Iklan

Redaksi KoranMu
31 Mei, 2021, 11.08 WIB
Last Updated 2021-06-05T21:08:12Z
HeadlineOpini

Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Untuk Kemaslahatan

Deni Nuryadin
Teknologi lawas itu ibarat habis manis sepah dibuang jika ditemukan teknologi baru yang memberikan nilai tambah bagi penggunanya maka teknologi lawas akan ditinggalkan.
Nilai tambah menjadi kata kunci bagi penguasaan teknologi.    Penemuan-penemuan baru  akan memberikan banyak informasi yang sebelumnya tidak diketahui tapi saat ini  diketahui oleh banyak orang. Dengan berbagai percobaan dan riset sampai mendapatkan hasil yang baru maka  penemuan lama sebelumnya akan dikubur. Para peneliti memiliki prinsip "Ancaro Imparo", artinya saya masih belajar yang senantiasa  dipegang oleh mereka, prinsip ini yang senantiasa memotivasi bagi peneliti untuk terus mereka berkarya. 

Misal penggunaan teknologi kesamaan DNA dalam menelusuri  identitas manusia yang sulit diketahui akibat hancur karena kecelakaan sudah digunakan oleh beberapa lembaga seperti di bidang kedokteran, kepolisian dan  lembaga  penanggulangan bencana metode dan teknilogi ini, misal dalam tugas pencarian identitas korban kecelakaan atau musibah 

Beberapa contoh nilai tambah lain dari penguasaan teknologi   dapat kita temui di bidang teknologi informasi. 

Penguasaan teknologi informasi akan menjadikan diri anda sebagai penguasa pasar,  karena dengan teknologi informasi akan mempercepat informasi sampai kepada  jaringan bisnis dituju sebagai target potensial. Distribusi melalui saluran komunikasi yang ditunjang teknologi semakin mempermudah untuk melakukan  promosi dan beriklan. Upaya di atas akan semakin mempercepat pula pembentukan minat beli masyarakat terhadap produk yang sedang kita launching.

Manfaat lain dari penguasaan teknologi informasi yang memberikan operasional secara rinci akan mempersingkat proses yang tidak perlu sehingga proses akan lebih cepat selesai. Dampak dari proses di atas maka akan menekan biaya menjadi lebih terukur dengan kata lebih efisien. 

Dimana  sebelum menggunakan teknologi informasi  membutuhkan proses panjang dan membutuhkan waktu yang lebih lama, hal ini berakibat pada biaya yang dikeluarkan akan lebih besar 

Penguasaan teknologi  informasi memberikan nilai tambah pada  proses yang semakin transparan dan mudah diketahui lebih awal dalam mengontrol proses sehingga memudahkan  identifikasi jika dirasa ada hambatan (berhenti pada sautu titik tertentu proses)  

Teckhnologi robotik atau artificial intellegence sangat bermanfaat bagi dunia industri produksi, dimana  ketepatan dalam teknologi artificial intelligence hanya akan mengabsorb dua opsi saja yaitu seperti kita ketahui bersama  lanjut atau tolak serta  tidak ada toleransi. Jika hasil suatu pekerjaan menghasilkan mutu yang diharapkan maka akan berlanjut pada proses selanjutnya, begitu pula berlaku sebaliknya jika tidak memenuhi standard mutu maka hasil pekerjaan tersebut disingkirkan atau tertolak untuk melanjutkan proses.

Di bidang otomotif, inovasi teknologi saat ini mengarah pada mobil listrik, sebagai jawaban atas buruknya polusi udara yang merusak kualitas udara akibat  emisi kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil dan mendorong peningkatan pemanasan global. Tenaga listrik dari baterei ini merupakan teknologi ramah lingkungan yang tidak menyisakan karbon bahan bakar sama sekali. Berdasarkan hasil kajian bahwa kendaraan listrik lebih hemat dibandingkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil. 

Masa pandemi covid 19 memberikan hikmah berupa kemampuan diagnosis manusia dalam pembelajaran menanggilangi pandemi covid 19, yang meluluh lantahkan  semua bidang kehidupan, sebelumnya 100 tahun lalu  muncul pandemi influenza dan sekarang muncul pandemic covid berbasis molekuler. Kemampuan diagnosis mendorong penemuan dan pengembangan  vaksin baru sehingga mampu menanggulangi setiap wabah yang akan datang  pada setiap masa dekade tertentu secara berulang dengan kondisi yang berbeda.

Tahun 2045, menuju 100 tahun Indonesia merdeka, sudah siapkah generasi kita dalam menghadapi tantangan yang lebih berat, mampukah kita membentuk ekosistem dalam suasana kondusif yang difasilitasi oleh semua pihak dalam meneruskan optimisme bangsa dalam meraih tingkat derajat kesejahteraan umat manusia Indonesia yang lebih baik.

Walalupun demikian kita harus tetap optimis berpegang teguh pada keyakinan tali Allah SWT, sebagaimana dalam Al Qur'an,  Surat Al-Insyirah Ayat 5-6 :
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."   

Semoga penemuan-penemuan  terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi baru merupakan upaya manusia agar mereka mendapat manfaat yang dikembalikan   sebesar-besarnya untuk mereka sendiri dari hasil yang mereka kerjakan selama ini.

Manusia hanya disuruh berusaha untuk melakukan ikhtiar dan pengorbanan agar mereka mendapatkan derajat yang baik di sisi Allah baik di dunia maupun di akherat. 

 Wallahu a'lam Bissawab

Pondok Cabe Udik, Senin 31 Mei 2021

Penulis: Deni Nuryadin Dosen FEB UHAMKA