Page Nav

HIDE

Update

latest

Public Lecture Bersama Menteri Pendidikan Malaysia Dr. Maszlee bin Malik

Mengawali tahun 2019, UHAMKA semakin menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di berbaga...

Mengawali tahun 2019, UHAMKA semakin menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di berbagai aspek. Dalam bidang akademik dan kerjasama, berbagai kegiatan dan upaya memperluas kerjasama dilakukan. Sejalan dengan komitmen untuk mempersiapkan lulusannya memiliki daya saing global, internasionalisasi perguruan tinggi digalakkan, selain juga untuk meningkatkan reputasi internasional lembaga, mendorong penelitian kolaboratif dan memperkuat publikasi ilmiah. Sebagai bagian dari ikhtiar tersebut, pada tanggal 10 Januari 2019, UHAMKA menggelar sebuah kegiatan Public Lecture yang mengusung tema Sistem pendidikan tinggi di Malaysia dan Collaborative Meeting yang membahas berbagai peluang kerjasama Muhammadiyah dan Kementrian Pendidikan Malaysia.
Kuliah umum dan pertemuan ini digelar di FKIP UHAMKA dan dihadiri oleh Dr. Maszlee bin Malik, Menteri Pendidikan Malaysia, Prof Dr. Mohd Cairul Iqbal bin Mohd Amin, Wakil Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi , Zamshari bin Shaharan, Kuasa Usaha Ad Interim, Kedubes Malaysia, Prof Madya Dr. Mior Harris bin Mior Harun, Direktor Education Malaysia, Kedubes Malaysia, Bapak Saiful Islam bin Datuk Wan Zahidi, Staf Khusus Menteri, Bapak Ikhwan Nasir bin Abu Hanipah, Kepala Asisten Sekretaris Hubungan Internasional, Bapak Abdilbar bin Abdul Rashid, Sekretaris Pertama (Politik), Kedubes Malaysia, Bapak Mohd Mubarak bin Shamsuddin, Sekretaris Pertama (Pendidikan), Kedubes Malaysia, Menteri Pendidikan Republik Indonesia, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Para Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, para dosen di lingkungan FKIP UHAMKA, mahasiswa UHAMKA, mahasiswa Universiti Utara Malaysia (UUM) yang saat ini tengah mengikuti program Student Mobility di UHAMKA, serta 7 mahasiswa Filipina peserta program Sea-Teacher, porgram magang mengajar luar negeri yang diinisiasi oleh Asosiasi Kementrian Pendidikan negara-negara ASEAN.
Seluruh peserta dengan sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Public Lecture yang dikemas dan dipersiapkan dengan sangat baik oleh FKIP UHAMKA sebagai panitia penyelenggara. Acara diawali dengan penampilan musikalisasi puisi oleh mahasiswa FKIP dengan membawakan beberapa puisi karya dosen Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia UHAMKA. Pertunjukan tari Zapin Medley Betawi yang memberi nuansa budaya Indonesia dan Malaysia, kian menambah semarak suasana auditorium UHAMKA yang sudah dipenuhi oleh peserta  sejak sebelum acara dimulai.
Sebelum acara inti Public Lecture yang disampaikan oleh Maszlee bin Malik, lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan oleh UHAMKA Choir dan Mahasiswa UUM. Suasana kebersamaan sangat mewarnai kegiatan ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Gunawan Suryoputro selaku rektor UHAMKA dan Dr. Abdul Mukti mewakili Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dalam sambutannya, Prof. Gunawan mengungkapkan keseriusan UHAMKA untuk mengembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi di Malaysia. Lebih jauh, rektor UHAMKA, yang juga pernah menjadi Pengurus Forum Rektor Indonesia ini mengungkapkan bahwa selama ini, UHAMKA telah menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Malaysia seperti University Utara Malaysia (UUM), Universiti Kebangsaan malaysia dan Universiti Teknologi Petronas dalam bentuk collaborative researchinternational conference, dan Student Mobility Program.  Senada dengan apa yang disampaikan rektor UHAMKA, Dr. Abdul Mukti menyoroti pentingnya memperkuat kerjasama kedua negara. Selain karena memiliki akar budaya yang sama yang berbasis pada nilai-nilai islam, faktor geografis dan kesadaran pentingnya mempersiapkan generasi muda di kedua negara membangun masa depan ASEAN yang lebih baik.
Memulai orasinya, Dr. Maszlee bin Malik mengungkapkan bahwa K.H Ahmad Dahlan dan Buya HAMKA adalah tokoh Muhammadiyah yang sangat menginspirasinya. “Saya telah mendewasa dengan HAMKA”, tutur sosok politisi muda yang baru terjun di dunia politik sejak bulan Maret 2018. Keteladanan K.H Ahmad Dahlan dan Buya HAMKA dengan karya-karyanya telah menginspirasinya untuk terus mengedepankan akal dan berjuang memajukan bangsanya. Sedikit emosional, menteri yang memiliki gaya koimunikasi santai ini tampak sesekali mengusap air matanya, ketika mengenang perjuangan dalam orasinya. Perdana Menteri menunjuknya sebagai menteri Pendidikan Malaysia dengan harapan besar supaya pendidikan di sana bisa membangkitkan lagi nilai-nilai keislaman yang syarat dengan integritas, kerja keras, dan nilai-nilai luhur lainnya. Selain itu, pesan kuat mengenai urgensi penguasaan bahasa Inggris juga dia sampaikan.
Mengemban amanah sebagai Menteri Pendidikan Malaysia, Dr, Maszlee mengusung visi untuk menjadikan Perguruan tinggi sebagai University for Society, di mana kemajuan sebuah perguruan tinggi diukur dari kontribusinya memberi solusi terhadap persoalan-persoalan yang ada di Masyarakat. Dia juga bertekad untuk menjadikan Perguruan Tinggi di Malaysia sebagai rujukan global.
Orasi yang disampaikan Menteri pendidikan Malaysia mendapat sambutan sangat meriah dari seluruh peserta. Menutup orasinya, Dr. Maszlee memberikan motivasi dan menekankan lagi tentang pentingnya menjaga dan meningkatkan kerjasama UHAMKA dan Muhammadiyah dengan Malaysia.
Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Pendidikan Malaysia  Dr. Maszlee bin Malik juga telah menyatakan dukungannya terhadap rencana Pendirian Universitas Muhammadiyah di Malaysia. Dalam kunjungan ke Malaysia pada tanggal 17 Juli 2018, delegasi Muhammadiyah yang diketuai oleh Prof. Dr Suyatno mendapat respon yang sangat positif dari Menteri Pendidikan Malaysia untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan. Kegiatan Public Lecture dan Collaborative Meeting yang dihadiri oleh tokoh tokoh penting pendidikan Malaysia dan Muhammdiyah tentu memainkan peran yang sangat strategis untuk semakin terwujudnya kerjasama yang semakin kuat dan menguatkan kedua pihak dalam upaya menyelenggaraan pendidikan Tinggi yang lebih baik, yang mampu menjawab tantangan perubahan dan persaingan global di berbagai sendi kehidupan.

Tidak ada komentar