Page Nav

HIDE

Update

latest

MENGUAK ANOMALI PEREKONOMIAN INDONESIA

MENGUAK ANOMALI PEREKONOMIAN INDONESIA MENGUAK ANOMALI PEREKONOMIAN INDONESIA Perekonomian indonesia adalah cara mengatur pertumbuhan ekon...

MENGUAK ANOMALI PEREKONOMIAN INDONESIA

MENGUAK ANOMALI PEREKONOMIAN INDONESIA

Perekonomian indonesia adalah cara mengatur pertumbuhan ekonomi di suatu negara agar raknyatnya dapat hidup makmuran dan sejahteraan. Menurut UUD 1945 perekonomian indonesia adalah sistem perekonomian campuran dimana negara menguasai cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak, bumi dan air dan kekayaan yang terkandung didalamnya yang merupakan pokok kemakmuran rakyat dikuasai oleh negara. Jenis-jenis  sistem perekonomian di Indonesia
  1. Sistem Ekonomi Tradisional
sistem ini Merupakan sistem ekonomi yang masih terikat dengan adat istiadat, kebiasaan dan nilai budaya setempat Ciri â€" ciri:
  1. aturan yang diterapkan adalah aturan tradisi, adat istiadat, dan kebiasaan;
  2. kehidupan masyarakatnya yang sangat sederhana;
  3. kehidupan gotong-royong dan kekeluargaan lebih dominan;
  4. teknologi produksi yang digunakan dimasyarakat  masih sangat sederhana.
 
  1. Sistem Ekonomi Liberalis
Merupakan sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih dan melakukan usaha sesuai keinginan dan keahlian yang di milikinya. Ciri â€"ciri :
  1. setiap individu memiliki kebebasan untuk memiliki faktor-faktor produksi;
  2. perekonomian diatur oleh mekanisme pasar;
  3. peranan modal dalam perekonomian sangat menentukan bagi setiap individu untuk menguasai sumber-sumber ekonomi sehingga akan menciptakan efisiensi;
  4. peranan pemerintah dalam perekonomian sangat kecil;
  5. hak milik atas semua peralatan produksi dan distribusi yaitu merupakan hak milik perseorangan yang dilindungi sepenuhnya oleh negara.
 
