Page Nav

HIDE

Update

latest

Muhammadiyah Kecam Niat AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Muhammadiyah Kecam Niat AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem Rabu 06 Desember 2017, 16:27 WIB Muhammadiyah Kecam Niat AS Pindahkan Kedubes k...

Muhammadiyah Kecam Niat AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Rabu 06 Desember 2017, 16:27 WIB Muhammadiyah Kecam Niat AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem Haris Fadhil - detikNews Muhammadiyah Kecam Niat AS Pindahkan Kedubes ke YerusalemSekretaris Umum PP Muhamadiyah Abdul Mu'ti Foto: Ari Saputra/detikFoto Jakarta - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meminta Indonesia menyampaikan penolakan atas rencana Amerika Serikat (AS) memindahkan kedutaan besar mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pemindahan itu dinilai sama saja pengakuan pemindahan ibu kota Israel dari Tel Aviv.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, Indonesia harus menolak tegas rencana AS ini. Ini terkait dengan komitmen dan duku ngan pemerintah Indonesia terhadap Palestina selama ini.
"Sebagai negara dengan jumlah mayoritas penduduk beragama Islam seharusnya Indonesia ini bersuara menyatakan penolakannya atas rencana itu," kata Mu'ti di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).
Mu'ti juga menyebut, pemindahan ibu kota Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem dapat memicu konflik internasional. Menurutnya, Yerusalem yang merupakan kota suci bagi tiga agama tidak boleh menjadi ibu kota bagi negara manapun.
"Yerusalem itu adalah kota suci bagi umat Islam, umat Kristen dan umat Yahudi. Oleh karena itu, tidak boleh ada satu negara pun menurut saya yang ibu kotanya Yerusalem. Bahkan jika Palestina sekalipun menjadi negara merdeka itu kan ibu kotanya juga tidak di Yerusalem. Artinya, biarlah ini menjadi sebuah ruang terbuka yang memungkinkan siapa saja masuk ke situ," ujar Mu'ti.
Sebagai informasi, Presiden AS Donald Trump berencana mem indahkan kedutaan besar mereka di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Kebijakan Trump tersebut pun menimbulkan pro dan kontra.
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah menyatakan penolakan atas rencana AS tersebut. Baginya pemindahan kedubes AS ke Yerusalem hanya akan mempersulit proses perdamaian di Timur Tengah.
""Kami tidak ingin Amerika… jelas posisi pemerintah Indonesia sependapat mendukung Palestina untuk agar AS tidak memindahkan kedutaannya ke Yerusalem," ujar JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).
(HSF/hri)Sumber: Google News Muhammadiyah

Tidak ada komentar