Iklan

Redaksi KoranMu
28 April, 2021, 14.41 WIB
Last Updated 2021-04-28T14:31:02Z
HeadlineSosial

Meningkatkan Kesadaran Berkendara dengan Aman Bagi Siswa

Flyer Aman Berkendara
Koranmu Indonesia -Haris Muzakir, S.E., M.K.K.K.  bersama Ikhwan Ridha Wilti, S.K.M., M.K.M. Dosen Fikes UHAMKA melakukan Pendampingan kepada Pelajar SMK Muhammadiyah 9 Jakarta Selatan Dalam Meningkatkan Kesadaran Berkendara Dengan Aman Pada  Februari Hingga Maret 2020
Kegiatan pendampingan  dilakukan dengan cara menyampaikan materi berkendara  dengan aman. Materi yang disampaikan pada pelajar SMK Muhammadiyah 9 Jakarta  Selatan berdasarkan analisis masalah yang sudah dilakukan sebelum tahap pelaksanaan  Penyampaian materi dilakukan melalui media flyer yang berisi informasi terkait alat  pelindung ketika berkendara, seperti helm yang berstandar SNI. Media flyer menjelaskan  juga mengenai faktor penyebab kecelakaan ketika mengendarai sepeda motor. 

Informasi- informasi dalam flyer dilengkapi juga dengan peraturan yang terkait ketika berkendara  menggunakan sepeda motor, yaitu UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan  jalan. Helm merupakan alat pelindung bagi pengendara sepeda motor ketika mengendarai  sepeda motor. 

Berdasarkan hasil analisis masalah dari 50 pelajar SMK  Muhammadiyah 9 Jakarta selatan mengenai kesadaran penggunaan helm, diketahui bahwa  Jumlah Pemakai Helm Sebanyak dua puluh dua pelajar sudah mematuhi untuk menggunakan helm ketika  berkendara menggunakan sepeda motor dan sebanyak dua puluh delapan pelajar terkadang  mematuhi dan terkadang tidak mematuhi penggunaan helm ketika berkendara  menggunakan sepeda motor. 

 Dalam pelaksanaan promosi dan sosialisasi, pelajar SMK 9 Muhammadiyah Jakarta  Selatan ditekankan untuk mengetahui dampak yang terjadi ketika mengendarai sepeda motor jika tidak menggunakan helm. Dampak yang akan ditimbulkan ketika terjadi  kecelakaan ketika mengendarai sepeda motor, yaitu kematian dan juga cedera pada kepala.Program promosi dan sosialisasi menjelaskan juga kepada pelajar SMK 9 Muhammadiyah  Jakarta Selatan mengenai peraturan pemerintah tentang penggunaan helm dengan Standar  Nasional Indonesia (SNI).  

Faktor penyebab kecelakaan di kalangan pengendara sepeda motor, terjadi karena  pengendara sepeda motor melanggar traffic light, kendaraan tidak layak jalan, kondisi jalan  yang berlubang dan faktor cuaca. Berdasarkan hasil analisis masalah dari 50 pelajar SMK  Muhammadiyah 9 Jakarta selatan mengenai pengetahuan tentang faktor-faktor penyebab  kecelakaan, diketahui bahwa:  Faktor Penyebab Kecelakaan Sebanyak dua puluh enam pelajar, menyatakan bahwa melanggar traffic light dapat  menyebabkan kecelakaan, sedangkan Sembilan orang berpendapat mengantuk dapat  menyebabkan kecelakaan. Tujuh orang menyatakan kondisi jalan yang rusak dan delapan  orang menyatakan kecepatan tinggi yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan.  

 Pelaksanaan promosi  dan sosialisasi menjelaskan mengenai bahaya-bahaya yang timbul ketika mengendarai  sepeda motor. Bahaya-bahaya yang timbul harus diketahui tingkat risikonya. Untuk  menurunkan tingkat risiko, maka pelajar SMK 9 Muhammadiyah Jakarta Selatan harus  mengetahui mitigasi bahaya, sehingga tingkat risiko kecelakaan dapat diturunkan ketika  mengendarai sepeda motor.