Page Nav

HIDE

Update

latest

Bermitra dengan sekolah di Sabah, Dosen UHAMKA Mengembangkan Karakter Siswa Dengan Chatbot AI

Chatbot bantu kembangkan karakter Tim PkM Internasional dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) bermitra dengan sekolah Indo...


Chatbot bantu kembangkan karakter

Tim PkM Internasional dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) bermitra dengan sekolah Indonesia di Sabah, Malaysia, untuk mengembangkan karakter siswa melalui chatbot AI. Chatbot ini dirancang untuk membantu siswa belajar tentang nilai-nilai moral dan etika dan serta untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.

Ketua pelaksana PkM Internasional, Dr. Ir. Suciana Wijirahayu, M.Pd, mengatakan bahwa chatbot ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk berinteraksi dengan siswa secara alami dan menarik. Chatbot ini dapat menjawab pertanyaan siswa tentang berbagai topik, termasuk agama, moral, dan etika.
"Chatbot ini dirancang untuk menjadi teman dan pembimbing bagi para siswa," kata Dr. Suciana. "Kami berharap chatbot ini dapat membantu siswa mengembangkan karakter yang baik dan menjadi individu yang bertanggung jawab."

Pengembangan chatbot ini merupakan bagian dari program kerjasama antara UHAMKA dan Community Learning Center (CLC) Felda Global Ventures (FGV) Sahabat, di Sabah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sabah dan untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Chatbot ini telah diluncurkan di beberapa sekolah diantaranya di SDI Darul Mu’minin dan di CLC FGV Sahabat  yang telah mendapat respon yang positif dari para siswa. Para siswa mengatakan bahwa chatbot ini membantu mereka belajar tentang nilai-nilai moral dan etika dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

"Chatbot ini sangat membantu saya untuk belajar tentang agama dan moral," kata seorang siswa. "Saya dapat bertanya kepada chatbot tentang materi Fungsi Sejarah dalam Al Qur'an yang ingin saya ketahui dan chatbot memberikan jawaban yang jelas dan mudah dipahami."

Diantara narasumber di pelatihan adalah Ibu Emilia Roza, M.Pd., MT. dan Dr. Novi Andayani Praptiningsih, M.Si. sebagai bagian dari pelaksana Abdimas. Pelaksana PkM,  berencana untuk terus mengembangkan chatbot ini. Ibu Emilia Rosa, salah satu narasumber  ini juga sedang mengembangkan chatbot untuk mata pelajaran lain, seperti sains dan matematika.

Manfaat Chatbot AI untuk Pengembangan Karakter Siswa
Chatbot AI memiliki beberapa manfaat untuk pengembangan karakter siswa, antara lain:
Meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai moral dan etika. Chatbot dapat memberikan informasi dan edukasi kepada siswa tentang berbagai topik moral dan etika. Chatbot juga dapat membantu siswa untuk memahami konsekuensi dari tindakan mereka.

Meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Chatbot AI berbahasa Inggris  seperti ATIPS (A way to know some Tips, to stay productive during Ramadan) juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dalam Bahasa Inggris siswa dengan berinteraksi dengan mereka secara alami dan menarik. Chatbot juga dapat membantu siswa untuk belajar bagaimana mengekspresikan diri mereka dengan jelas dan efektif. Memberikan dukungan dan nasihat kepada siswa. Chatbot dapat memberikan dukungan dan nasihat kepada siswa saat mereka menghadapi tantangan misalnya saat berpuasa di bulan Ramadan.

 Chatbot ATIPS  dapat membantu siswa untuk mengatasi masalah mereka dan membuat keputusan yang tepat berkaitan dengan produktifitas dan kesehatan di bulan Ramadan.Meningkatkan motivasi siswa. Chatbot dapat membantu siswa untuk menjadi lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris dan mencapai tujuan mereka. Chatbot dapat memberikan penghargaan dan pengakuan kepada siswa atas kemajuan mereka.

Chatbot AI adalah alat yang berharga yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengembangkan karakter yang baik dan menjadi individu yang bertanggung jawab. Kami berkomitmen untuk mengembangkan chatbot AI yang berkualitas untuk membantu lebih banyak sekolah di Indonesia dan Malaysia. 

Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terselenggara dengan dukungan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA, Bapak Purnama Syae Purrohman, M.Pd. Ph.D., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Bapak Silih Warni, Ph.D, Ketua Lembaga Penelitian UHAMKA, Dr. apt. Supandi, M.Si., dan  Ketua LPPM UHAMKA, Dr. Gufron Amirulah berserta jajarannya. Terselenggaranya pengabdian juga berkat dukungan dan kerjasama dengan mitra , Galih Satria, S.S. (Pengetua CLC FGV Sahabat) dan Bapak Amirullah, S.H.I., Kepala Sekolah SDI Darul Mukminin beserta jajarannya. 

Tidak ada komentar