Iklan


KoranMu Indonesia
04 Desember, 2017, 19.29 WIB
Last Updated 2017-12-04T12:34:40Z

STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEPSODENT

STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEPSODENT

STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEPSODENT

Salah satu merek pasta gigi yang terkenal dan paling tertua di Indonesia adalah Pepsodent, ia selalu memberikan kemanjuran dari saat awal kemunculannya. Di tahun 1980 pasta gigi yang berflorida pertama yang di luncurkan di Indonesia adalah Pepsodent dan memasarkan menyikat gigi dengan cara yang benar melalui layanan pemeriksaan gigi gratis dan mendidik secara aktif serta hanya satu-satunya yang mendidik secara aktif. Sejak dari itu, Pepsodent sudah memenuhi beberapa kumpulan dari produknya tersebut dari dasar-dasar membersihkan gigi sampai dengan pasta gigi mempunyai manfaat yang lengkap.
Pepsodent  ini sudah menguasai market share (pangsa pasar) pada produk untuk pasta gigi dan sudah menjadi market leader (pemimpin pasar). Pada saat ini, brand Pepsodent mempunyai berbagai macam variasi diantaranya complete care herbal, whitening, klasik, dan kids (untuk anak-anak). Akses ke konsumen menjadi lebih mudah selama brand mix-nya kuat. Pepsodent mempunyai peluang untuk menyosialisasi dan penyuluhan atau memberikan beberapa pengetahuan tentang kesehatan gigi yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut bangsa Indonesia yang banyak tidak paham atau yang belum mengerti cara menyikat gigi dengan benar.
Di tahun 2006, varian lengkap baru Pepsodent diluncurkan:
1.       Pepsodent Fighter toothbrush
2.       Bahan aktif yang menembus gigi untuk membebaskan rasa sakit karena syaraf yang sensitif didalam gusi dan gigi, yang ditawarkan dalam varian Pepsodent Sensitive
3.       Manfaat yang lengkap dengan harga yang terjangkau juga, ada dalam varian Pepsodent Complete 12. Bagian dari usahanya untuk mencapai misi adalah dengan menawarkan manfaat yang lebih banyak kepada para konssumen.
Strategi dan segmentasi
Menerapkan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk setiap segmen adalah proses segmentasi. Bertujuan untuk untuk memprioritaskan kelompok, untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan yang sama dan pelanggan potensial, untuk merespon strategi pemasaran yang tepat dalam memenuhi preferensi yang berbeda dari setiap segmen yang dipilih, dan untuk memahami perilaku mereka. efektivitas pemasaran pun meningkat secara signifikan Karena diakibatkan peningkatan segmentasi.  . Segmentasi pasar menunjuk kepada proses dibentuknya sebuah kelompok kecil di dalam pasar yang besar, jadi dapat menentukan konsumen mana yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama.
Nama Pepsodent menjadi pilihan pertama yang melintas dibenak hampir seluruh masyarakat Indonesia karena karena segmenting pada Pepsodent yang sudah sangat luas. Ada beberapa target pasar pepsodent yaitu semua usia, dari mulai anak-anak sampai yang dewasa. Pepsodent membagi beberapa kelompok berdasarkan usia untuk produknya. Untuk dewasa setiap jenis produk mempunyai beberapa fungsi dan manfaat yang berbeda. Hal ini memperlihatkan bahwa Pepsodent ingin melengkapi kebutuhan konsumen disetiap masalah gigi yang berbagai macam. Pepsodent juga bisa digunakan untuk semua gender (jenis kelamin). Sedangkan untuk produk anak-anak yaitu diantaranya: Kids, Gigi Susu Orange, dan Gigi Susu Strawberry. Untuk anak-anak dicocokkan dengan rasa yang mengandung mint yang lebih sedikit dan biasanya disukai oleh anak-anak.
Pepsodent memasarkan produknya menggunakan media-media cetak seperti melalui majalah ataubillboard. Dan Pepsodent juga memasarkan produknya menggunakan media elektronik yaitu dengan menggunakan media periklanan. Selain memasarkan produknya melalui media tersebut, Pepsodent pun memasarkan produknya melalui event atau acara-acara yang dibuat oleh mereka. Salah satunya seperti event yg bernama SENYUM PEPSODENT, Pepsodent memperkenalkan produknya secara langsung dengan memberikan pengetahuan tentang cara sikat gigi dengan benar dan tentang manfaat bersikat gigi melalui event tersebut. Dan dengan event tersebut, Pepsodent mengenalkan produknya agar lebih dikenal di pasaran dan di masyarakat, dengan event ini juga Pepsodent bisa merebut hati konsumen supaya para konsumen menggunakan produknya. Salah satu cara lain untuk merebut hati konsumen juga dengan membagikan pasta gigi dan sikat gigi gratis kepada para pesertanya.
