Page Nav

HIDE

Update

latest

Kurangi Perilaku Sedentari pada Mahasiswa, FIKES UHAMKA Rancang Media Video Aerobic Chair

 UHAMKA Rancang Video Aerobic Chair  Perilaku sedentari merupakan perilaku aktifitas fisik seseorang di luar waktu tidur, dengan karakterist...


 UHAMKA Rancang Video Aerobic Chair 

Perilaku sedentari merupakan perilaku aktifitas fisik seseorang di luar waktu tidur, dengan karakteristik pengeluaran kalori yang sangat sedikit yakni <1,5 meets (Kemenkes, 2018). 

Dengan kata lain perilaku sedentari merupakan perilaku yang menunjukkan tingkat aktifitas fisik sangat rendah. Mahasiswa menjadi kelompok yang sangat rentan terhadap munculnya perilaku sedentari. Hasil penelitian mahasiswa kesehatan masyarakat,Riski (2021),

 yang dilakukan pada mahasiswa UHAMKA menunjukkan bahwa perilaku sedentari mayoritas terkategorikan tinggi (98,8%). 

Dengan demikian diperkukan perubahan perilaku sebagai penangulangan dan pencegahan perilaku sedentari pada mahasiswa. Guna memunculkan perubahan perilaku maka diperlukan pembiasaan peningkatan aktifitas fisik yang dapat dilakukkan di kelas di waktu-waktu tertentu pada saat perkuliahan berlangsung, untuk itu butuhkan sarana guna menunjang pembiasaan perubahan tersebut. 

Tim Pengmas FIKES UHAMKA melalui program RISETMU membuat sarana tersebut agar mampu mengurangi perilaku sedentari dan meningkatan aktifitas fisik pada mahasiwa. Sarana yang di rancang tim yakni pembuat media video aktifitas fisik dengan metode chair aerobic. Video tersebut diperuntukkan sebagai sarana untuk mendukung kegiatan aktifitas fisik mahasiswa di sela-sela perkuliah berlansung maupun di rumah. 

Gerakan dalam media video aktifitas fisik rancangan Anna Fitriani S.KM, M.KM., dan Elia Nur Ayunin S.KM. M.KM., merupakan hasil adaptasi dari gerakan-gerakan aktifitas fisik pada metode aerobics chair. Berdasarkan hasil literatur, metode aerobics chair dinilai effektif dapat meninkatkan peningkatkan fungsi fisik, peningkatan pengeluaran energi dan mengurangi tingkat sakit kepala pada perilaku sedentari (Lohana and Yadaf, 2020).
 
Media video aktifitas fisik tersebut sudah dilakukan uji pretesting atau uji coba kepada mahasiswa dan mendapatkan hasil yang positif. Mahasiswa menyatakan media video aktifitas fisik memunculkan emosi yang positif setelah melakukkannya. Berdasarkan hasil tersebut tim merasa yakin bahwa media video aktifitas fisik mampu menjadi sarana pembiasaan peningkatan perubahan perilaku pada mahasiswa. 

Untuk itu, Tim melakukkan launching media video aktifitas fisik dan seminar kesehatan dengan tajuk “Kurangi Perilaku Sedentari dan Tingkatkan Aktifitas Fisik, Cegah Obesitas Dini”. Seminar telah dilakukkan pada 5 Maret 2023, sehari menjelang perkuliahan perdana semester genap 2022/2023. (ENA)

Penulis: Elia Nur Ayunin S.KM. M.KM., dan Anna Fitriani S.KM, M.KM.,  Tim Pengmas FIKES UHAMKA

Tidak ada komentar