Page Nav

HIDE

Update

latest

Pemilih Pemula 'Goes to School', Pendidikan Politik Untuk Millenial Jelang Pemilu 2019

Apel dan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula 'Goes to School' dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik K...



Apel dan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula 'Goes to School' dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Barat di SMA Negeri 2 Sendawar. Kegiatan ini diikuti ratusan siswa dan siswi dipimpin langsung Sekretaris Kabupaten Drs Yacob Tullur MM.

Tujuan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada siswa sebagai pemilih pemula tentang Pemilu Legislatif dan Pilpres pada April 2019 mendatang, Senin (4/2). Dalam sambutan tertulis Bupati FX Yapan SH yang dibacakan Sekda Yacob Tullur MM menyatakan, kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula sebagai bentuk pembinaan atau pembelajaran politik dalam rangka membangun kesadaran berpolitik yang memadai dalam pengambilan keputusan dan penggunaan politik secara sadar dan rasional.

Selain itu juga untuk meningkatkan peran serta kita semua dalam mensukseskan Pemilu Serentak 2019 tanpa terkecuali secara khusus bagi pemilih pemula. Bupati menambahkan, perhelatan akbar Pesta Demokrasi Pilpres dan Pileg serentak seluruh Indonesia. Berbagai usaha serta upaya dilakukan guna suksesnya pelaksanaan pemilu.

Pemkab Kutai Barat pun turut ambil bagian dalam mensukseskan agenda rutin 5 tahunan ini dengan berbagai kegiatan serta kebijakan yang berkaitan dengan suksesnya penyelenggaraan Pemilu di Kutai Barat.

Salah satu kegiatan pendukung melakukan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang telah memiliki hak pilih pada usia 17 tahun sesuai Surat Edaran Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Nomor 200/3177/Polpum tanggal 16 Agustus 2016 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Politik.

Perlu diketahui pendidikan politik memiliki peran penting sebagai bagian dalam memperkuat konsolidasi demokrasi Indonesia. Memenuhi tujuan dimaksud Pemkab Kubar melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik dengan beberapa lokus, dan hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan di SMA Negeri 1 Sendawar.

Selanjutnya akan dilaksankan di SMA Negeri 2 Sendawar, SMA Negeri 3 Kecamatan Sekolaq Darat dan SMA Negeri 1 Kecamatan Linggang Bigung.

Bupati mengharapkan pemilih pemula yang sebagian besar terdiri dari pelajar ini dapat menggunakan hak pilihnya secara baik. Selain itu, dengan dilaksanakan sosialisasi ini juga, para pelajar mampu untuk mengenal para calon pemimpin yang tidak hanya memiliki kapasitas dan integritas sebagai tokoh tapi juga memiliki visi dan misi dalam memajukan pembangunan nasional.

Sekda Pemkab Kubar Yacob Tullur menambahkan, kaum millenial ini merupakan kader-kader bangsa. Untuk menetapkan pemimpin bangsa ini, kaum millenial diharapkan ke dapan, semakin tahun semakin dewasa dalam politik. Oleh sebab itu harapannya, semua menentukan hak-hak pilih mengutamakan kaum milenial.


Sumber: http://kaltim.tribunnews.com/2019/02/05/sosialisasi-pendidikan-politik-sasar-anak-sma-ajak-pemilih-pemula-paham-saat-memilih.

Tidak ada komentar