Page Nav

HIDE

Update

latest

Pandemi Membangkitkan Rasa Peduli untuk saling Berbagi

  Penyaluran Bantuan mahasiswa Selama Pandemi Pandemi Covid 19 yang Melanda Berbagai Belahan Dunia Memberikan dampak Negatif Bagi Dunia Kese...

 
Penyaluran Bantuan mahasiswa Selama Pandemi
Pandemi Covid 19 yang Melanda Berbagai Belahan Dunia Memberikan dampak Negatif Bagi Dunia Kesehatan, perekonomian dan munculnya berbagai Perubahan  Sosial bagi Kehidupan Masyarakat termasuk Indonesia. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah Penularan yang lebih luas seperti Penerapan  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahun 2020 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditahun 2021.
Dampak kedua kebijakan tersebut ternyata memiliki dampak yang tidak kalah hebatnya dari sisi ekonomi, karena aktivitas ekonomi masyarakat juga semakin terganggu dan melahirkan jumlah orang yang tidak mampu semakin bertambah setiap harinya. 

Berbagai Kalangan Baik pemerintah maupun Organisasi Kemasyarakatan termasuk Pihak Perguruan tinggi seakan Berlomba untuk ikut bergotong royong dan terlibat Aktif dalam Membantu Meringankan Beban Masyarakat yang kurang Mampu tersebut, Berbagai Bantuan dari Pemerintah dikucurkan melalui berbagai Skema termasuk salah satunya adalah Bantuan Sosial yang langsung diserahkan kepada Masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19. Namun aktivitas  ini dirasa oleh berbagai kalangan belum maksimal akibat adanya pihak tertentu yang melakukan penyalahgunaan wewenang sehingga Masyarakat tidak terayomi secara Maksimal. 

Pada awal Tahun 2020  Kalangan Perguruan tinggi seperti Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. Sebagai Amal Usaha Muhammadiyah Berhasil menyalurkan  Bantuan dalam bentuk program khusus pandemi yang dikemas oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat ( LPPM UHAMKA)  dan berhasil mengumpulkan dan Mengucurkan dana Sebesar Satu Milyar Rupiah yang di saluran di Wilayah Jabodetabek Dengan Skema Bantuan Sosial dan edukasi penanganan Covid 19.

Kemudian pada tahun 2021 Giliran Para Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis  UHAMKA yang ikut terlibat secara Mandiri Mengumpulkan donasi
Untuk Berbagi Bantuan dimasa pandemi. Para mahasiswa tersebut diberi kesempatan untuk terjun langsung ke lingkungan masyarakat ditempat yang sudah ditetapkan untuk melihat keadaan masyarakat yang terdampak dimasa pandemi ini. Ada beberapa tahapan yang dilakukan Mulai dari proses perencanaan Kegiatan yang dilakukan, kemudian survei ke lokasi tempat tujuan pengabdian, kemudian para mahasiswa diminta untuk melakukan penggalangan dana dengan cara menyebarkan pamflet melalui berbagai Platform media sosial yang dimiliki oleh para mahasiswa tersebut, kemudian ditambah dengan meminta bantuan langsung kepada teman dan kerabat mahasiswa yang Bersedia untuk ikut Membantu kegiatan yang sudah direncanakan tersebut.

Tahapan Kegiatan mulai  dilaksanakan pada 05 Agustus 2021 dengan salah satu lokasi pengabdian adalah Panti Asuhan Keluarga Aisyiyah Kalipasir yang yang dibina oleh race tobing  di kawasan  Jl. Kalipasir Gg. Eretan No.45, RT.10/RW.8, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340 dan akan berakhir pada tanggal  31 Agustus 2021.


Sesuai waktu yang ditetapkan oleh Tim yang terdiri dari Para mahasiswa Kelompok PKM 22 tahun 2021
yang beranggotakan 10 orang yaitu : Rendhika Dwi Putra ketua sebagai ketua tim dan Beranggotakan Achmad Nur Rafi - Muhammad Wildan Ramadhan - Rhido Sukma - Sri Nurhayati - Dwiajeng Puspitasari - Nurul Mulyana - Yunita Fresillia - Ghina Thahiroh - Afiyatul Janah dengan dibimbing oleh seorang dosen  yang sudah ditunjuk oleh pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. pada tahap ini tim darivMahasiswa tersebut berhasil mengumpulkan dana Sebesar Rp 1.256.000 yang kemudian  dibelanjakan sesuai kebutuhan dan dikemas dalam bentuk berbagai jenis sembako.  

Sebagai mana keterangan yang didapatkan dari Rendika Sebagai Ketua tim, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA terhadap masyarakat dimasa pandemi Covid-19 dan  bantuan yang  diberikan ini diharap bisa memberikan manfaat walaupun jumlahnya tidak begitu besar namun ini Sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, Rendika dan tim merasa kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi mereka, karena dimasa pandemi ini  sekelompk mahasiswa yang belum tentu juga berkecukupan masih bisa peduli dan berbagi dengan Masyarakat, salah satunya bagi anak-anak panti asuhan dikawasan Jakarta Pusat tersebut. 

Melihat beberapa aktivitas yang dilakukan oleh berbagai kalangan termasuk aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa diatas Penulis menyarankan kepada semua kalangan untuk memberikan Apresiasi atas Rasa peduli dan Gotong royong selama pandemi yang terus bertumbuh, bukan hanya diantara kaaum yang berkecukupan atau hanya bagi kalangan pemerintah selaku pemangku kebijakan, Namun Rasa peduli dan Berbagi itu bisa juga dilakukan dan tumbuh ditengah  Masyarakat yang saling Membutuhkan. 

Semoga dimasa Mendatang Semakin Banyak Pihak yang Peduli terhadap sesama walaupun kondisi yang dialaminya sama-sama dalam keadaan yang Memprihatinkan. 

Penulis: Pahmah Habibi, SE., MM.
Dosen FEB UHAMKA sekaligus Pembimbing Kelompok 22.

Tidak ada komentar