Page Nav

HIDE

Update

latest

Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengantar Ilmu Ekonomi   Teori Ilmu Ekonomi Mikro Teori Ekonomi Mikro Teori ekonomi mikro dapat diartikan sebagai ilmu e...

Pengantar Ilmu Ekonomi

http://farm5.staticflickr.com/4540/  

Teori Ilmu Ekonomi Mikro

  1. Teori Ekonomi Mikro
Teori ekonomi mikro dapat diartikan sebagai ilmu ekonomi kecil. Mengapa disebut demikian? Karena teori ekonomi mikro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Ada 3 aspek yang dianalisis oleh teori ekonomi mikro, yaitu:
  1. Interaksi di pasar barang.
Adanya  interaksi antara penjual dan pembeli. Melalui interaksi penjual dan pembeli, pasar akan menentukan harga permintaan dan harga penawaran. Melalui interaksi tersebut penjual  akan menentukan tingkat harga suatu barang dan jumlah barang yang diperjual belikan.
  1. Tingkah laku pembeli dan penjual.
Dalam analisis ini teori ekonomi memiliki 2 asumsi yang berbeda:
  • Para pembeli dan penjual menjalankan kegiatan ekonomi mereka secara tawar-menawar harga sesuai dengan kesepakatan.
  • Para pembeli berusaha memaksimalkan kepuasan yang mungkin di nikmatinya, sedangkan para penjual berusaha memaksimalkan keuntungan yang akan diperolehnya dari kendala-kendala yang dimilikinya.
  1. Interaksi di pasar faktor produksi.
Adanya interaksi penjual dan pembeli di faktor-faktor produksi. Individu dalam perekonomian yaitu pemilik faktor produksi. Mereka menawarkan faktor produksi untuk menmperoleh pendapatan. Maksud dari 3 asumsi diatas adalah bagaimana seorang pembeli menggunakan sejumlah pendapatannya untuk membeli keperluan hidupnya dan terjadinya harga tawar menawar barang dan jasa antara penjual dengan pembeli agar mendapatkan keuntungan satu sama lain. Dengan demikian mikroekonomi merupakan sebatas aktivitas yang dilakukan oleh individu baik perorangan, rumah tangga, perusahaan ataupun perusahaan industri. Jadi mikroekonomi adalah suatu analisis bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap sekian macam barang dan jasa yang dibutuhkan, sehingga akan mendapatkan suatu kepuasan tersendiri.
  1. Pengertian Ilmu ekonomi.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku masyarakat yang membuat pilihan menggunakan sumber-sumber terbatas. Dengan cara terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang relatif tidak terbatas.  
  1. Kelangkaan ( Scarcity )
Keterbatasan pasokan barang dan jasa menyebabkan banyak hal terasa langka (scarce). Kelangkaan mencakup kualitas, kuantitas, tempat dan juga waktu. Suatu barang  tidak akan langka jika jumlah barang yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik, tidak rusak maupun kotor, tersedia dimana saja dan kapan saja apabila sedang dibutuhkan.
  1. Pilihan â€" pilihan ( Choices )
Manusia tidak akan pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan yang lainnya terus bertambah. Terbatasnya sumber daya tersedia dibandingkan kebutuhan menyebabkan manusia harus menentukan pilihan yang bersifat individu maupun bersama. Pilihan yang bersifat individu sepatu apa yang akan dipakai pada hari ini. Sedangkan pilihan kolektif misalnya kemana kita liburan akhir tahun nanti. Ada juga pilihan yang sangat sulit, misalnya mana yang harus kita dahulukan , nikah muda atau melanjutkan pendidikan.
  1. Biaya Kesempatan ( Opportunity Cost )
Biaya kesempatan yaitu suatu kesempatan untuk memperoleh sesuatu yang hilang karena kita telah memilih alternatif lain. Contohnya; suatu perusahaan sedang mempertimbangkan penanaman sejumlah uang kedalam bentuk tanah yang akan dimiliki untuk perluasan dimasa mendatang. Selain dapat ditanamkan kedalam bentuk tanah, sebenarnya dana tersebut juga dapat ditanamkan kedalam bentuk surat berharga yang memberikan hasil tinggi. Apabila tanah benar-benar jadi dibeli, maka biaya kesempatannya adalah penghasilan investasi yang dapat diperoleh apabila surat berharga dibeli.  
  1. Masalah ekonomi
Masalah ekonomi merupakan masalah sumber daya yang langka. Selama masalah yang dihadapi adalah alokasi sumber daya yang langka, maka ilmu ekonomi akan bermanfaat bagi kehidupan. Namun sebagaimana ilmu-ilmu yang lainnya, ilmu ekonomi hanyalah alat untuk memahami dan menganalisis keadaan yang dihadapi.
