Page Nav

HIDE

Update

latest

FAI UHAMKA kembangkan strategi pembelajaran Dua Bahasa di MBS

Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA bekerjasama dengan Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jampang Bogor dalam mengembangkan model dan strat...


Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA bekerjasama dengan Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jampang Bogor dalam mengembangkan model dan strategi pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk para santri/siswa. Menurut ketua tim dosen FAI UHAMKA yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di MBS Jampang, Hj. Ai Fatimah Nur Fuad Ph.D, pelajaran kedua bahasa asing ini penting untuk membekali siswa/santri agar bisa membaca literatur berbahasa asing, berkomunikasi lisan dengan orang yang menggunakan bahasa tersebut, bisa melanjutkan pendidikan di negara-negara yang menggunakan kedua bahasa tersebut sebagai pengantar sekolah/kuliah dan tentunya dampak paling penting dari menguasai bahasa asing adalah bisa memperluas wawasan keilmuan siswa/santri.

Pengajaran bahasa Arab dan Inggris di madrasah dan pesantren di Indonesia menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari pelajaran-pelajaran lainnya.  Pengajaran bahasa Arab dan Inggris sudah lama ada dalam kurikulum madrasah dan pesantren di Indonesia. Kurikulum bahasa Arab dan Inggris sudah dan terus dikembangkan sedemikian rupa agar bisa mencapai luaran (output) yang diharapkan. Dosen FAI lainnya yang memberikan pembinaan kepada santri MBS, Ari Khairurrijal Fahmi, M.Pd berpendapat bahwa di era sekarang ini bahasa asing sudah menjadi salahsatu target unggulan pemerintah Indonesia karena telah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Sehingga kurikulum dan metode pembelajaran bahasa pun harus terus dikembangkan dan dilakukan pembenahan agar bisa efektif dengan hasil yang jelas dan terukur, ujarnya.

Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (FAI-UHAMKA) merasa perlu untuk datang melakukan kemitraan/pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk membangkitkan dan menguatkan motivasi siswa/santri dalam mempelajari dan menguasai bahasa Arab dan Inggris. Untuk mitra pengabdian kali ini, tim dosen FAI UHAMKA memilih lembaga pendidikan berbasis pesantren, yaitu SMPIT dan SMAIT Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jampang Bogor.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini memilih MBS Jampang Bogor dengan beberapa pertimbangan maslahah berikut: Pertama, pesantren ini baru berdiri dan berjalan hampir setahun sehingga sangat dibutuhkan dukungan dan pembinaan dari pihak eksternal, terutama Perguruan TInggi Muhammadiyah (PTM).  Kedua, berdasarkan survey (melalui kuesioner) yang tim dosen FAI lakukan, para santri MBS sangat mengharapkan pelatihan/pembinaan terkait dengan penguatan motivasi belajar bahasa Arab dan Inggris dan strategi efektif untuk menguasai kedua bahasa tersebut. Ketiga, karena pertimbangan lokasi pesantren MBS yang tidak begitu jauh dari UHAMKA, maka kegiatan pembinaaan bahasa tidak berhenti dalam 1-2 kali kegiatan saja, tetapi diharapkan bisa berkesinambungan.

Maka, dalam PKM kali ini, tim dosen FAI UHAMKA yang terdiri dari Hj. Ai Fatimah Nur Fuad, Ph.D dan Ari Khairurrijal Fahmi, M.Pd berbagi tugas dalam melakukan pembinaan kebahasaan terhadap santri MBS Jampang. Ai Fatimah yang memiliki pengalaman menyelesaikan kuliah S2 dan S3 di Universitas Leeds-Inggris memberikan penguatan motivasi dan memberikan trik dan tips belajar efektif menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan baik. Sedangkan Ari Khairrurrijal yang merupakan lulusan dari King Saud University-Riyadh memberikan materi mengenai strategi peningkatan keterampilan bahasa Arab melalui penguasaan kosakata bahasa Arab.

Tidak ada komentar