Page Nav

HIDE

Update

latest

Sejarah Brand Adidas

Sejarah Brand Adidas    Adidas merupakan suatu brand yang telah terkenal diseluruh penjuru dunia, terutama di bidang olah raga yaitu sepak b...

Sejarah Brand Adidas

https://i.pinimg.com/736x/25/0b/9e/250b9e70816a649dbe38ba5616450605--sports-brands-logo-retro.jpg 

 Adidas merupakan suatu brand yang telah terkenal diseluruh penjuru dunia, terutama di bidang olah raga yaitu sepak bola. Brand ini  menduduki peringkat ke 61 terbaik di dunia, adidas merupakan salah satu brand terunggul di dunia industri olah raga. Dikenal dengan produksinya  diantaranya seperti kaos, sepatu, tas dan aksesoris yang berkualitas terbaik. 

Pendiri pada tahun 1924 Adolf “Adi” Dassler mendirikan pabrik sepatu bersama adiknya dan menyebutnya “Dassler Brothers Shoes Factory”. Akhirnya, kedua saudara ini berpisah dan mendirikan dua peusahaan yang berbeda brand yaitu Adidas dan Puma. Pada tahun 2012 adidas terus berkembang dan menjadi suatu perusahaan manufaktur produk olahraga terbesar kedua. 

Sejarah 

Adidas merupakan perusahaan olah raga ternama asal jerman, singkatan dari nama pendirinya, yaitu Adolf-Adi-Das-Ler. Adidas juga merupakan singkatan dari “All Day I Dream About Sports” merupakan hannya sekedar ciptaan saja bukan makna asli dari brand ini. Adolf dassler terus mengelola perusahaan adidas miliknya dan berpisah dengan adiknya pemilik perusahaan olahraga ternama juga yaitu Puma. 

Tahun-tahun awal 

 Persaingan terjadi antara Adidas dengan Puma, kedua saudara tersebut tidak pernah akur, persaingan mereka sangat kuat dan hebat. Walaupun pada akhirnya mereka berdua meninggal dimakamkan dipemakaman yang sama tetapi letak makam mereka berjauhan satu sama lain. Walaupun terjadi persaingan besar antara brand adidas dengan puma dan dengan brand-brand besae lainnya, adidas tidak pernah ketinggalan untuk selalu mengeluarkan ide-ide inofatif dan strategi yang sukses meningkatkan nama baik perusahaaan mereka. Bahkan brand adidas mampu mengalahkan beberapa perusahaan lainnya seperti Reebok, Taylormade Golf, dan Rockport. CEO CEO brand adidas-group AG, dan Chairman dari Executive Board.  Owner perusahaannya ialah Igor Landau. Slogan pertama adidas aitu “Impossiblr is Nothing”. Namun, pada tahun 2014 slogan tersebut ganti nmenjadi “All In or Nothing”. slogan ini sangat cocok karena brand adidas ini sangat totalitas terhadap dunia olah raga sepakbola. Bahkan sampai saat ini banyak pelanggan yang setia menilai bahwa sebenarnya Adidas lebih unggul dari pada brand Nike dalam segi kualitas. Kelebihan brand nike yaitu dia lebih diterima dalam segi desain. Perkembangan brand ini sangat berkembang pesat terutama dalam segi fashion, dan selalu menciptakan ide-ide inovatif yang tentu saja menimbulkan perhatian para pelanggan, walaupun brand ini tidak memiliki pasar yang sebesar Nike, menurut survey mereka lebih memilih pelanggan yang jauh lebih loyal menurut survey. 

Manajemen proyek dan Pencapaian 

Pada tahun 1967 adidas memproduksi pakaian olahraga untuk pertama kalinya yang merupakan koleksi milik Franz Beckenbauer. Beberapa icon adidas menggunakan tokoh masa kini diantaranya seperti Zinedine Zidane, Michael Ballack, Allyson Felix dan Lionel Messi. Cabang olahraga adidas lainnya seperti basket, golf. Tenis, cricket, rugby, skateboarding dan gymnastic. Tetapi focus utama Adidas tetaplah sepatu dan perlengakapan sepakbola. Adidas juga merupakan sponsor beberapa klub sepakbola dan tim nasional seperti Jerman, Spanyol, Bayern munich, AC Milan, Chelsea, dan Real Madrid. Adidas juga berani untuk menggunakan pemain sepakbola ternama sebagai ikon mereka. Hingga saat ini adidas telah memiliki 1000 toko di seluruh dunia dan telah mencapai kesuksesan yang luar biasa. Proses pemasaran produk yang telah mereka lakukan lewat video dan saran lainnya sukses meningkatkan jumlahpenjualan mereka ditahun 2016. Adidas juga tidak hannya menjadi kiblat fashion di bidang olahraga, namun mereka telah menyatukan image dari olah raga, street, pop culture, music, dan fashion secara keseluruhan.     