  1. Barang Apa Yang Harus Diproduksi dan Berapa Banyak?
Barang dan jasa memberikan banyak manfaat untuk konsumen dan juga untuk kehidupan yang lainnya. Pertanyaan barang apa yang harus diproduksi artinya barang apa yang harus disediakan dan berapa banyak agar kehidupan masyarakatnya meningkat.
  1. Bagaimana Cara Memproduksinya?
Setelah memutuskan barang dan jasa apa yang harus diproduksi? Pertanyaan selanjutnya adalah “bagaimana cara memproduksinya?” artinya bagaimana metode dan teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasanya. Dalam ilmu ekonomi teknologi merupakan faktor penting untuk memproduksi suatu barang. Tetapi teknologi tidak ditentukan oleh tingkat kecanggihan. Karena teknologi tinggi bukanlah satu-satunya pilihan. Hal yang sangat penting yaitu seperti skala produksi, kemampuan manajemen, kemampuan finansial dan sikap mental.  
  1. Barang dan Jasa.
Barang merupakan benda-benda yang berwujud yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yaitu beras, air, sayuran dan lain sebagainya. Sedangkan contoh barang yang akan digunakan untuk menghasilkan barang lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yaitu mesin jahit, mesin-mesin yang canggih ataupun tradisional dan bangunan pabrik.  
  1. Barang Ekonomi dan Barang Bebas.
Barang Ekonomi ( Economi Good ) merupakan jumlah barang yang tersedia lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan. Maksudnya yaitu jumlah barangnya terbatas dan juga langka. Memperolehnya juga dengan penuh pengorbanan. Karena dalam ilmu ekonomi istilah langka atau sedikit itu relatif. Jika jumlah 200 dapat kita katakan banyak, karena yang dibutuhkan hanya 50 saja, sedangkan 200.000 termasuk dibilang sedikit bila dibandingkan dengan kebutuhan masyaraktnya sebanyak 350.000. Dengan demikian, barang bebas merupakan barang yang tersedia dalam jumlah yang banyak ( tidak langka ) dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Tetapi, barang bebas dapat menjadi barang ekonomi karena ada perbedaan tempat dan waktu.  
  1. Barang Akhir, Barang Modal dan Barang Antara.
Barang akhir ( final good ) yaitu barang yang dihasilkan dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Barang akhir dibedakan menjadi 2, yaitu;
  • Barang tahan lama ( durable good ) misalnya perabot rumah tangga, kendaraan dan mesin-mesin pabrik.
  • Barang tidak tahan lama ( non-durable good ) misalnya makanan pokok, sayuran dan buah-buahan.
Barang modal ( capital good ) yaitu sebagian barang dihasilkan bukan untuk memenuhi kebutuhan konseumen, tetapi untuk menghasilkan barang-barang yang lain. Misalnya bangunan pabrik. Sedangkan barang antara ( intermediate good ) yaitu barang-barang yang akan diproses kembali sebelum dapat digunakan oleh konsumen. Misalnya besi baja dan bahan tekstil.  
  1. Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi?
  1. Untuk memperbaiki cara berpikir yang membantu dalam pengambilan keputusan. Karena harta yang sangat berharga dalam diri manusia adalah pikiran. Dengan pikiran kita mampu menganalisis. Kemampuanitu pula mampu yang memungkinkan manusia terus menerus meningkatkan kualitas hidupnya.
  2. Untuk membantu memahami masyarakat. Menurut ilmu ekonomi interaksi manusia terjadi lewat pertukaran ( pasar ). Melalui interaksi pertukaran manusia dapat mengatasi kelangkaan dengan mengembangkan teknologi yang lebih canggih.
  3. Membantu memahami masalah-masalah internasional. Ditingkat internasional interaksi antarindividu secacar langsung jarang terjadi. Maka dari itu kita harus mengetahui kenapa kita belajar ilmu ekonomi.
  4. Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasi. Demokrasi sangat penting dalam rangka memperbaiki proses alokasi sumber dayanya. Karena lebih mencerminkan pendapat masyarakat kebanyakan. Tidak heran apabila dimasyarakat maju para calon pemimpin yang akan dipilih harus mampu menjelaskan rancangan ekonom mereka.
    Nama      : Hanum Maulida NIM         : 1706015207 Sumber:  https://plus.google.com/114106165169469711807/posts/HE9QSyEYZZn http://www.pengertianku.net/2015/07/pengertian-ekonomi-mikro-dan-contohnya.html Gambar  : http://agroeconomica.pe/  

Tidak ada komentar