dinamis dengan kalangan usia 18-35 tahun.
  • Keluarga, khususnya yang cenderung ingin menikmati minum teh bersama-sama diruang keluarga menetapkan keluarga dari pasangan muda. Bisa terlihat dari ukuran 1 Liter dengan kemasan produk family. Dalam penyampaian pemasarannya, pasar diajarkan untuk menyadari bahwa minum teh dapat meningkatkan mood dalam aktivitas sehari-hari.
POSITIONING
  • Teh bisa untuk siapa saja.
Positioning adalah cara kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen, apabila target pasar sudah jelas.  Menjelaskan apa yang berbeda dan apa keunggulan dari produk  yang kita  miliki dibandingkan dengan kompetitor atau perusahaan lainnya.. Dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum teh yang disiapkan dalam kemasan botol (botol plastik maupun kaca) dan dingin, oleh karena itu PT. Sinar sosro dengan produknya  melakukan positioning. Pada awal munculnya produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk minum teh yang disajikan hangat. Ternyata yang dilakukan PT. Sinar Sosro memberikan hasil baik dari proses yang berbeda dengan kebiasaan pada umumnya, sehingga PT. Sinar Sosro dikenal sebagai minuman teh yang dapat memberikan kesegaran dalam kemasan botol. Karena teh mengandung anti oksidan , dalam perkembangannya untuk bersaing dengan kompetitor PT. Sinar Sosro maka mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi segar dan sehat.  PT. Sinar Sosro menambahkan  keunggalan kompetitif dari hal tersebut. Berdasarkan hasil survei dari Frontier Consulting Group menjadi pengukuran terhadap kekuatan merek atau Top Brand Index (TBI) tersebut. Tiga parameter, yaitu mind share, market share, dan commitment share adalah yang digunakan dalam pengukuran.
  1. Mind share memberikan kekuatan merek pada pola pikir konsumen kategori produk bersangkutan.
  2. Dalam hal perilaku pembelian aktual dari konsumen Market share menunjukkan kekuatan merek di dalam pasar tertentu.
  3. Kemudian, dalam mendorong konsumen untuk membeli merek terkait di masa mendatang Commitment share yang menjelaskan kekuatan merek.
VALUE MARKETING
  1. Brand
“Apapun makannya, minumnya teh botol sosro” di munculkan. Slogan atau ucapan ini tidak saja membuat heboh sesama produk teh tetapi juga produk minuman secara keseluruhan. Bagi masyarakat umum teh dalam kemasan botol sudah tidak asing lagi. Karena minuman Teh Botol untuk semua orang.
  1.   Proses
Perkembangan ekonomi negara Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi Negara lain, dalam era globalisasi saat ini. Kerjasama Negara-Negara baik bilateral maupun multilateral dari segala bidang semakin ramai dan terus berkembang. Perusahaan yang mempromosikan minuman ringan dengan ciri khas teh asli adalah PT.Sinar Sosro. Teh Botol Sosro merupakan pengembangan produk minuman teh rasa asli dari PT. Sinar Sosro. Sebagai minuman teh tanpa bahan pengawet, produk teh ini menarik minat beli konsumen karena salah satu produk yang menawarkan kualitas produknya. KESIMPULAN Segmentasi pasar adalah pembagian kelompok pasar yang berbeda-beda, awal mulanya merupakan kelompok konsumen yang banyak jenis menjadi kelompok konsumen yang satu jenis.
  1. Membuat pangsa pasar baru yaitu menjadi tantangan yang besar dan respon masyarakat begitu kritis terhadap minuman teh siap minum dalam kemasan di Indonesia.
  2. Sekarang PT. Sinar Sosro kembali membuat pasar baru yaitu produk teh berkemasan kotak setelah sukses dalam produk teh botol.
  3. Cara pemasaran pada umumnya merupakan beberapa usaha yang dijalankan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Kita akan berpijak pada pengertian cara pemasaran yang disampaikan oleh William Zikmud dan Michael D’Amico untuk kepentingan kita dalam menyusun cara pemasaran.
  4. Langkah yang tepat dalam mempertahankan suatu produk dipasaran agar tetap dipakai konsumen dengan cara pemasaran yang baik, dan juga melakukan pengembangan secara meningkat sesuai dengan kebutuhan pasar.
Penulis : Abdul Azis NIM : 1502025002 Kelas : 5C Manajemen Mata Kuliah : Branding & Komun. Pemas. Terin. Gambar : https://www.flickr.com/photos/33099268@N04/3085153287/lightbox/ Sumber : https://muhamadamru.wordpress.com/2013/11/11/segmentasi-pasar-studi-kasus-pada-teh-botol-sosro/