Page Nav

HIDE

Update

latest

Turki Sambut Baik Undang-undang Otonomi Bagi Muslim Moro Filipina

Turki Sambut Baik Undang-undang Otonomi Bagi Muslim Moro Filipina Bangsamoro Turki Sambut Baik Undang-undang Otonomi Bagi Muslim...

Turki Sambut Baik Undang-undang Otonomi Bagi Muslim Moro Filipina

Bangsamoro

Turki Sambut Baik Undang-undang Otonomi Bagi Muslim Moro Filipina

Ini adalah pencapaian bersejarah untuk mencapai perdamaian, stabilitas dan kemakmuran yang adil dan abadi di Bangsamoro

Turki Sambut Baik Undang-undang Otonomi Bagi Muslim Moro FilipinaANADOLU AGENCY/MAHMUT ATANURAnak-anak Muslim Moro berpose untuk difoto di Cotabato, Filipina pada 26 Juli 2018. Presiden Filipina Rodrigo Duterte meratifikasi Undang-undang Otsus Bangsamoro (Bangsamoro Organic Law) yang diusulkan. Referendum ini diharapkan akan diadakan di wilayah Moro Muslim, tidak lebih awal dari 90 hari dan tidak lebih dari 150 hari setelah efektifitasnya.

SERAMBINEWS.COM, ANKARA - Turki pada hari Jumat (27/7/2018) memuji undang-undang baru yang membuka jalan bagi otonomi komprehensif Muslim Moro di Filipina, dan memuji itu sebagai "bersejarah."

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa Turki menyambut "keberhasilan proses legislatif mengenai UU Organik Bangsamoro dan penandatanganannya oleh presiden Filipina, Rodrigo Roa Duterte."

“Kami memuji upaya pemerintah Filipina, Front Pembebasan Islam Moro (MILF) dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelesaikan legislasi bersejarah ini yang bertujuan untuk menciptakan entitas politik baru yang dikenal sebagai 'Daerah Otonom Bangsamoro di Mindanao Muslim.'

(Baca: Wali Nanggroe Malik Mahmud Terima Kunjungan Puluhan Muslim Moro Filipina)

(Baca: MILF Moro Belajar Perdamaian ke Aceh)

Warga Muslim Moro melaksanakan shalat di salah satu masjid di Cotabato, Filipina pada 26 Juli 2018. Presiden Filipina Rodrigo Duterte meratifikasi Undang-undang Otsus Bangsamoro (Bangsamoro Organic Law) yang diusulkan. Referendum ini diharapkan akan diadakan di wilayah Moro Muslim, tidak lebih awal dari 90 hari dan tidak lebih dari 150 hari setelah efektifitasnya. (ANADOLU AGENCY/MAHMUT ATANUR)

"Dengan kemauan politik dan visi dari pihak-pihak terkait, titik kritis dalam proses perdamaian telah dilalui," kata pernyataan itu.

"Ini adalah pencapaian bersejarah,& quot; untuk mencapai "perdamaian, stabilitas dan kemakmuran yang adil dan abadi di Bangsamoro," kata kementerian itu.

“Undang-undang Organik Bangsamoro juga menghadirkan peluang berharga untuk mengatasi akar penyebab ekstremisme dan terorisme kekerasan dan dengan demikian menawarkan janji masa depan yang lebih baik bagi rakyat Bangsamoro,” kata pernyataan itu.

"Turki akan terus mendukung proses perdamaian serta pembangunan sosial dan ekonomi wilayah tersebut dalam periode mendatang."

Hukum Organik Bangsamoro

Komunitas Muslim yang tinggal di Mindanao, Kepulauan Palawan, dan Kepulauan Sulu di Filipina selatan dan pulau-pulau lain disebut Moro.

Undang-undang menyediakan untuk meningkatkan pendapatan hukum dan ekonomi dari Muslim di wilayah tersebut, memberikan otonomi yang lebih komprehensif bagi mereka yang tinggal di pulau-pulau di sekitar Mindanao, yang memiliki populasi Muslim yang besar.

Dengan pera turan baru, Bangsamoro - sebuah istilah kolektif untuk Muslim Filipina - pemerintahan otonom akan dibentuk.

Pemerintah pusat akan menyerahkan kekuasaan administratif di Mindanao kepada pemerintah Bangsamoro.(Anadolu Agency)

Editor: Zaenal Ikuti kami di Sumber: Google News Muslim Network: Koranmu Indonesia

Tidak ada komentar