  1. Sistem Ekonomi Sosialis
Merupakan sitem ekonomi yang semua kegiatan ekonomi masyarakat diatur oleh pemerintah. Pihak lain atau pihak swasta tidak memiliki kewenangan dalam setiap kegiatan perekonomian. Ciri-ciri:
  1. semua permasalahan yang bersangkutan dengan ekonomi adalah tanggungjawab pemerintah pusat.
  2. kegiatan ekonomi yang meliputi produksi dan distribusi.
Pada masa sekarang, kita mengetahui sebuah anomali antara indikator-indikator ekonomi makro yang sangat meningkat dengan apa yang dirasakan di oleh masyarakat saat ini. Melalui media sosial seperti : instagram,tweetter, facebook banyak sekali keluhan dari masyarakat mengungkapkan rasa kekecewaannya. Selain itu ada beberapa indikator lain yaitu indikator ekonomi mikro, seperti menurunnya bisnis ritel di beberapa pusat perbelanjaan. Tapi kita juga melihat bahwa pertumbuhan ekonomi  di indonesia cukup stabil, rasio hutang Indonesia, meskipun diasumsikan akan meningkat dan masih dalam posisi cukup aman. Maka, Anomali ini harus lebih diperhatikan dan perlu antisipasi pemerintah karena dalam jangka panjang, hal ini dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi. Oleh karena itu, kita perlu meneliti lebih jauh mengapa anomali itu bisa terjadi. pada masa sekarang ini kita mengetahui bahwa sebuah Anomali seperti indikator-indikator ekonomi makro bertumbuh semakin meningkat yang di rasakan oleh masyarakat. Bisa kita lihat banyak sekali masyarakat yang menyampaikan kekecewaannya dan mengkritikannya melalui media sosial. Selain itu ada beberapa indikator ekonomi mikro, seperti  menurun nya bisnis ritel di beberapa tempat pusat perbelanjaan. Tapi kita juga melihat bahwa pertumbuhan ekonomi kita cukup stabil, rasio hutang Indonesia, meskipun banyak yang mengasumsikan bahwa pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan akan masih cukup aman. maka demikian, Anomali ini perlu lebih diperhatikan dan menjadi hal yang perlu diantisipasi pemerintah karena jika ini masih di biarkan dalam jangka panjang, hal ini bisa mengganggu stabilitas ekonomi. Oleh karena itu, kita perlu meneliti lebih jauh atau menelaah mengapa anomali itu terjadi. Beberapa alasan adanya Anomali yang kita teliti, sebagai berikut :  
  • Alasan pertama adalah perubahan prioritas anggaran.
Pemerintah mengalihkan banyak anggaran ke pembangunan infrastruktur, seperti jalan toll, Bandara, Kereta api dan lain-lain,sehingga banyak anggaran yang dipangkas. pada saat anggaran dialihkan ke infrastruktur, manfaat untuk masyarakat baru akan bisa dirasakan ketika infrastruktur sudah selesai. Salah satu pengalihan anggaran yang berdampak paling besar di indonesia adalah pengalihan subsidi, pengalihan subsidi ini cukup banyak dirasakan oleh masyarakat. Ketika pengeluaran masyarakat untuk kebutuhan pokok seperti harga beras naik, maka masyarakat harus mengurangi konsumsi sekunder dan tersier mereka (sehingga sangat berpengaruh terhadap sektor yang terkait). Selain itu, beberapa anggaran instansi pemerintah yang dipotong, meskipun seringkali disebut pemborosan, ada trickel down effect yang banyak ke masyarakat, misalkan anggaran rapat. Itu akan berpengaruh terhadap penyedia jasa  seperti makanan, transportasi dan penginapan.  
  • Alasan kedua adalah perubahan pola perilaku konsumsi,
misalnya semakin maraknya toko-toko online, yang menekan ritel-ritel tradisional. Permasalahannya adalah ritel tradisional memiliki sumber daya manusia lebih banyak. Sementara toko online lebih sedikit memiliki sumber daya manusia,  ketika ritel tradisional kalah bersaing, maka akan mengurangi banyaknya lapangan pekerja. dalam hal ini pemerintah harus antisipasi. dengan mendorong revitalisasi sektor ritel. Salah satu peluang untuk kita yaitu pemerintah harus mendukung sektor logistic dan transportasi. Perkembangan pembelanjaan yang berbasis online akan mendorong berkembangnya sektor logistik yang akan diikuti oleh peningkatan kebutuhan tenaga kerja.  
  • Alasan ketiga adalah Inovasi yang belum teregulasi dengan baik.
maraknya provider transportasi online Belum ada kejelasan tentang regulasi dengan pajak. Selain itu, dulu sopir atau pengemudi transportasi umum (transfortasi tradisional) adalah masyarakat yang bisa dibilang miskin dan rentan. Sekarang dengan adanya transportasi  berbasisonline, banyak masyarakat dengan strata yang lebih tinggi ikut juga jadi driver online seperti orang kantoran, dan menjadi pesaing transportasi tradisional.  
  • Alasan keempat adalah Perkembangan perkotaan Seiring dengan berkembangnya kawasan perkotaan,
terutama di kota-kota besar, peran pusat kota dalam aktivitas ekonomi berkurang. Sekarang muncul pusat-pusat ekonomi di pinggir kota, sehingga pusat-pusat ekonomi, seperti pusat belanja (grosir) di pusat kota mulai tergerus. Misal beli baju grosiran. dulu Pasar Tanah Abang adalah pusatnya, sekarang, untuk apa ke Tanahg abang kalau bisa beli di ITC dekat rumah dengan harga yang tidak jauh beda? Ini adalah tantangan bagi pembisnsis retail untuk berinovasi.  
  • Alasan kelima kurang jelasnya aturan dan aplikasinya.
Contoh kasus beras yang selama ini terjadi. yang juga terkait dengan impor dan ekspor. pada saat seluruh dunia mulai transformasi  menegmbangkan ekspor dan import dari sekala besar yang berbasis industri dan korporate menjadi eksport import berbasis retail, di Indonesia masih belum baik. Sebagai contoh, ketika berada di sebuah negara yang memiliki aplikasi yang baik terkait ekspor dan impor, maka  itu membantu akan untuk melakukan ekspor dan impor pada tingkatan retail dengan mudah. Bila anda di UK (Inggris Raya) dan hendak beli barang lewat ebay dan hendak membeli barang dari amerika, akan mendapat informasi langsung yang jelas dan transparan tentang harga, biaya transfer dan pajak yang harus dibayar oleh konsumen.  Kemudian pajak bisa langsung dibayar lewat ebay (bersamaan dengan bayar barang yang di pesan) dan ebay yang akan bayarkan pajak kita. Kemudian penjual di Amerika akan mengirimkan barang langsung dengan slip pembayaran pajak yang akan di cek oleh bea Cukai di Inggris dan akan kemudian langsung dikirim sesuai alamat yang di berikan oleh konsumen melalui jasa pos.  
  • Alasan keenam adalah belum optimalnya pengolahan dan nilai tambah.
Salah satu contoh adalah di indonesia kurang optimal dalam produksi garam. Belum lama ini masyarakat dirisaukan dengan langkanya garam sehingga memunculkan kritik karena garam langka, seperti yang kita ketahui bahwa garis pantai Indonesia adalah salah satu yang terpanjang di dunia. Yang perlu kita disadari bahwa garam laut yaitu produk yang cukup murah dibandingkan garam tambang. tapi potensinya kurang dikembangkan dengan baik oleh pemerintah sehingga seringkali terjadi kelangkaan garam. Padahal ini adalah peluang yang sangat besar, termasuk bagi perusahaan swasta, karena bila dioptimalisasi, produksi garam laut bisa menjadi produk unggulan Indonesia dan menjadi salah satu sumber pemasukan dari ekspor. Penulis : Neliyana NIM  : 1502025184 Kelas : 5A Manajemen Mata Kuliah : Perekonomian Indonesia Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/08/06/menguak-anomali-perekonomian-indonesia Gambar : https://nusantara.news/wp-content/uploads/2017/10/Rupiah.jpg

Tidak ada komentar