PKM Margahayu Raya Mengadakan Gathering Prolanis Di Tasikmalaya - KoranMu
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

PKM Margahayu Raya Mengadakan Gathering Prolanis Di Tasikmalaya

PROLANIS merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta B…


PROLANIS merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Salah satu Fasilitas Kesehatan yang memiliki Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah Puskesmas Margahayu Raya di Kota Bandung Jawa Barat.

Puskesmas Margahayu Raya mengutamakan pelayanan, pemberdayaan kesehatan masyarakat dan kepuasan pelanggan serta selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan profesionalisme sumber daya manusia untuk mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri.

Aktivitas dalam Prolanis meliputi konsultasi medis/edukasi, Home Visit, Reminder, aktivitas klub dan pemantauan status kesehatan. Aktivitas klub yang dilakukan Prolanis Puskesmas Margahayu Raya antara lain senam lansia dan piknik.

Pada Hari Kamis (8/11) Prolanis Puskesmas Margahayu Raya mengadakan acara gathering Prolanis ke kampung hawu, Sukaresik, Tasikmalaya.

Acara gathering Prolanis tersebut dihadiri oleh salah satu caleg DPRD Kota Bandung yaitu Ani Setiani. Ia menyambut baik kegiatan yang dilakukan Prolanis PKM Margahayu Raya tersebut.

"Kegiatan ini sangat positif, silaturahmi sesama anggota prolanis diharapkan dapat menambah semangat untuk menciptakan kualitas hidup lebih baik" ungkap caleg Dapil V nomor urut 3 DPRD Kota Bandung.


Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan tujuan Prolanis yaitu mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal.

Sasaran PROLANIS adalah Seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi). Dimana sebagian besar merupakan masyarakat yang lanjut usia seperti para pensiunan. Begitu juga dengan peserta gathering Prolanis PKM Margahayu Raya di Tasikmalaya, rata-rata berusia lanjut.

"Sekarang ini perhatian kelihatan lebih fokus kepada kaum milenial, tapi kita juga tidak boleh mengabaikan kaum lansia, salah satunya dengan memperhatikan kesehatannya" tutur Caleg Perempuan dari PAN.

Banyak kegiatan yang telah dilakukan PKM Margahayu Raya yang berada di Jalan Pulto 54. untuk mensukseskan Program Prolanis ini, diantaranya pemeriksaan lab, penyuluhan dan senam, kita juga menyelenggarakan gerak jalan, piknik, outbond, yang diselenggarakan untuk membuat peserta Prolanis lebih rileks dan senang.

"Harapan kedepannya Pemerintah dapat membantu untuk kegiatan Prolanis diluar penyuluhan”, tutup Ani Setiani kepada pihak koranmu.com.