Page Nav

HIDE

Update

latest

Obituari pendiri pendidikan Sejarah IKIP Muhammadiyah

Obituari : Drs. H. Sidi Ibrahim Buchori, S.H.n Beliau adalah dosen di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA yang dulu bernama jur...



Obituari : Drs. H. Sidi Ibrahim Buchori, S.H.n Beliau adalah dosen di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA yang dulu bernama jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP Muhammadiyah Jakarta.

Beliau adalah salah satu pendiri Jurusan Pend. Sejarah IKIP Muhammadiyah Jakarta pada tahun 1964 bersama dengan Drs. H. Rasyid Hamidi pegawai Departemen Agama RI.

Pak Sidi Ibrahim adalah dosen tetap di IKIP Jakarta yang sekarang bernama UNY.

Saya pernah diajar beliau pada tahun 1988 dengan mata kuliah Sejarah Indonesia I. Pada saat itu Beliau adalah Wakil Dekan 1 FPIPS.

Beliau lahir pada tahun 1932, dan mendapat pendidikan B1, mengajar sampai usia lanjut kurang lebih baru 5 tahun belakangan beliau tidak mengajar karena kondisi kesehatan yang terus menurun.

Bapak Sidi Ibrahim sampai usia 75 masih membawa mobil sendiri ke Kampus Pasar Rebo untuk mengajar di Prodi Pend. Sejarah UHAMKA.

Pada saat saya menjadi Kaprodi Sejarah tahun 2013, Beliau masih diberi jam untuk mengajar mata Kuliah Sejarah Indonesia dengan didampingi asisten Sdr. Mubarok.

Setelah 2 semester atas permintaan dari Drs. H. Nur Busyra, M.M., Dosen Pendidikan Ekonomi dengan alasan kondisi kesehatan, mohon untuk tidak dijadwalkan.

Beliau dosen yang sangat lama mengabdi di IKIP Jakarta dan IKIP Muhammadiyah Jakarta yang termasuk murid2nya adalah Bapak Basri Siregar, Ma’as DP, Sahminan Lubis, Alm. Prof. Hendra Saputra, Alm. Abdul Salam, Aris Pandong, Pono Fadlulah, Daniel Fernandez, Lelly Qodariah, Rudy Gunawan, Desvian Bandarsyah, Hari Naredi, Eko Digdoyo, Nurlina.  Kami adalah orang2 yang pernah belajar langsung dengan Beliau.

Pada tahun 1994, saya mendapat rekomendasi dari Beliau dan Pak Soerady Soehoed untuk melanjutkan pendidikan di Pendidikan Sejarah IKIP Jakarta KPK UNS, saya sendiri lulus dari IKIP Muhammadiyah Jakarta tahun 1992 dengan gelar Drs.
Setelah itu gelar Drs dan Dra tidak ada tapi diganti dengan gelar S.Pd.

Bapak Sidi Ibrahim juga mempunyai anak yang menjadi dosen di UNJ prodi sejarah yaitu Dr. Nurzengki. Beliau masih mengabdi di UNJ dan merupakan Kakak dari Bapak Nur Busyra yang mempunyai istri Ibu Made, Dosen Pendidikan Ekonomi UHAMKA.

Bapak Sidi merupakan sosok dosen yang produktif, banyak menulis buku, dan diktat untuk digunakan dalam perkuliahan.

Secara fisik, Beliau selalu berpenampilan dengan rambut yang tersisir rapi, sering melaksanakan shalat di masjid Darul Ulum, Kampus UHAMKA Pasar Rebo. Beliau juga mempunyai beberapa rumah Kost di seberang kampus Pasar Rebo.

Beliau menjadi contoh teladan bagi dosen2 muda dan selalu enerjik dan bersemangat dalam mengajar.  Hampir tidak pernah absen saat beliau terjadwal untuk mengajar, sampai pada akhir tugasnya.

Pada saat terakhir, beliau dirawat di RS Islam Jakarta pada bulan Agustus 2015, kamar perawatan berdampingan dengan kamar perawatan Alm. Prof. Hendra Saputra.

Pada saat kami menjenguk beramai-ramai, beliau masih menunjukkan semangat hidup yang tinggi.


Demikian kenangan saya tentang Beliau. Mohon maaf jika ada yang keliru. Selamat jalan guruku, Ayahku dan Teladanku. Insya Allah amal ibadah diterima Allah SWT. Amiin Yra.

Bekasi, 6 Februari 2018, Pukul 14.20
Penulis: Rudy Gunawan Dosen FKIP UHAMKA

Tidak ada komentar