Page Nav

HIDE

Update

latest

Seorang Muslim Wajib Memahami Al-Qur'an

Seorang Muslim Wajib Memahami Al-Qur'an Foto: Adam/Islampos ...

Seorang Muslim Wajib Memahami Al-Qur'an

Foto: Adam/Islampos

Oleh: Muhammad Satria Andhika

SEBAGIAN kita ada yang belum memahami betul, fungsi Al-Qur’an itu sebagai apa. Rajin membacanya, bahkan menjadi ritual di hari-hari tertentu dan juga berlomba-lomba meng-khatamkannya. Namun tanpa ingin memahami apa yang dibacanya. Ibaratnya kita ini “produk”nya Allah dan “manual book” nya adalah Al Qur’an.

Dalam satu waktu saya mendapatkan sharing ada orang yang ibaratnya sedang stress, lalu di dudukkanlah ditengah, dan sekelilingnya mengaji beramai ramai.

BACA JUGA: Ini Dia 9 Tabiat Manusia dalam Al-Qur’an

Ada perbandingan seperti ini: jika kita punya motor, lalu motor itu rusak, dan yang kita lakukan hanyalah membaca manual book nya secara keras keras tanpa melakukan apa yang diminta oleh manual book tersebut, akankah motornya berfungsi dengan benar?

Fenomena seperti itu masih ditemukan disekitar kita, mengagungkan bacaannya, seolah olah menjadi mantra, tetapi isinya sendiri tidak dipahami dan dimengerti, kalau tidak dipahami dan dimengerti lantas apa yang akan kita jalankan?

“Al Qur’an itu tiada lain hanyalah pelajaran dan kitab yang memberi penerangan supaya dia (Muhammad) memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup.” (lihat surat Yasin: 69-70).

Related Posts

Membersamai Al-Qur̢۪an di Pagi Hari

Seorang Tionghoa-Konghucu Sumbang Mushaf Al-Qur’an…

Kadiv Humas Polri: Al-Quran Tak Pernah Dijadikan sebagai…

Prev Next 1 of 25

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad: 29)

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad:24)

Di zaman Nabi Shalalahu ‘alaihi wa sallam, salah satu hikmah kenapa Al-Qur’an diturunkan secara bertahap, dalam kurun waktu dua puluh tahun lebih, tidak sekaligus, adalah tujuannya bukan hanya untuk dibaca dan dihafalkan saja.

Mereka juga mengajarkan dan mempraktekkan/mengamalkan ayat-ayat itu dalam kehidupan mereka. Jadi ini memiliki efek ganda; menghafal ayat-ayatnya dan mengamalkannya.

Metode membaca dan ‘menghafal’ Al-Qur’an yang paling baik adalah seperti apa yang generasi terbaik l akukan.

BACA JUGA: Alquran dan Ilmu Pengetahuan Ungkap tentang Daya Ingat Manusia

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhum (seorang sahabat nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam) berkata, “Kami menghafalkan Al Qur’an dalam sehari sebanyak lima ayat dan kami tidaklah menambah lebih dari itu sampai kami menguasai tafsir ayat-ayat tersebut. Sungguh akan datang kaum di mana mereka menghafalkan Al Qur’an seluruhnya, namun mereka tidak mengamalkannya. Mereka begitu mantap menguasai huruf-hurufnya, namun mereka tidak memahami aturan-aturan dalam Al Qur’an.”

Semoga kita tidak hanya semangat untuk membaca dan menghafalnya saja, namun juga mentadabburi nya dan mengamalkannya, sehingga Al-Qur’an betul-betul dijadikan sebagai ‘buku petunjuk dan penerang’ bagi kita semua, aamiin. []

Sumber: Google News Network: Koranmu Indonesia

Tidak ada komentar