Page Nav

HIDE

Update

latest

Memperkenalkan Peristiwa Sejarah dengan Permainan Monopoli

Kenalkan Sejarah dengan Monopoli Berdasarkan informasi yang diperoleh di SMP Negeri 171 Jakarta dalam proses   pembelajaran IPS masih ditemu...

Kenalkan Sejarah dengan Monopoli

Berdasarkan informasi yang diperoleh di SMP Negeri 171 Jakarta dalam proses   pembelajaran IPS masih ditemui beberapa anak yang sulit dalam mengingat peristiwa   sejarah, masalah yang dihadapi dapat diidentifikasikan sebagai berikut. 

 1. Kurangnya media yang dapat digunakan sebagai perantara untuk   mengenalkan persitiwa sejarah secara komprehensif. 
 2. Belum adanya pendampingan dari pihak ahli untuk pembuatan media  (monopoli). 

  Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2020 di SMP   Negeri 171 Jakarta. yang berlokasi di Jl. H. Baping No.18-39, RT.7/RW.4, Susukan, Kec.   Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13750. Kegiatan ini diikuti oleh   35 siswa kelas 8. Dalam pelaksanaan pengabdian ini juga melibatkan 4 orang mahasiswa   semester 6 yang dimana mereka telah menempuh matakuliah Inovasi pembelajaran sejarah  sebagai bekal mereka dalam Magang Tiga. 

 Kgiatan pengabdian dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom   meeting hal ini dikarenakan Indonesia termasuk wilayah Jakarta sedang terjadi pandemic   virus Covid 19, sehingga diberlakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Berkala Besar) dan siswa   dianjurkan untuk belajar di rumah. Pertama pemateri menjelaskan apa itu monopoli dan   bagaiaman cara menggunakannya. Monopoli yang digunakan sama seperti monopoli yang   biasanya digunakan untuk permainan namun oleh tim pengabdian monopoli tersebut telah   di modifikasi, yang pertama untuk kota-kota atau negara yang biasanya dijadikan semabagai   tema monopoli, oleh tim pengabdian diganti menjadi beberapa peristiwa sejarah, untuk   monopoli yang tim pengabdian gunakan mengambil tema monopoli peristiwa seputar   proklamasi.    Seiring dengan perkembangan zaman, proses kegiatan belajar mengajar banyak   memiliki tantangan dan tuntutan, untuk itu guru harus mengembangkan kemampuannya agar   dapat mengikuti perkembangan yang semakin cepat. 

 UHAMKA melaksanakan   Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2020 di SMPN 171 tersebut merupakan  salah satu partisipasi civitas akademika UHAMKA dalam   rangka pengenalan peristiwa sejarah melalui permainan monopoli.   Penggunaan monopoli sejarah dalam proses pembelajaran sangatlah dibutuhkan   dikarenakan monopoli ini sudah secara umum siswa sudah mengenal permainan monopoli   ini sehingga lebih mudah dalam penggunaannya.

 Manfaat dari permainan monopoli ini   selain dapat mengenalkan peristiwa secara terhadap siswa, permainan monopoli juga dapat   memeberikan kemampuan bersosialisasi, manajemen emosi serta kemampuan berfikir logis.   Dengan permainan monopoli ini juga siswa akan lebih dapat mengekspresikan ide-idenya   dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tim yang lainnya.  

 Diharapkan akan ada kegiatan-kegiatan serupa dalam rangka memeberikan penguatan   kepada siswa sebagai generasi muda agar tidak melupakan sejarah bangsanya. UHAMKA   sebagai bagian dari lembaga pendidikan dan pencipta peradaban, perlu kiranya berkontribusi   dengan mendorong pengabdian masyarakat yang berupaya untuk memperkuat karakter   siswa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah. Selain itu, peran pemerintah juga   sangat penting, karena para siswa ini merupakan generasi muda yang merupaka garda  terdepan dalam pembangunan nasional.  

Penulis: Andi, M.Pd  dan Dr. Sugeng Riadi, M.Pd Dosen Pendidikan Sejarah UHAMKA kepada

Tidak ada komentar