Gangguan Internet Telkomsel di Sumatera Bagian Utara dan Tengah - KoranMu
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Gangguan Internet Telkomsel di Sumatera Bagian Utara dan Tengah

Telkomsel memberikan penjelasan terkait penyebab gangguan internet di area Sumatera Bagian Utara dan Sumatera Bagian Tengah. Hal ini dikonfirmasi oleh General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri.

"Fiber optik p…





Telkomsel memberikan penjelasan terkait penyebab gangguan internet di area Sumatera Bagian Utara dan Sumatera Bagian Tengah. Hal ini dikonfirmasi oleh General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri.

"Fiber optik putus. Tapi itu sudah clear dan sedang proses perbaikan di sistem," ujar Noviandri sebagaimana dikutip dari laman Jawa Pos, Kamis (6/12/2018).

Gangguan jaringan internet Telkomsel bukan hanya terjadi di wilayah Riau. Namun juga di daerah lain, seperti Padang, Sumatera Barat, dan Medan, dan Sumatera Utara. Gangguan internet ini diperkiran terjadi sejak pukul 12.00 WIB.

Atas kejadian ini, Telkomsel meminta maaf kepada pelanggan terkait ketidaknyamanan layanan internet.

Kini pihak Telkomsel masih berusaha untuk mengembalikan layanan agar dapat kembali normal.


"Telah terjadi gangguan layanan data di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara akibat gangguan di sistem perangkat layanan data, sedangkan layanan voice dan SMS tetap berfungsi dengan normal," papar Awal dalam keterangan resminya, Kamis (6/12/2018).

Ia mengklaim, saat ini tim Telkomsel tengah berupaya dengan maksimal untuk memulihkan gangguan ini dengan cara merecovery sistem data tersebut. Gangguan ini diharapkan akan berangsur pulih dalam waktu dua jam ke depan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini," ucap Awal menandaskan.

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/3800922/ini-penyebab-internet-telkomsel-lumpuh-di-sumatera
Warga Riau dan Kepulauan Riau mengeluhkan gangguan jaringan internet Telkomsel pada Kamis (6/12/2018). Sebab, layanan tersebut sama sekali tidak bisa digunakan, "Hilangnya jaringan internet Telkomsel terjadi sejak pukul 11.30 WIB. Sama sekali tidak ada (jaringan)," kata Doni (28) salah satu warga Pekanbaru saat diwawancarai Kompas.com, Kamis. Dia mengaku kecewa dengan layanan internet Telkomsel kali ini. Sebab, hampir setiap hari ia mengakses internet. "Kesal juga sebenarnya, karena tidak bisa mengakses internet melalui jaringan Telkomsel," aku Doni. Baca juga: Layanan Digital dan IoT Telkomsel Diadopsi Perum Peruri Reza (32), salah seorang pelanggan Telkomsel di Batam mengaku kecewa dengan kejadian ini, bahkan dirinya akhirnya mengganti provider lain agar tetap bisa menikmati paket data menggunakan ponselnya. "Ketahuannya sekitar pukul 11.00 WIB, soalnya sempat merasa aneh kenapa hampir semua sosmed di ponsel tidak bisa dipergunakan," katanya. "Dan begitu dicek, ternyata jaringan data hilang," katanya menambahkan. Vice President ICT Network Management Area Sumatera, Awal R Chalik, membenarkan terjadinya gangguan layanan data Telkomsel di wilayah Sumatera Bagian Tengah, termasuk di seluruh wilayah Riau. "Saat ini gangguan layanan data di wilayah Sumatera Bagian Tengah telah pulih. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini," ungkap Chalik, Kamis. Dia mengatakan, gangguan layanan tersebut terjadi karena adanya kesalahan teknis. " Kesalahan teknis dan sekarang sudah normal kembali," tutup Chalik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Layanan Internet di Sumatera Bagian Tengah Terganggu, Ini Kata Telkomsel", https://regional.kompas.com/read/2018/12/06/23234941/layanan-internet-di-sumatera-bagian-tengah-terganggu-ini-kata-telkomsel.
Penulis : Kontributor Kompas TV Pekanbaru, Citra Indriani
Editor : Khairina