Page Nav

HIDE

Update

latest

Kekuatan Pasar dari Penawaran (Supply) dan Permintaan (Demand)

Kekuatan Pasar dari Penawaran (Supply) dan Permintaan (Demand)   Pasar dan Persaingan Pasar adalah sekumpulan penjual dan pembeli...

Kekuatan Pasar dari Penawaran (Supply) dan Permintaan (Demand)

  Pasar dan Persaingan Pasar adalah sekumpulan penjual dan pembeli dari sebuah barang atau jasa tertentu untuk melakukan transaksi ekonomi. Pembeli menentukan permintaan dan penjual menentukan penawaran.   Pasar Kompetitif Pasar kompetitif ialah pasar yang terdiri atas banyak pembeli dan penjual sehingga pengaruh dari masing-masing penjual dan pembeli terhadap harga pasar sangat kecil sehingga dapat diabaikan.   Persaingan Struktur pasar terbagi menjadi dua, yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.
  1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna ialah suatu pasar dengan kondisi penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan karena semua produk terlihat identik sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, yaitu:
  • Homogenitas produk atau produknya sama
  • Penjual maupun pembeli memiliki pengetahuan yang baik tentang harga dan input produk yang dijual
  • Produsen mudah keluar masuk pasar
  • Harga murni hasil penawaran dan permintaan
  Kekurangan dan Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna Kelebihan:
  • Mengoptimalkan efisiensi
Ada dua konsep efisiensi pada pasar persaingan sempurna, yaitu:
  1. Efisiensi produktif: Syarat mecapai efisiensi produktif ialah semua tingkat produksi menggunakan biaya minimum dan industri secara keseluruhan harus memproduksi barang dengan biaya terendah.
  2. Efisiensi alokatif: syarat mencapai efisiensi ini ialah harga setiap barang sama dengan biaya marginal untuk memproduksi barang tersebut.
  • Kebebasan memilih dan bertindak
Kekurangan:
  1. Minim inovasi: Persamaan yang terjadi antar produsen atau penjual membuat penjual tidak terdorong untuk berinovasi dan berkembang.
  2. Konflik keadilan: Ada konflik keadilan yang terjadi di internal industri, mulai dari perkara biaya hingga distribusi pendapatan yang tak merata.
  1. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang memiliki sedikit penjual dan banyak pembeli, sehingga karena jumlah penjual yang sedikit maka penjual memiliki keuntungan dalam pasar ini karena mereka dapat menentukan harga untuk memperoleh banyak keuntungan. Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna, yaitu:
  1. Sedikit sekali penjual dan banyak pembeli
  2. Harga tidak ditentukan oleh pasar, hanya ditentukan oleh penjual
  3. Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam menentukan harga
  4. Barang yang diperjual belikan hanya satu macam
  Jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna:
  • Pasar monopoli, yaitu suatu pasar dimana hanya ada satu penjual yang menguasai pasar dan mampu menjadi pennetu harga anpa adanya satu pihakpun yang mampu menyainginya.
  • Pasar oligopoli, yaitu suatu bentuk pasar persaingan tidak sempurna yang di tempat tersebut terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar. Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil penjual.
  • Pasar monopsoni, yaitu suatu bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana di pasar tersebut ada banyak penjual dan pembeli tunggal. Artinya pasar hanya dikuasai oleh satu pembeli atau konsumen.
  • Pasar oligopsoni, yaitu suatu bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana pasar dikuasai oleh beberapa pembeli.
  • Pasar persaingan monopolistik, yaitu suatu bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana terdapatnya banyak penjual atau produsen yang menawarkan barang yang sama, tetapi memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda.
Permintaan (Demand) Jumlah permintaan yaitu jumlah barang yang ingin dibeli oleh konsumen atau pembeli dan mereka mampu untuk membelinya. Jumlah permintaan barang akan menurun jika harga naik dan meningkat jika harga turun, berarti permintaan berbanding terbalik dengan harga. Hal ini disebut dengan hukum permintaan (Law of Demand). Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
  1. Harga, Jumlah permintaan barang akan menurun saat harga naik dan meningkat saat harga turun, berarti permintaan berbanding terbalik dengan harga. Para ekonom menyebutnya dengan hukum permintaan (law of demand).
  2. Pendapatan, pendapatan yang lebih rendah berarti bahwa secara total anda memiliki uang yang lebih sedikit untuk dibelanjakan, sehingga anda akan membelanjakan lebih sedikit uang untuk beberapa atau mungkin sebagian besar barang.
  3. Harga barang lain yang berkaitan, jika penurunan harga sebuah barang meningkatkan permintaan barang lainnya, kedua barang tersebut dinamkan barang komplemen.
  4. Selera
  5. Ekspektasi, perkiraan mengenai masa mendatang dapat mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa saat ini.
 
