Page Nav

HIDE

Update

latest

BASIC LIFE SUPPORT BAGI GURU PAUD DEPOK

Dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat FIKES UHAMKA, tim dosen D3 Teknik Kardiovaskular telah melaksanakan Pelatihan _Basic Life Supp...



Dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat FIKES UHAMKA, tim dosen D3 Teknik Kardiovaskular telah melaksanakan Pelatihan _Basic Life Support_ (BLS) bagi guru PAUD se-Kecamatan Sukmajaya Kota Depok pada hari Ahad 29 April 2018 bertempat di PAUD Simba Kelurahan Mekarjaya.

Pelatihan yang diketuai oleh dr Ahmad Jamaluddin, MKes dan dr Hidayani Fazriah, MARS sebagai anggota  bekerjasama dengan tim dokter dari Bulan Sabit Merah Indonesia - Jakarta Raya (BSMI-Jakarta Raya) selaku Instruktur BLS Nasional dan HIMPAUDI Kecamatan Sukmajaya. Para peserta yang mewakili guru PAUD di bawah naungan HIMPAUDI Sukmajaya Kota Depok dilatih untuk bisa melakukan pertolongan pertama saat menemukan seseorang yang tiba-tiba tersedak dan tidak bisa bernafas baik pada usia bayi, anak maupun dewasa.

Peserta juga dilatih memberikan Bantuan Hidup Dasar (BLS) pada pasien yang ditemukan tidak sadar dan sudah tidak bernafas.. Pertolongan dilakukan dengan memberikan Resusitasi Jantung-Paru (RJP). Teknik Resusitasi Jantung-Paru (RJP) dilakukan dengan kompresi jantung 30 kali lalu diikuti dengan 2 kali bantuan pernafasan jika memungkinkan. Teknik tersebut dilakukan berulang-ulang hingga pasien bernapas kembali, atau hingga bantuan datang, atau hingga Relawan tidak sanggup lagi melakukan resusitasi. Teknik RJP pada bayi dan anak berbeda tekniknya dibandingkan dengan teknik RJP pada dewasa.

Pelatihan ini sangat berguna bagi guru PAUD dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di masyarakat terutama untuk menumbuhkan keberanian dalam melakukan BLS dengan teknik yang benar.

Dengan mengikuti pelatihan ini peserta yang semula tidak tahu apa yang harus dilakukan saat menemukan korban tersedak atau tidak sadar menjadi tahu dan mampu melakukan langkah-langkah pemberian bantuan hidup dasar (Basic Life Support-BLS).

Tidak ada komentar