Page Nav

HIDE

Update

latest

Pentingnya Pelatihan Keterampilan Evaluasi Bagi Guru BK

Pelatihan Keterampilan    Tim dosen BK UHAMKA bersinergi dengan pengurus Ikatan Alumni BK  Uhamka melaksanakan IbM Peningkatkan ketrampila...

Pelatihan Keterampilan


   Tim dosen BK UHAMKA bersinergi dengan pengurus Ikatan Alumni BK  Uhamka melaksanakan IbM Peningkatkan ketrampilan evaluasi program BK.  Pelatihan ini berorientasi untuk memenuhi kebutuhan guru bimbingan dan  konseling sebagai sasaran. Pelatihan melibatkan 28 orang guru bimbingan dan konseling  di wilayah DKI Jakarta yang merupakan alumni UHAMKA. Pelatihan yang direncanakan  akan bertatap muka dengan sistem workshop karena kondisi pandemic yang tidak  memungkinkan akhirnya pelatihan diselenggarakan melalui media online chat group dengan memberi pengantar materi, yaitu
 (1) pengatar materi tentang pentingnya evaluasi  program BK
 (2) kedua materi tentang evaluasi program BK sesuai panduan operasional  pelaksanaan (POP) BK 
(3) ketiga simulasi langkah-langkah evaluasi program BK. Berdasarkan indikator capaian yang ditetapkan, maka keberhasilan kegiatan dapat terlihat dari dua aspek, yaitu aspek proses dan aspek hasil. Aspek proses pada kegiatan  terdiri dari antusias peserta, feed back peserta, dan keaktifan peserta. Sedangkan aspek  hasil pada kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman peserta terhadap evaluasi program  BK. Aspek proses pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dari antusias peserta, feed back peserta, dan keaktifan peserta. 

Kegiatan berjalan lancar karena peserta  antusias terhadap materi pelatihan yang disampaikan dan pesertapun dapat memberikan  respon yang positif sehingga proses pelaksanaan berjalan dengan banyak diskusi.  Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, selanjutnya kegiatan selesai dengan  pemberian angket melalui link from online di akhir.  

 Berdasarkan pembahasan hasil kegiatan, maka terdapat beberapa kesimpulan  yang dapat diambil, meliputi: 

1. pelaksanaan evaluasi program BK terkendala untuk diterapkan oleh guru  bimbingan dan konseling karena yang terjadi selama ini merasa banyak  waktunya tersita karena urusan administrasi, serta 
 2. guru bimbingan dan konseling yang selama ini tidak memiliki waktu  menganalisis dan menginterpretasi hasil dari evaluasi program yang sudah  dilaksanakan.
 3. Guru bimbingan dan konseling perlu pelatihan dalam meningkatkan  keterampilan evaluasi program BK.

Sebagai saran untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat selanjutnya adalah perlu  dilaksanakan kegiatan pendampingan kepada peserta yang merupakan guru bimbingan  dan konseling dalam menerapkan kompetensi yang didapatkan dalam kegiatan  bimbingan dan konseling. Kegiatan pendampingan yang dibutuhkan diantaranya  pendampingan dalam pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling,  pendampingan dalam mengimplementasikan program bimbingan dan konseling disekolah.  

Tulisan ini dasarikan dari Laporan pengabdian masyarakat yang ditulis Oleh : Dra. Asni, M.Pd.Dony Darma Sagita, M.Pd Dosen BK UHAMKA dengan judul : 
“PENINGKATAN KOMPETENSI EVALUASI PROGRAM BK TERHADAP ALUMNI BK 
UHAMKA

Tidak ada komentar