Workshop on Publishing Qualitative Research FIKES UHAMKA - KoranMu
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Workshop on Publishing Qualitative Research FIKES UHAMKA

Menjawab tantangan penulisan artikel kualitatif ilmiah, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan kegiatan workshop dengan topik "Workshop on Publishing Qualitative Research" ya…


Menjawab tantangan penulisan artikel kualitatif ilmiah, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan kegiatan workshop dengan topik "Workshop on Publishing Qualitative Research" yang diselenggarakan di Meeting Room Hotel Aston Priority, Jakarta, 27 November 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan International Conference on Social Determinats Health yang akan diselenggarakan 28 November 2018.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Ony Linda, M.Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dalam sambutannya, Ibu Ony Linda menyampaikan beberapa hal mengenai kondisi Indonesia dan khususnya Kota Jakarta saat ini. Diakhir sambutannya beliau berharap para peserta dapat belajar dan memahami dengan baik mengenai metode penelitian kualitiatif yang akan disampaikan oleh pembicara.


Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ahmed Ragab selaku pembicara dari Universitas Al-Azhar, dan dimoderatori oleh ibu Dra. Emma Rachmawati, MPH.  Dalam pemaparannya Prof. Dr. Ahmed Ragab menyampaikan materi terkait penelitian berbasis metode kualitatif yang disertai dengan langkah-langkah dalam pembuatan metode tersebut. Metode kualitatif memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode kuantitatif. Beberapa kelebihan metode kualitatif adalah menjawab pernyataan penelitian tanpa harus menguji hipotesis, mendapatkan hasil yang lebih mendalam dan fleksibel. Penggalian informasi yang dipraktikan dalam kegiatan berupa Focus Grup Discussion (FGD) yang dalam praktiknya  Prof. Dr. Ahmed Ragab   mengajak beberapa peserta workshop untuk latihan melakukan Fokus Grup Discussion.

Selain memberikan materi,  Prof. Dr. Ahmed Ragab melakukan stimulasi Focus Group Discussion dengan topik terkait "Hal yang dihadapi Wanita Karir dalam berumah tangga" yang selanjutnya didiskusikan dalam kegiatan tersebut. Setelah acara Focus Group Discussion selesai, kegiatan workshop ini ditutup kegiatan GERMAS (gerakan masyarakat sehat) berupa senam pinguin. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada Prof. Dr. Ahmed Ragab dan melakukan foto bersama. 

Penulis: Panitia ICSDH