ADI, Forum Rektor Indonesia, dan DPD RI Meriahkan Pembukaan Festival Beasiswa Nusantara Hari Ke-2 - KoranMu
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

ADI, Forum Rektor Indonesia, dan DPD RI Meriahkan Pembukaan Festival Beasiswa Nusantara Hari Ke-2

Festival Beasiswa Nusantara (FBN) 2018 digelar di Gedung Nusantara IV & V DPR / MPR RI dan diadakan dua hari berturut-turut pada tanggal 24 dan 25 November 2018. Di hari kedua pelaksanaan pesta rakyat tersebut, pembukaannya …

 

Festival Beasiswa Nusantara (FBN) 2018 digelar di Gedung Nusantara IV & V DPR / MPR RI dan diadakan dua hari berturut-turut pada tanggal 24 dan 25 November 2018. Di hari kedua pelaksanaan pesta rakyat tersebut, pembukaannya dimeriahkan oleh sambutan dari pejabat-pejabat DPD RI, Kementerian Agama, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), dan Forum Rektor Indonesia.

Acara ini juga dibuka dengan tarian dari Papua dan tarian Bali yang dibawakan oleh mahasiswi Univeristas Hindu Bali. Ketua ADI Dino Pattidjalal membuka sambutannya dengan bercerita bagaimana orang tuanya berangkat keluar negeri untuk mendapatkan gelar PhD. Menurutnya, ilmu yang dimiliki oleh ayahnya adalah untuk Nusantara, ilmunya digunakan untuk Indonesia. Ia juga menasehati para peserta agar tidak meremehkan orang yang mencari beasiswa dan mencari ilmu.

"€œPendidikan anak-anak kita adalah tanggung jawab kita sendiri, dan ADI berusaha untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak Indonesia," ujarnya.

Ia mengutip dari perkataan Bung Karno, "Berikan saya 7 pemuda, maka akan saya guncangkan dunia," 

Ia juga menyebutkan bahwa ilmu, network, watak dan peluang adalah hal yang harus disiapkan, karena masa depan Indonesia tidak lagi bergantung dengan alam. Dino mencontohkan Tiongkok yang sekarang berhasil maju, itu karena inovasi bukan lagi sebagai etos, tetapi bangsa mereka lah yang menjadi inovasi. 

Ia berharap untuk para peserta pencari beasiswa yang akan menimba ilmu diluar negeri, agar nantinya tetap selalu merah putih dan berijiwa nasionalis supaya dapat membangun Indonesia menjadi lebih hebat. 

Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia, Sutarto Hadi juga ikut memberikan sambutannya di pembukaan FBN 2018, "€œTidak mungkin saya menjadi rektor kalau saya tidak mendapatkan beasiswa dari pemerintah,"€ ungkapnya. 

"€œTahun depan LPDP akan mengeluarkan dana sebesar Rp 55 triliun untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia," ujar DR. Phill Kamaruddin Amin, MA dalam sambutannya di pembukaan FBN 2018.

  

Peresmian pembukaan Festival Beasiswa Nusantara Hari Ke-2 ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPD RI, DR. Nono Sampono, SPI, MSI yang dilanjutkan dengan penyerahan Beasiswa Pahlawan Tanpa Tanda Jasa senilai Rp 2 miliar kepada 4 orang Putra Putri Daerah.

  

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini 

Penulis : Icha RF