Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pelatihan Menganyam Bagi Para Guru Di SDN Kramat Jati 24

Dalam proses tumbuh kembang anak, kemampuan motorik perlu mendapatkan perhatian serius selain kemampuan kognitif dan afektif. Tidak se...


Dalam proses tumbuh kembang anak, kemampuan motorik perlu mendapatkan perhatian serius selain kemampuan kognitif dan afektif. Tidak semua anak memiliki kemampuan yang baik dalam bidang kognitif, maka dari itu mereka perlu mengembangkan kemampuan motoriknya demi bekal kehidupannya nanti saat dewasa. Salah satu bentuk pengembangan kemampuan motorik adalah belajar membuat aneka kerajinan, seperti membuat anyaman, membuat kerajinan daur ulang, membatik, dan lain-lain. 
Dalam kegiatan menganyam, banyak hal yang mereka kembangkan, selain melatih kemampuan tangannya telaten, dan menggunakan daya pikirnya karena mereka akan membuat berdasarkan pola sehingga menghassilkan sebuah produk. Untuk membuat produk yang sederhana, penganyam pemula akan memerlukan waktu hingga 3 jam, sementara penganyam ahli hanya perlu waktu 30 menit.
Ssetap tahun Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta mengadakan lomba menganyam bagi siswaa sekolah dasar, dimana tiap sekolah wajib mengirimkan utusannya.

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Kramat Jati 24 pada tgl 28 dan 29 Juli 2020. Sebanyak 30 guru dan staff turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka belajar menganyam dari basic berupa teknik pola anyaman hingga penguncian. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 – 16.00 setiap harinya. Dalam tempo dua hari masing-masing guru mampu menghasilkan 2 produk. Barang yang mereka hasilkan bermacam-macam, diantaranya topi, piring, tempat buah, kotak serbaguna dan vas bunga.
Seluruh peserta kegiatan ini sangat antusias dan terus berusaha menyelesaikan produknya meskipun waktu pelatihan telah berakhir. Mereka diperkenankan membawa pulang hasil anyamannya serta diberikan bahan baku untuk mengembangkan ketrampilan menganyam di rumah masing-masing. Ke depannya mereka berharap UHAMKA akan kembali untuk mengajarkan mereka ketrampilan lainnya.
*Penulis: Novanita W. Arini