Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Strategi Penjualan Xiaomi Tanpa Menggunakan Iklan,Kok Bisa Laku?

Strategi Penjualan Xiaomi Tanpa Menggunakan Iklan,Kok Bisa Laku?   Xiaomi merupakan pabrikan asal China yang sedang hangat dibicaraka...

Strategi Penjualan Xiaomi Tanpa Menggunakan Iklan,Kok Bisa Laku?

https://www.minideal.net/pub/media/catalog/product/h/o/hongmi-4x-04_1.jpg   Xiaomi merupakan pabrikan asal China yang sedang hangat dibicarakan saat ini,mengapa tidak? Bahkan banyak orang yang rela meninggalkan smartphone kesayangannya demi membeli Xiaomi , karena dengan harganya yang murah Xiaomi juga memiliki spesifikasi yang bisa dibilang sangat keren. Strategi harga murah dengan spesifikasi yang bisa dibilang mumpuni sangat cocok dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang ingin memiliki smarphone murah , keren , dan memiliki spesifikasi yang bagus. Tidak heran mengapa penjualan Xiaomi sangat pesat di Indonesia ini. Saat ini , siapa yang tak mengenal xiaomi? Produk asal negeri Tionghoa tersebut pada tahun 2014 lalu berada di posisi ketiga yang mempunyai pasar terbesar setelah Samsung dan Apple,sejak tahun 2011 xiaomi kian melejit dan berhasil mengambil hati konsumen. Bagaimana tidak , xiaomi sukses memikat hati konsumen dengan produk yang ditawarkan mempunyai harga murah dengan spesifikasi yang bisa dibilang sangat cukup untuk bersaing dengan kompetitor bisnisnya seperti Samsung , Sony , dan Apple. Harga produk xiaomi sangat murah karena ia tidak menggunakan iklan sebagai strategi pemasaran, tetapi mengapa xiaomi tetap bisa laku bahkan hingga ke berbagai Negara ya? Berikut adalah beberapa faktor mempengaruhi kesuksesan xiaomi, antara lain:
  1. Pembeli Setia Xiaomi
Seperti halnya penggemar apple yang sangat terkenal karena mengantre saat peluncuran produknya,begitu juga penggemar xiaomi, penggemar xiaomi sangat mendukung setiap produk yg dikeluarkan oleh Xiaomi. Ketika peluncuran paling baru xiaomi para penggemar xiaomi itu terlihat berbondong bondong ingin memaksa masuk ke ruangan acara. Para petugas sangat kewalahan akibat membludaknya pembeli yang semakin lama semakin banyak. Bahkan sempat ada yang beradu mulut dengan petugas keamanan. Dari kasus tersebut membuktikan bahwa Xiaomi sangat dicintai oleh pembelinya karena fitur fitur yang memuaskan.
  1. Mendapatkan Keuntungan Dari Harga Di Bawah Pesaing
Xiaomi sangat luar biasa di mata konsumen atau bisa dibilang xiaomi bisa memikat hati masyarakat indonesia,alasan yang paling tepat adalah dari faktor harga. Xiaomi berani memberikan harga yang berbeda jauh dengan kompetitornya di asaran,meskipun begitu spesifikasi dan mutu xiaomi tidak kalah dengan kompetitornya. Semua produk yang ditawarkan oleh xiaomi mempunya harga yang jauh dibawah harga pasaran seperti contoh Xiaomi Mi3 yang memiliki layar 5 Inch Full HD dengan kamera 13MP dan ditunjang oleh prosesor Quad Core 1,8GHz dibandrol hanya Rp.4 jutaan saja,dengan spesifikasi seperti itu harga produk xiaomi dibawah kompetitornya seperti Sony dan Samsung. Meskipun harga yang ditawarkan oleh Xiaomi termasuk murah,tetapi Xiaomi masih dapat mendapatkan untung dari penjualan Xiaomi Mi3. Menurut Direktur Fomalhaut Techno Solutions,Minatake Kashio “Setidaknya Xiaomi masih mendapatkan laba sekitar USD 100 atau sekitar Rp 1 jutaan dari setiap Mi3 yang laku dijual” Pihak xiaomi mengklaim. kira kira biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan xiaomi mi3 sekitar USD 157 . Xiaomi tidak mempunyai toko sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar karyawan. Faktor lain yang membuat xiaomi meraup keuntungan adalah mereka tidak mengeluarkan banyak uang juga untuk mengiklankan produknya. Xiaomi menjual produknya dengan cara online. . Selain xiaomi menjual di website onlinenya ,Xiaomi juga menjual produknya di salah satu web online terbesar di China yaitu Tmall.com selain menjual handphone dan aksesorisnya,xiaomi juga menjual boneka dan aneka kaos. Di tahun 2012 boneka mascot Xiaomi yang berbentuk kelinci ternyata laris dan menghasilkan pendapatan yang lumayan banyak, boneka mascot tersebut terjual sekitar 180.000 unit. Cara xiaomi untuk terus diingat oleh konsumen adalah dengan cara mempromosikan di social media,melalui jurnalis atau dari word of mouth dari pembeli setia atau Mi Fans.