Targeting
Targeting merupakan permasalahan bagaimana mennyeleksi, memilih, dan menjangkau pasar. Menetapkan target pasar atau bisa disebut dengan Targeting adalah langkah selanjutnya dari segmenting. Produk dari targeting ialah pasar target (target market), yaitu satu ataupun beberapa segmen pasar yang hendak menjadi fokus kegiatan dalam pemasaran. Karena marketer harus menyeleksi, maka terkadang targeting juga disebut dengan selecting. Targeting adalah suatu proses memusatkan upaya pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang mempunyai potensi atau kemampuan signifikan untuk beraksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan dan juga proses penilaian segmen pasar. Perusahaan harus mengidentifikasi pelanggan yang dapat dilayani dan diakses secara efisien dan efektif adalah cerminan dari  proses Targeting.
Terus menerus mendukung sasaran jangka panjang untuk mengembangkan suatu bisnis yang berdaya tahan dan mengadakan perbaikan dalam pengelolaan dampak lingkungan adalah komitmen yang dimiliki oleh Pepsodent. Dalam menggalakkan kepedulian lingkungan, menyebarluaskan budaya karya yang baik dan meningkatkan pemahaman akan masalah lingkungan, Pepsodent akan bekerja sama dalam kemitraan dengan pihak lain. Dalam meraih keuntungan finansial atau bisnis, Pepsodent tidak memberi ataupun menerima apapun, entah itu secara langsung ataupun tidak langsung, suapan atau keuntungan lainnya yang tidak pantas. Setiap penawaran atau tuntutan suap harus dilaporkan kepada manajemen dan harus ditolak langsung.  Tidak ada satu pun karyawan di perusahaan Pepsodent yang boleh memberi, menerima ataupun menawarkan hadiah atau pembayaran yang merupakan, dan bisa diartikan sebagai suatu sarana suap.
         Diferentiation
               Diferensiasi ada untuk membuat suatu perbedaan yang bertujuan memberi nilai yang lebih kepada masyarakat. Dengan demikian suatu produk pasti lebih mudah memberikan daya tarik tersendiri dan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Jadi dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran, mereka menjadi lebih memilih produk kita. Dengan diferensiasi atau perbedaan produk tersebut dapat membuat bagaimana perusahaan bisa menciptakan dan mewujudkan produk unik yang memberi tingkat keuntungan yang diatas rata-rata yang mampu dicapai oleh industri melewatii kombinasi manusia, proses dan lingkungan.
Dari strategi diferensiasi produk ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh para pelaku pasar, diantaranya:
1.       Produk tersebut lebih unggul dan utama daripada produk yang lain. Produk yang unggul atau utama tersebut akan memudahkan dalam mewujudkan loyalitas konsumen.
2.       Produk tersebut akan lebih gampang diingat oleh para konsumen
3.       Mengatasi persoalan kejenuhan dan keluhan pasar, dengan adanya diferensiasi produk dapat menolong pelaku pasar saat konsumen sudah mulai jenuh atau bosan dengan produk yang biasanya di tawarkan
4.       Produk tersebut membantu terbentuknya image produk
5.       Harga jual produk yang dapat lebih tinggi. Suatu produk yang mempunyai keunikan khusus tersendiri, biasanya akan langsung diburu dan dicari para konsumen dengan harga berapapun itu.
Diferensiasi yang utama pada brand Pepsodent adalah:
1.       Satu-satunya brand pasta gigi yang diakui oleh FDI (Federasi Gigi Dunia) di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri adalah Pepsodent.
2.       Pepsodent merupakan brand terkemuka dan unggul  di sebagian besar negara  di Asia, diiantaranya dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar.
3.       Variasi  Pepsodent anak pun ikut bersaing dalam produk Pasta gigi untuk anak
Penulis: Dinda Nurul Lina
Nim: 1502025067
Kelas: 5C
Mata Kuliah: Branding dan Komunikasi Pemasaran
Sumber:
http://manajemenbr.blogspot.co.id/2016/06/strategi-pemasaran-produk-pepsoden.html?m=1
Gambar: https://1.bp.blogspot.com/-SKZctNW8LXQ/V5Gk2fttO3I/AAAAAAAApRY/Wp4Z3yyMDcgBZk-UT2ngdOdlotlgEdLhQCLcB/s1600/Pepsodent%2B9.jpg