KPUD Depok Libatkan Hansip dalam Pemilu 2019 - KoranMu
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

KPUD Depok Libatkan Hansip dalam Pemilu 2019

Sedikitnya 11.508 personel Lindungan Masyarakat (Linmas) atau yang kondang disebut Hansip akan membantu pengamanan Pemilu 2019 pada (17/4/2019) mendatang di Kota Depok.

Ketua KPUD Depok, Nana Shobarna mengatakan jumlah tersebut d…



Sedikitnya 11.508 personel Lindungan Masyarakat (Linmas) atau yang kondang disebut Hansip akan membantu pengamanan Pemilu 2019 pada (17/4/2019) mendatang di Kota Depok.

Ketua KPUD Depok, Nana Shobarna mengatakan jumlah tersebut dipastikan bertambah karena sampai sekarang Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Depok perbaikan tahap dua belum disahkan.

"Minimal ada 11.508 Linmas di Depok yang ikut membantu pengamanan di Pemilu 2019 nanti. Kita belum tahu jumlah pastinya karena sampai sekarang DPT perbaikan tahap dua belum disahkan. Ini perhitungan awal dengan memakai data yang pertama saja," kata Nana di KPUD Depok, Senin (3/12/2018).

Jumlah Hansip yang dikerahkan membantu pengamanan berdasar dari data awal KPUD Depok terhadap keseluruhan TPS di Depok, yakni 5.754.

Nana menuturkan, KPU RI menyebut Hansip sebagai Petugas Keamanan dan Ketertiban yang berperan membantu pengamanan di TPS bersama dengan Polisi dan TNI.

"Kalau KPU menyebut Linmas itu Petugas Keamanan dan Ketertiban. Mereka ikut membantu Polisi dan TNI menjaga keamanan di setiap TPS. Satu TPS dijaga dua Linmas," ujarnya.

Setelah DPT perbaikan tahap dua disahkan, belasan ribu Hansip akan mendapat pembinaan dari KPUD, Satpol PP, dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok.

Selain itu, Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang terdiri tujuh orang di setiap TPS turut memberi pembinaan cara penyelenggaraan Pemilu 2019.

"KPU pasti memberikan sosialisasi, karena itu kewajiban kita. Tapi kita bantuan Satpol PP dan Kesbangpol juga. Karena Linmas itu dibina Satpol PP. Nanti anggota PPK, PPS, dan KPPS juga akan membantu pembinaan," tuturnya.

Sumber: http://jakarta.tribunnews.com/2018/12/03/belasan-ribu-hansip-bakal-dilibatkan-dalam-pengamanan-pemilu-2019-di-depok#gref.