Page Nav

HIDE

Update

latest

Pelatihan Pembuatan E-Modul di SMA Budhi Warman

Pelatihan Pembuatan E-Modul Dosen Program studi Pendidikan Bahasa Inggris UHAMKA Mengadakan Pelatihan Pembuatan e-modul  bagi guru pengampu ...

Pelatihan Pembuatan E-Modul
Dosen Program studi Pendidikan Bahasa Inggris UHAMKA Mengadakan Pelatihan Pembuatan e-modul  bagi guru pengampu semua mata pelajaran di SMA Budhi Warman II  Pada Rabu Akhir Juli yang lalu secara Daring. 

Neti Hartati, M.Pd. Ketua tim PKM Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menjelaskan bahwa "Program Kemitraan Masyarakat ini dibuat dalam bentuk pelatihan pembuatan modul berbasis digital atau e-modul di SMA Budhi Warman II sebagai sekolah mitra. Mengingat pembatasan kegiatan Masyarakat acara pelatihan ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom." Ungkapnya. 

"Pelatihan ini diadakan sesuai dengan hasil ‘need analysis’ atau analisis kebutuhan di sekolah mitra pada masa pandemi ini dimana para guru di sekolah mitra menghadapi kesulitan dalam penyampaian materi ajar kepada para peserta didik mereka di sekolah. Hal ini disebabkan oleh berpindahnya proses belajar mengajar dari tatap muka di sekolah menjadi online atau daring melalui media Zoom di sekolah mitra" Jelas Neti. 

Lebih lanjut Neti Hartati yang juga mengampu mata Kuliah Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA  ini menjelaskan bahwa "Pelatihan pembuatan e-modul ini dimaksudkan untuk membekali semua guru di sekolah mitra pengampu mata pelajaran di  SMA Budhi Warman II agar memiliki pengetahuan dan juga keterampilan tentang struktur isi sebuah modul yang baik dan cara menggunakan aplikasi e-book creator untuk membuat e-modul." Sambungnya. 

"Isi materi tersebut diberikan sesuai dengan hasil respon para guru peserta pelatihan dalam Pre-test yang diberikan dimana sebagian besar mereka menyatakan belum pernah membuat modul dan belum mengetahui struktur isi sebuah modul serta belum mengetahui aplikasi untuk membuat e-modul dan cara penggunaannya. Oleh karena itu dibutuhkan pengadaan e-modul atau modul berbasis digital yang dapat dengan mudah diunggah di website sekolah untuk selanjutnya dapat diunduh oleh para peserta didik, " jelas Neti. 

Penyelenggaraan pelatihan yang disokonh oleh LPPM UHAMKA ini dibuka oleh Kepala Sekolah  SMA Budhi Warman II dan dihadiri oleh para guru di sekolah tersebut serta melibatkan dua orang narasumber yaitu Neti Hartati, M.Pd. yang merupakan Ketua tim PKM dan juga narasumber ke dua yaitu Dr. Ir. Suciana Wijirahayu, M.Pd. sebagai anggota tim PKM.    

Tidak ada komentar