Page Nav

HIDE

Update

latest

Waketum PAN: Konsultan Asing di Pilpres Bukan Hal Negatif

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menilai, informasi yang mengatakan Pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf menggunakan jasa konsult...


Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menilai, informasi yang mengatakan Pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf menggunakan jasa konsultan asing Stanley Greenberg saat ini belum diketahui kebenarannya. Sebab belum ada bukti yang mengarah ke sana.

"Saya enggak tahu, enggak ada buktinya saya pikir," kata Bara, Rabu 6 Januari 2019.

Menurut Bara, penggunaan jasa konsultan politik asing untuk suatu event pemilu sudah menjadi hal yang lumrah. Sejauh ini, menggunakan jasa konsultan asing bukanlah hal yang negatif.

"Bisa aja masing-masing kandidat ini menggunakan konsultan asing, itu kan biasa. Bukan sesuatu yang negatif," ujarnya

Saat ini, proses demokrasi RI menuju ke arah proses demokrasi yang modern. Saat ini, seorang kandidat calon pemimpin menyewa jasa konsultan politik asing untuk memenangkannya itu adalah bagian dari kampanye modern. "Saya pikir itu hal yang biasa. Dalam  kampanye modern ini kan biasa," terang Bara.


Sebelumnya, kabar keterlibatan konsultan asing muncul di Pemilu 2019. Bahkan, kubu Jokowi menuding tim Prabowo menggunakan konsultan politik dan strategi asing dalam Pilpres 2019, seiring munculnya pernyataan Jokowi mengenai propaganda Rusia.

Kubu Prabowo juga menyerang balik dengan menyebut Jokowi juga menggunakan jasa konsultan politik asal Amerika Serikat, Stanley Greenberg di Pilpres 2019. 

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto sudah membantah sindiran Jokowi menggunakan jasa konsultan politik asing. Meski Prabowo punya banyak kenalan di luar negeri, termasuk Rusia, bukan berarti terkait konsultan politik. Ia menekankan, orang asing tak paham dengan dinamika politik di Tanah Air.

Sementara kubu Jokowi juga membantah punya konsultan politik asing. Tuduhan keterlibatan Stanley Greenberg, ahli strategi politik dan peneliti asal negeri 'Paman Sam' itu pernah muncul saat Pemilu 2014. Begitu juga di Pilpres 2019, tuduhan yang tak berdasar itu kembali muncul untuk mengalihkan perhatian publik. (mus)

Sumber berita:https://www.viva.co.id/pemilu/berita-pemilu/1118516-waketum-pan-sebut-sewa-konsultan-asing-di-pilpres-bukan-hal-negatif

Tidak ada komentar