Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place


Mahasiswa UHAMKA Laksanakan KKN-DIK di Leuwiliang

KKN DIK Mahasiswa UHAMKA Koranmu Indonesia - Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universita...

KKN DIK Mahasiswa UHAMKA
Koranmu Indonesia - Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Melaksanakan  kegiatan Kuliah kerja nyata pendidikan (KKN-Dik) yang dilaksanakan pada Sabtu 29 Januari hingga 19 Februari 2022 di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.
Kegiatan KKN-Dik ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 program studi pendidikan matematika yang dibagi menjadi beberapa kelompok, salah satu kelompok  beranggotakan Agnisheila Nada, Amanda Purwitasari, Anis Nur Khasanah, Anisa Rohmah, Anisa Wijiasih, Ikhsannudin Wiyono, Lutfia Fitriyani, Nindi Sri Rahayu, Nur Azizah Izniati, Pingki Neng Avipah, Shinta Kusuma Dewi yang merupakan mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UHAMKA semester 7 yang dibimbing opehb Asih Miatun, M.Pd. dosen program studi pendidikan matematika FKIP UHAMKA

 Agus Soleh Lukman lurah desa Purasari  mengatakan bahwa "Desa Purasari memang terkendala dengan sampah. Sampah rumah tangga biasanya dibakar dilapangan atau dilingkungan rumah warga setempat. Warga setempat tidak memiliki tempat khusus untuk pembakaran sampah" Ungkapnya 

Hal senada diungkapkan Kuryadi selaku RW setempat  bahwa "truk sampah tidak sampai kedesa Purasari karena terkendala jalanan yang rusak dan truk sampah hanya sampai pasar setiap hari rabu sehingga dibutuhkan tempat khusus untuk pembakaran sampah.

Amanda Purwita salah satu peserta KKN-dik menjelaskan bahwa
"Pendidikan di desa purasari juga masih sangat minim kurangnya minat belajar dan motivasi belajar anak-anak. Maka dari itu kami mahasiswa memilih Desa Purasari tersebut menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik). Oleh sebab itu kami disana membuat beberapa program kerja yang memang dibutuhkan oleh warga setempat untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang ada".Ungkapnya

"Urgensi masyarakat saat pandemi ini terutama yang tinggal di daerah pedesaan seperti di Desa Purasari adalah pentingnya untuk meningkatkan kesadaran terhadap pendidikan dan juga menjalani protokol kesehatan.
Interaksi mahasiswa dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya dalam  Kegiatan KKN-Dik ini difokuskan di RT 01 RW 03 Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang" Sambungnya

Lebih lanjut Amanda  menyampaikan bahwa Semua kegiatan dalam KKN-Dik ini tentunya dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Setelah KKN-Dik ini berlangsung, diharapkan dapat membantu warga sekitar dalam permasalahan sampah dengan adanya tempat sampah sementara yang kami buat untuk warga desa purasari, dan membantu pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyaraat terkait Covid-19. serta kami berharap para pelajar tetap memiliki semangat belajar walaupun dalam keadaan seperti ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran covid-19. 

Berikut program kegiatan yang dilakukan yaitu Bengkel Matematika, Rumah Belajar, Pengajian KKN-Dik, Penyuluhan Pengelolaan Sampah, Penyuluhan Kesehatan, Workshop Entrepreneur dan Festival KKN-Dik MAGMA 2022. Pada kegiatan Bengkel Matematika, Rumah Belajar dan Festival KKN-Dik MAGMA 2022 yaitu melakukan pendampingan mengajar, membuat sebuah kreativitas dengan memanfaatkan benda-benda sekitar dan kegiatan pembelajaran yang terintegrasi literasi dan numerasi. Kegiatan yang dilakukan yaitu membahas materi yang belum dipahami di sekolah, mewarnai dan menggambar, tips dan trik menghitung perkalian menggunakan jari, menonton film atau membaca buku yang mengandung edukasi dan motivasi, mempersiapkan lomba cerdas cermat, belajar bersama anak-anak sekitar dan mempersiapkan lomba festival. 

Target sasaran yang dilakukan yaitu anak-anak desa purasari dan tujuannya yaitu untuk membantu anak-anak dan warga dalam mengoptimalkan situasi belajar terkhusus pada pelajaran matematika, meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan kreativitas anak dan menjadikan masyarakat memiliki budaya literasi dan numerasi.
Selanjutnya pada kegiatan Pengajian KKN-Dik, yaitu melakukan pendampingan ibadah bagi anak-anak dan ibadah bersama dengan warga sekitar desa. Kegiatannya berupa shalat berjama’ah bersama, pengajian ibu-ibu di majelis ta’lim, mengajar ngaji anak-anak membaca iqro, Al-Qur’an, membaca yasin di malam jum’at dan membaca al-kahfi di hari jum’at. Target sasaran yang dilakukan yaitu seluruh masyarakat desa purasari dan tujuannya yaitu menanamkan sifat dan akhlak yang religious.

Lalu pada kegiatan Penyuluhan Pengelolaan Sampah dan Penyuluhan Kesehatan, yaitu membantu kegiatan yang telah berjalan di masyarakat maupun membuat kegiatan baru yang dibutuhkan masyarakat. Kegiatannya berupa edukasi sampah (macam-macam sampah dan cara mengelola sampah), membuat tempat sampah sementara bersama warga yang dapat digunakan oleh warga setempat, kerja bakti, membuat hand sanitizer dan ikut serta membantu kegiatan posyandu.

Target sasarannya yaitu masyarakat desa dan tujuannya yaitu membantu kebutuhan masyarakat dan membantu kegiatan yang sudah dibangun masyarakat. Kemudian pada kegiatan Workshop Entrepreneur, yaitu menerapkan kebiasaan sehat pada masyarakat Desa Purasari. Kegiatannya berupa membuat pupuk organik. Target sasaran yang dilakukan yaitu masyarakat desa purasari dan tujuannya yaitu agar masyarakat memahami pentingnya hidup sehat, menjaga lingkungan dan memanfaatkan bahan alami yang sudah tidak terpakai.

 

Latest Articles