Page Nav

HIDE

Update

latest

Baitul Mal Aceh Raih BAZNAS Award Provinsi Terbaik

Baitul Mal Aceh Raih BAZNAS Award Provinsi Terbaik Hidayatullah.com â€" Baitul Mal Provinsi Aceh meraih penghargaan Badan Amil Zakat Na...

Baitul Mal Aceh Raih BAZNAS Award Provinsi Terbaik

Hidayatullah.comâ€" Baitul Mal Provinsi Aceh meraih penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Award 2018 untuk kategori Baznas Provinsi Terbaik se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdurrani, yang didampingi Kepala Sekretariat, Muhammad Iswanto, di Kantor Kemenag RI di Jakarta pekan kemarin (07/09/2018).

Zamzami mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. Hal ini membuat dirinya dan seluruh pegawai di Baitul Mal Aceh menjadi semakin termotivasi untuk mengelola zakat yang lebih baik dan profesional.

“Ini semua hasil dari kerja keras semua personel baik di badan pelaksana maupun di Sekretariat Baitul Mal Aceh,” ujar Zamzami, melalui siaran pers kepada hidayatullah.com, Ahad (09/09/2018).

Zamzami mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penguatan zakat sebagaimana visi misi zakat nasional tahun ini, yaitu Dengan Zakat Kita Kuat.

Baitul Mal Aceh kata dia, berhasil menyisihkan empat provinsi lain sehingga berhasil keluar sebagai pemenang pertama dalam anugerah bergengsi ini. Empat provinsi tersebut, yaitu Jawa Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jambi.

Secara keseluruhan, ada 500 lembaga Baitul Mal seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi ini. Sementara yang dinilai panitia hanya yang masuk 50 besar.

Penyerahan Zakat Award 2018 dilakukan Ketua BAZNAS Prof. Bambang Sudibyo.

“Ada 15 kategori yang dilombakan, alhamdulillah Aceh mendapatkan kategori BAZNAS Provinsi Terbaik se-Indonesia. Semoga di masa-masa mendatang Baitul Mal Aceh bisa memenangkan beberapa kategori sekaligus,” kata Iswanto.

Sebelumnya kata Iswanto, pada 2015 lalu Baitul Mal Aceh juga pernah mendapatkan penghargaan nasional untuk kategori Manajemen Kelembagaan Zakat se-Indonesia pada Zakat Award 2015 yang diselenggaraka n Kementerian Agama.

Dua penghargaan yang diperoleh Baitul Mal Aceh dari dua instansi berbeda itu kata Iswanto, cukup sebagai indikator bahwa lembaga itu bekerja secara profesional dalam mengelola zakat.

Adapun kategori yang dinilai, yaitu BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota dengan pertumbuhan penghimpun ZIS terbaik, pendistribusian ZIS terbaik, program pendayagunaan ZIS terbaik, laporan tahunan terbaik, BAZNAS provinsi terbaik, dan lembaga amil zakat nasional dengan pertumbuhan perhimpunan ZIS terbaik.

Sementara itu diketahui sebelumnya, BAZNAS kembali menggelar malam anugerah perzakatan. Kegiatan bertajuk BAZNAS Award 2018 ini, bertujuan memberikan penghargaan kepada BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BUMN, swasta dan sejumlah kepala daerah, tokoh dan media pendukung kebangkitan zakat.

Tujuannya, kata Ketua BAZNAS Prof Bambang Sudibyo, agar semakin memacu kebangkitan zakat di negeri ini.

Pihaknya memberikan penghargaan kepada LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media, yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat berdasarkan laporan 2017, ujarnya di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag MH Thamrin, Jakarta, Jumat (07/09/2018).

Menurut Bambang, pada tahun 2017 perolehan zakat sudah mencapai 6,2 triliun rupiah. Ia berharap tahun 2018, capaian itu akan meningkat menjadi delapan triliun rupiah, mengingat potensinya sangat besar bagi kesejahteraan umat.*

Source: Google News Zakat Network: Koranmu Indonesia

Tidak ada komentar