Page Nav

HIDE

Update

latest

Pemkab dan Muhammadiyah Sleman Sepakat Tingkatkan Pelayanan

Pemkab dan Muhammadiyah Sleman Sepakat Tingkatkan Pelayanan REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dan Majelis ...

Pemkab dan Muhammadiyah Sleman Sepakat Tingkatkan Pelayanan

Siswa sekolah dasar (ilustrasi)
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sleman mendiskusikan penguatan kebijakan pendidikan. Hasilnya, mereka sepakat meningkatkan penyelenggarakan pendidikan di Kabupaten Sleman.
Diskusi diikuti setidaknya 30 orang peserta yang terdiri dari berbagai unsur mulai perwakilan OPD-OPD Kabupaten Sleman, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, PDM Kabupaten Sleman dan unsur-unsur lain.

Kegiatan menghadirkan sejumlah narasumber Mulai Bupati Sleman Sri Purnomo, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Sri Wantini, sampai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Tasman Hamami.
Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Kabupaten Sleman, Suwadi mengatakan, salah satu tujuan diskusi ini untuk memperkuat komitmen penyelenggaraan pendidikan. Baik oleh pemerintah maupun masyarakat.
"Kami berbagai wawasan tentang kebijakan penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah dan oleh masyarakat dalam penataan kepala sekolah, penilaian dan penerimaan peserta didik baru," kata Suwadi.
Bupati Sleman, Sri Purnomo, menyambut baik diselenggarakannya diskusi itu. Penguatan Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan oleh Masyarakat pada Sekolah Muhammadiyah Daerah Sleman jadi tajuk utama bahasan.
"Ini merupakan langkah positif untuk terus memajukan pendidikan bagi anak-anak kita," ujar Sri.
Sri menilai, diskusi turut meiliki fungsi yang sangat strategis mengevaluasi sejauh mana penyelenggaraan pendidikan sekolah-sekolah Muhammadiyah. Khususnya, yang ada di Kabupaten Sleman saat ini.
Kegiatan ini dirasa merupakan kesempatan yang baik pula untuk melihat lagi kekurangan-kekurangan yang masih ada. Sekaligus, menggali ide-ide memperbaiki kekurangan dalam usaha meningkatn mutu pendidikan.
Lebih lanjut, Sri menekankan komitmen Pemkab Sleman untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan. Termasuk, misi kedua Kabupaten Sleman yaitu meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan berkualitas dan menjangkau bagi semua.
Ia sempat memaparkan pula strategi-strategi dalam mewujudkan misi bidang pelayanan pendidikan itu meliputi tiga usaha. Pertama, memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat.
Terutama, untuk meningkatkan pendidikan dengan arah kebijakan peningkatan partisipasi sekolah kepada anak usia sekolah. Kedua, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan pelayanan pendidikan.
"Dengan arah kebijakan peningkatan kualifikasi dan sertifikasi guru dan peningkatan standar sekolah," kata Sri.
Usaha terakhir, lanjut Sri, meningkatkan pendidikan budi pekerti dengan arah kebijakan pembentukan desa berkarakter dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan permasalahan sosial. Sri mengklaim, usaha-usaha itu berhasil mendorong peningkatan angka melek huruf, peningkatan angka partisipasi sekolah, peningkatan kualitas guru serta menurunkan angka putus sekolah di Kabupaten Sleman.

Sumber: Google News Indonesia | Koranmu Indonesia

Tidak ada komentar