  • Skedul Permintaan dan Kurva Permintaan
  Skedul permintaan (demand schedule) yaitu sebuah tabel yang memperlihatkan hubungan antara harga barang dengan kuantitas yang diminta. Ketika harga meningkat semakin tinggi maka permintaan akan barang tersebut akan menurun.    
  • Permintaan Pasar vs Permintaan Individu
  Permintaan pasar mengacu pada jumlah dari seluruh permintaan untuk barang atau jasa tertentu. Secara grafis, kurva permintaan individu akan dijumlah secara horizontal untuk mendapatkan kurva permintaan pasar. Kurva permintaan pasar memperlihatkan kuantitas total yang diminta terhadap sebuah barang ketika harga barang tersebut berubah.    
  • Pergeseran Kurva Permintaan
  Setiap perubahan yang meningkatkan jumlah yang diminta pada setiap tingkat harga akan menggeser kurva permintaan ke kanan, begitu juga sebaliknya, setiap perubahan yang menurunkan jumlah yang diminta pada setiap tingkat harga akan menggeser kurva permintaan ke kiri. Kurva permintaan memperlihatkan apa yang terjadi terhadap jumlah yang diminta dari sebuah barang ketika harganya berubah, dengan menganggap penentu permintaan lainnya konstan. Ketika satu dari determinan-determinan lain berubah, kurva permintaan akan bergeser. Penawaran (Supply) Jumlah penawaran (supply) adalah jumlah barang atau jasa dimana penjual bersedia dan mampu menjualnya. Hubungan harga dan penawaran berhubungan positif, karena penawaran akan naik jika harga tinggi dan turun jika harga rendah, hubungan ini disebut dengan hukum penawaran.    
  • Skedul Penawaran dan Kurva Penawaran
  Skedul penawaran memperlihatkan kuantitas yang ditawarkan pada masing-masing harga. Kurva penawaran memperlihatkan perubahan jumlah barang yang ditawarkan ketika harganya berubah. Kurva yang menyambungkan harga dengan kuantitas yang ditawarkan disebut kurva penawaran.    
  • Penawaran Pasar vs Penawaran Individu
  Penawaran pasar adalah jumlah dari seluruh peawaran individu dari penjual-penjual suatu barang atau jasa. Secara grafis, kurva supply individual akan dijumlah secara horizontal untuk mendapatkan kurva supply pasar.    
  • Pergeseran Kurva Penawaran
  Kurva penawaran memperlihatkan sesuatu yang terjadi dengan kuantitas barang yang ditawarkan ketika harganya berubah, dengan menganggap seluruh faktor penentu dari kuantitas yang ditawarkan lainnya stabil. Jika salah satu dari faktor-faktor tersebut berubah, kurva penawaran akan bergeser. Penggabungan Permintan dan Penawaran
  • Kesetimbangan (Equilibrium)
Kesetimbangan adalah situasi dimana harga mencapai tingkat saat jumlah penawaran sama dengan jumlah permintaan. Dimana jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli sama dengan jumlah yang ingin dan benar-benar dijual.    
  • Harga Kesetimbangan (Equilibrium price)
  Harga kesetimbangan ialah harga yang menyetimbangkan jumlah penawaran dan jumlah permintaan. Pada grafik harga kesetimbangan adalah harga di mana kurva penawaran dan permintaan berpotongan.    
  • Jumlah Kesetimbangan (Equilibrium Quantity)
  Jumlah kesetimbangan adalah jumlah penawaran dan jumlah permintaan pada harga kesetimbangan. Pada grafik, adalah jumlah di mana kurva permintaan dan penawaran berpotongan. Kesetimbangan  
  • Surplus
  Ketika harga > harga kesetimbangan, maka jumlah penawaran > jumlah permintaan
  • Terdapat kelebihan supply atau surplus
  • Penjual akan menurunkan harga untuk meningkatkan penjualan
  • Harga akan bergerak menuju kesetimbangan
   
  • Shortage
  Ketika harga < harga kesetimbangan, maka jumlah permintaan > jumlah yang ditawarkan
  • Terdapat kelebihan demand atau shortage
  • Penjual akan menaikkan harga akibat terlalu banyak pembeli dengan jumlah barang yang lebih sedikit, sehingga harga bergerak menuju kesetimbangan.
   
  • Hukum Penawaran dan Permintaan
  Harga suatu barang akan mengalami penyesuaian agar jumlah permintaan untuk barang tersebut sama dengan jumlah penawarnnya. Penulis: Diffa Zalfa Nabilla (1706015190) / 1E Sumber:  https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/pasar-persaingan-tidak-sempurna http://enistat.lecture.ub.ac.id/2012/11/materi-pengantar-ilmu-ekonomi/ http://mudaokta.blogspot.co.id/2012/11/kekuatan-pasar-penawaran-dan-permintaan.html?m=1 http://www.ilmudasar.com/2017/09/Pengertian-Ciri-Jenis-Pasar-Persaingan-Tidak-Sempurna-adalah.html?m=1 http://saringatunmudrikah.blogspot.co.id/2014/11/kekuatan-penawaran-dan-permintaan-pasar_20.html?m=1 Sumber Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=yOiVoWxFYwc  

Tidak ada komentar