Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Aplikasi Teknik Pengolahan Limbah Tahu Menggunakan Tehnik Anerob dan Aerob pada Pengrajin Tahu di Kota Cirebon

Pertumbuhan industri pembuatan tahu di daerah menunjukkan perkembangan yang pesat.Tahu merupakan makanan bergizi mengandung protein n...


Pertumbuhan industri pembuatan tahu di daerah menunjukkan perkembangan yang pesat.Tahu merupakan makanan bergizi mengandung protein nabati yang berguna bagi tubuh dan telah dikenal sejak zaman dahulu di daratan China, berasal dari kata Tao Hu yang artinya kacang hancur seperti bubur.

Tahu dibuat oleh para pengrajin rumah tangga dengan menggunakan teknologi dan peralatannya yang masih sangat sederhana. Protein tahu sangat berperan dalam kehidupan masyarakat Indonesia dalam memperbaiki nilai gizi masyarakat karena harganya yang murah dan kaya akan protein.

Kebutuhan pasar akan tahu terus diminati sejalan dengan semakin berkembangnya industri yang selama proses pembuatan tahu berlangsung menghasilkan limbah cair dan limbah padat. limbah cair mengandung protein dan bahan organik yang oleh sebagian pengrajin limbah ditampung terlebih dahulu, akan tetapi ada juga pengrajin yang langsung membuang ke lingkungan atau sungai sehingga dapat menjadi sumber pencemaran lingkungan.
Pemanfaat limbah tahu sudah banyak dilakukan oleh pengrajin, seperti untuk pakan ternak dan pembuatan tempe gembus, atau untuk dijadikan gas bio melalui proses anaerobik sehingga dapat dimanfaatkan kembali untuk memasak.

Menurut Wati Sukmawati, M.Pd sebagai dosen Kimia pengolahan limbah air tahu dilakukan bertahan dengan menggunakan lumpur aktif pada reaktor anaerob (kedap udara) lalu proses dilanjutkan pada reaktor aerob (dengan udara). Berkaitan dengan proses dekomposisi senyawa limbah air tahu Wijiastuti, MSi selaku dosen Biokimia menerangkan bahwa senyawa-senyawa pada limbah pada lingkungan anaerob didekomposisi oleh mikroba karena bakteri dapat memanfaat sumber oksigen kimiawi dalam air dan dalam kondisi aerob mikroba memanfaatkan oksigen biologis dalam air. 


Nama penulis : Wijiastuti, M.Si
Wati Sukmawati, M.Pd.

Email : hr.astuti@gmail.com
No. Hp : 081584033778
Sumber : Pengabdian Masyarakat Dosen
Gambar : Dokumen Pribadi Wati Sukmawati