Sistem Manajemen dan Organisasi PT. Adidas 

 Perusahaan adidas merupakan perusahaan yang berusaha dibanyak Negara karena adidas memiliki kegiatan produksi dan marketing lebih dari satu Negara. Bukan hannya di luar negri saja tetapi adidas juga terkenal di Negara Indonesia produk-produk adidas juga banyak peminat dan cukup terkenal dikalangan masyarakat luas. Perusahaan sepatu di jerman yang dikenal dengan sebutan Adidas-Salomon AG, didirikan oleh Adolf (Adi) Dassler, pada tahun 1920-an di Herzogenaurach dekat dengan Nuremberg. Rancangan logo resmi baju dan sepatu brand adidas dikenal tiga strip pararel dengan warna yang sama, dan motif yang sama. Industri perlaatan olahraganya memiliki perkembangan yang cukup dalam beberapa tahun ini. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa atlet besar dunia olahraga mengenakan brand adidas tersebut. Produk yang diciptakan antara lain sepatu, kostum, jaket, serta aksesoris olahraga dari berbagai bidang seperti atletik seluncur es, tennis, sepakbola, renang, bola basket, golf, bela diri, dan lain-lain. Brand adidas sangat terkenal pada era tahun 1950-an. dengan ide pertama kali menciptakan sepatu sepakbola beserta logonya yang khas lengkap dengan pil-nya, perusahaan ini dapat menarik perhatian semua liga sepakbola terbesar di seluruh dunia, yang tentunya dapat menigkatkan jumlah laba perusahaan. 

Pada Piala Dunia di tahun 1956 tim juara sepakbola Piala Dunia  mendesain sepat bola yang dikenakan oleh tim juara tersebut, bertempat di Switzerland. Adidas mensponsori olimpiade Melbourne, tidak ada yang bisa menghentikan ekspansi mereka. Hingga saat ini, adidas adalah salah satu nama brand paling dikenal oleh seluruh masyarakat dunia, sebuah prestasi hebat untuk sebuah awal yang sederhana. Kurang dari tahun 1960 adidas telah mengembangkan dan memproduksi pakaian olahraga yang di desainnya. Sedangkan dalam alat olahraga dimulai pada tahun 1963, secara ikonik brand adidas telah menjadi suatu brand ternama yang indah, hingga sampai saat ini Adidas telah menjadi fashion yang terpopuler bukan hanya dalam bidang olahraga saja tetapi dalam gaya hidup. Pada tahun 1948 logo adidas sendiri baru mulai digunakan. 

Secara penglihatan logo Adidas hannya berupa tulisan Adidas, dengan nama pemiliknya yaitu Adolf Dassler diatas serta ilustrasi gambar sepatu ditengahnya. Dengan cirri khas tersebut sepatu buatan Adi Dassler mencapai titik kesuksesannya, dengan diakui diajang pesta olahraga dunia seperti Helskinki, Melnourne, Roma dan lainnya. Adidas mengubah  konsep menjadi “Trefoil Logo”pada tahun 1972 yaitu logo berbentuk tiga daun terangkai. Dan memiliki makna yaitu simbolis dari semangat Olimpiade yang menghubungkan pada 3 benua. 

 Di tahun 1996 Adidas telah bertahun-tahun mengalami kejayaan dan perjalanan perkembangan usahanya, mengalami modernisasi dengan menggunakan konsep “We knew then-we know now” yang memiliki arti menggambarkan kesuksesannya dari dahulu hingga kejayaannya hingga kini. Sedangkan  logo barunya yaitu berupa tiga balok miring yang menyerupai anak tangga mengartikan power, kekebalan dan harapan kedepan.  Sejak saat itu adidas tidak pernah mengalami penurunan minat pelanggan Karena berjayanya Nike pada tahun 80-an di pasar internasional,  adidas mengalami kembali nama brandnya pada tahun 1986 ketika Run D.M.C, sebuah grub music rap dari nEw York, membuat lagu yang berjudul “My Adidas”.   Nama : Neneng Siti Haryanti Nim : 1502025158 Kelas : 5D Mata Kuliah : Branding dan Komunikasi Gambar : https://i.pinimg.com/736x/25/0b/9e/250b9e70816a649dbe38ba5616450650--sports-brands-logo-retro.jpg Sumber : http://www.beritaunik.net/olahraga/asal-usul-sejarah-adidas.html

Tidak ada komentar