  1. Taktik Marketing Yang Tepat
Strategi hunger marketing merupakan penjualan dengan harga murah tetapi dengan waktu yang terbatas,ini merupakan taktik yang sangat efektif. Pada bulan Oktober lalu xiaomi berhasil menjual produk sebanyak 100.000 unit dalam waktu 2 menit,seminggu kemudian xiaomi menjual kembali dengan jumlah produk 100.000 unit juga dan habis terjual dengan waktu singkat. Xiaomi mengeluarkan produk yang sedikit dengan tujuan untuk memunculkan kesan limited dan hype konsumen. Dengan cara tersebut xiaomu juga mengurangi resiko karena tidak menangani persediaan tidak langsung banyak,tetapi sedikit demi sedikit. Dibalik kekuatan pasti ada kelemahan terlebih dengan keinginan akan produk konsumen yang besar seperti pada tahun lalu xiaomi mendapatkan 74 juta pre order Xiaomi Hong Mi,sedangkan persediaan akan produk tersebut sangat sedikit/terbatas. Xiaomi mengklaim bahwa produknya habis terjual ribuan unit dalam waktu singkat adalah strategi pemasaran,lalu bukannya tidak mungkin pasti ada kontroversi di Xiaomi. Menurut Taiwan Fair Trade,Xiaomi dinilai berlebihan atas penjualan produknya agar terlihat sangat berharga dan langka,oleh sebab itu Taiwan Fair Trade memberi efek jera dengan menghukum Xiaomi karena ‘Hunger Marketing’ yang dilancarkan oleh Xiaomi. Strategi yang di gunakan oleh Xiaomi ini tak diperbaiki maka Taiwan Fair Trade memberi ancaman denda sebesar USD 20.000
  1. Mengajak Bergabung Petinggi Google
Xiaomi merupakan perusahaan yang mempunyai minat dari awal untuk menembus pasar global,meskipun berasal dari Negeri Tirai Bambu. Karyawan xiaomi rata rata terdiri dari berbagai perusahaan teknologi internasional,diantaranya adalah Hugo Barra yaitu alumni Google dan Microsoft. Ia juga merupakan mantan Vice President Google dan juga bos Android. Hugo sangat terkesan dengan Xiaomi terutama dengan ROM yang di buat oleh perusahaan itu. Hugo barra selalu memperhatikan xiaomi dari dahulu,dan dia sangat terkesima oleh kinerja Xiaomi. Hugo berargumen bahwa para perusahaan lain patut untuk belajar dari xiaomi,karena menurut Hugo xiaomi mempunyai peran penting dari system android di Negeri Tirai Bambu . ia berharap bisa berkontribusi demi kemajuan perusahaan ini. Menurut Hugo Barra “Perusahaan lain harus siap untuk belajar dari xiaomi karena xiaomi mempunyai peran penting dalam ekosistem android di China dan Xiaomi merupakan pendukung Android besar,saya sangat bangga atas pekerjaan yang kalian lakukan (MIUI)". Menurut Jun Lei ( CEO Xiaomi) :”Dengan adanya hugo barra bisa membantu xiaomi untuk bisa bersaing dengan mempercepat ambisi perusahaan dan membuat xiaomi lebih baik”.
  1. Mengikuti Permintaan Pasar
Mengapa xiaomi sangat dicintai oleh konsumennya? Karena Xiaomi selalu menerima masukan dari konsumennya melewati Update System setiap minggunya, dan selalu dipantau langsung oleh Xiaomi. Kemungkinan semua penggemar Xiaomi mancanegara juga menyukai cara Xiaomi ini. Saat ini system Xiaomi MIUI dalam versi 8 di puji oleh Hugo karena Menggabungkan umpan balik pengguna dengan MIUI untuk merilis update setiap minggunya. Selain rutin memberikan update salah satu cara Xiaomi untuk memberikan kepuasan penggunanya adalah dengan cara mengizinkan penggunanya untuk nge â€" root smartphone nya tanpa harus khawatir garansi dari xiaomi hilang. Nama: Dwaraka Daru Bisma Nim: 1502025071 Kelas:5D Mata Kuliah: Branding dan Komunikasi Sumber: https://inet.detik.com/consumer/d-2691242/belajar-dari-trik-sukses-xiaomi Gambar: https://www.google.co.id/search?q=xiaomi&dcr=0&tbm=isch&source=lnt&tbs=isz:l&sa=X&ved=0ahUKEwjV1Puco_DXAhUIXLwKHUf4CH8QpwUIHg&biw=1366&bih=633&dpr=1#imgrc=XRxNfGq9QL87YM: