Page Nav

HIDE

Update

latest

HIMMATIKA Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Kegiatan Math Days VI.

Cirebon - HIMMATIKA Universitas Muhammadiyah Cirebon mengadakan kegiatan Math Days VI dengan tema “Matematika Beraksi Wujudkan Generasi M...



Cirebon - HIMMATIKA Universitas Muhammadiyah Cirebon mengadakan kegiatan Math Days VI dengan tema “Matematika Beraksi Wujudkan Generasi Milenial Cerdas Menginspirasi Menyongsong Industri 4.0” yang dilaksanakan pada 15-16 April 2019. Kegiataan ini diisi dengan pameran alat peraga, bimbingan teknologi software matematika, dan berbagai perlombaan. 

Kegiatan Math Days VI dibuka oleh Prof. Dr. H. Khaerul Wahidin, M.Ag selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon didampingi Kaprodi Matematika Rifqi Hidayat, M.Pd., pada Senin (15/04/2019). 

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa perlombaan yaitu Lomba Cerdas Tangkas Matematika (LCTM) tingkat SD/MI yang dilaksanakan di aula lantai 3 gedung FKIP kampus 2 Universitas Muhammadiyah Cirebon. Lomba Cerdas Tangkas Matematika diikuti oleh 51 peserta dari 20 sekolah dan peserta Rangking 1 Matematika diikuti 23 peserta dari 10 sekolah.



Setelah melewati babak penyisihan, peserta yang masuk ke babak semi final serta membagi menjadi  4 ronde dengan cara mengundi, 1 ronde terdiri dari 4 peserta. Babak Semifinal dan Final LCTM tingkat SD/MI dilaksanakan pada Selasa (16/04/2019). Setiap pemenang dari 4 ronde babak semifinal masuk ke babak final dan dilombakan kembali. Putri Praharti sebagai Ketua Pelaksana mengumumkan pemenang LCTM tingkat SD/MI yaitu Juara 1: Raphael Eagan Angkawijaya dari SDK Penabur, Juara 2: Ratu Kiren Revanka J dari SDN Kebon Baru 4, Juara 3: Maeysha Annis Firly dari SDN Trusmi Kulon 1, dan Harapan 1: Fitri Chelsea Shafira dari SDN Kebon Baru 4.



Perlombaan lain dalam Math Days VI yaitu Rangking 1 Matematika tingkat SMA/K/Sederajat se wilayah III Cirebon dilaksanakan pada Selasa (16/04/2019). Rangking 1 Matematika ini menggunakan aplikasi quiziz. Peserta mengerjakan secara online dengan akses internet yang sudah disediakan oleh panitia. Sistem perlombaannya peserta melalui berbagai tahap dan tahap terakhir, Peserta dengan yang peringkat paling tinggi menjadi pemenang rangking 1 matematika. Nico Covalent dari SMAK Penabur, menjadi pemenang Rangking 1 Matematika. Kemudian disusul peringkat ke-2 Justin Williem dari SMAK Penabur sebagai harapan 1, dan peringkat ke-3 M Wildan AlGhifari dari SMK Informatika Al-Irsyad sebagai harapan 2.


Kegiatan Math Days VI tidak hanya untuk para siswa, tetapi juga untuk Guru pendamping. Para guru yang mendampingi siswanya berlomba mendapatkan bimbingan teknologi software matematika. BIMTEK Software Matematika ini dibimbing oleh Jajang Rahmatudin, M.Pd., dosen Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon. Untuk pameran alat peraga dibuka untuk umum selama 2 hari dimulai pukul 08.00 s/d Selesai.

Kegiatan Math Days VI yang diselenggarakan oleh HIMMATIKA Universitas Muhammadiyah Cirebon didampingi oleh dosen-dosen pendidikan matematika yaitu Putik rustika, M.Pd., Titi Rohaeti, M.Pd., dan Sumiliyah, M.Pd..

"Kegiatan Math Days VI diharapkan bisa membangun prodi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon lebih kreatif dan inovatif serta mampu memberikan kcerdasan khusunya matematika untuk anak-anak sekolah" ungkap Putik Rustika, M.Pd., sebagai salah satu dosen pendamping kegiatan Math Days VI.










Tidak ada komentar