Page Nav

HIDE

Update

latest

UHAMKA Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru

UHAMKA sebagai salah perguruan tinggi swasta yang telah mendapatkan akreditasi institusi A (Unggul), melalui tim kegiatan pengabdian kepa...


UHAMKA sebagai salah perguruan tinggi swasta yang telah mendapatkan akreditasi institusi A (Unggul), melalui tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat senantiasa membuka diri untuk memberikan  pendampingan penulisan karya ilmiah bagi para guru.

Salah satunya dari Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Sekolah Pascasarjana UHAMKA, yang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SMP Negeri 7 Depok, Jawa Barat pada Selasa, 09/07/2019

Kegiatan tersebut  dirangkai dengan  kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Kerja di kalangan para Guru SMP 7 Depok yang  berlangsung dari tanggal 06 Juli 2019. Tak luput, kegiatan tersebut sebagai  wujud komitmen UHAMKA untuk turut serta  meningkatkan kompetensi para guru  yang berperan sebagai garda terdepan dalam membangun generasi bangsa.

Dr. Wini selaku narasumber mengatakan, bahwa  penulisan karya ilmiah merupakan wahana yang sangat strategis untuk  meningkatkan kecakapan abad 21. Melalui penulisan karya ilmiah, kreativitas, daya inovasi, dan kemampuan berpikir kritis akan dapat terus ditingkatkan. Dengan demikian, potensi-potensi tersebut juga sekaligus dapat digunakan untuk menghadapi berbagai tantangan  kehidupan yang semakin kompleks di era industri 4.0.
           Sementara itu  Dr. Imam memberikan penjelasan mengenai salah satu jenis penulisan karya ilmiah yang sangat lekat dengan dunia pendidikan dan pengajaran, yakni penelitian tintakan kelas.

Dr. Imam menegaskan, bahwa melalui penelitian tindakan kelas guru dapat berpikir secara kritis untuk mengidentifikasi beragam persoalan yang menjadi penghambat dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Bertolak dari persoalan-persoalan tersebut, kemudian guru berusaha secara kreatif dan inovatif  untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tersebut. Dengan demikian melalui penelitian tindakan kelas (PTK) hasil pembelajaran dapat ditingkatkan secara maksimal.
         
Pada akhir kegiatan pelatihan tersebut  para peserta pelatihan diberikan  panduan teknis dan praktis dalam melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas.

Tidak ada komentar