Page Nav

HIDE

Update

latest

Strategi Pemasaran TOYOTA

LATAR BELAKANG Ekonomi merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu Negara, oleh karena itu perekonomian di suatu Negara harus baik ag...





LATAR BELAKANG Ekonomi merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu Negara, oleh karena itu perekonomian di suatu Negara harus baik agar Negara tersebut memiliki power. Pertumbuhan ekonomi yang semakin hari semakin baik akan mempengaruhi sistem pembangunan yang baik pula. Stabilitas perekonomian global merupakan pengaruh penting dalam perjalanan perekonomian suatu Negara. Apabila stabilitas perekonomian di suatu Negara dikatakan baik atau dikendalikan dengan baik maka perluasan krisis finansial ke Negara lain dapat diminimalisir. Perkembangan dunia otomotif yang melaju sangat cepat dan pesat pada beberapa Negara di Asia salah satunya Indonesia. Para investor luar negeri maupun dalam negeri pada saat ini berbondong-bondong untuk menjalankan bisnis ini karena tingginya permintaan kendaraan roda empat di Indonesia yang akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar untuk para investor. Ketatnya persaingan antar perusahaan kompetitor yang memasarkan produk sejenis, para investor berusaha semaksimal mungkin untuk merangkul konsumen sebanyak mungkin dengan memasarkan produk keunggulan mereka, karena di Indonesia potensi pasarnya cukup menjanjikan dan sangat besar. Para produsen dari berbagai perusahaan kompetitor lainnya yang berlomba memasarkan produk unggulan mereka menggunakan berbagai strategi baik strategi manajemen maupun strategi pemasaran, karena tingkat persaingan yang sangat tinggi diantara perusahaan otomotif lainnya. Dari berbagai fitur yang ditampilkan oleh masing-masing produk, untuk menghadapi tingginya tingkat persaingan dan untuk mengambil atau mendapatkan pangsa pasar yang baik, maka strategi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan suatu perusahaan untuk menjadi kekuatan dalam mengatasi beberapa hal diatas. Tanpa adanya strategi yang baik dan akurat, maka para produsen akan kesulitan memasarkan produk mereka kepada masyarakat sesuai dengan tujuan mereka untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

STRATEGI S.T.P Dalam marketing apapun sangatlah penting apabila mengenal STP ini dengan baik. STP merupakan singkatan dari Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Ketiga hal tersebut adalah upaya untuk menentukan pasar dan memilih konsumen yang sesuai. Pemilihan ini dapat dilakukan berdasarkan tempat tinggal, usia, gaya hidup, penghasilan, dan bagaimana cara konsumen mengkonsumsi produk. Setelah memetakan pasar tahap selanjutnya adalah targeting, pada umumnya targeting adalah membidik konsumen atau mencari sasaran konsumen. Apabila target konsumen telah ditemukan, positioning merupakan penjelasan posisi produk kepada konsumen. Apa saja perbedaan produk ini dengan produk pesaing kompetitor lainnya, diantaranya lain adalah keunggulannya beserta fitur-fiturnya. SEGMENTASI Pada akhir akhir ini dihadirkan produk (LCGC) di pasar otomotif Indonesia yang terjangkau harganya. Pada tekanan kenaikan rupiah beserta kenaikan suku bunga, kehadiran produk dengan harga terjangkau membuat masyarakat bergairah untuk memesan produk ini dengan unit yang sangat banyak. Hal ini membuat PT. Toyota Astra terus mengembangkan produknya dengan fitur-fitur yang canggih guna mengikuti persaingan dengan perusahaan lain untuk berpartisipasi dalam kemajuan industri otomotif Indonesia. Salah satu produknya adalah Toyota Agya – Dauhatsu Ayla yang telah diproduksi dan diluncurkan di Indonesia. Setelah melakukan kolaborasi Toyota Avanza – Daihatsu Xenia yang telah sukses di pasar industri Indonesia, kali ini PT. Toyota Astra memperkenalkan produk kolaborasi ketiga perusahaan yaitu: Toyota, Daihatsu dan Astra Internasional melalui produk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mengincar segmentasi pasar masyarakat kelas menengah. TARGETING Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dikisarkan harganya dari 76 juta - 106 juta rupiah, sedangkan Toyota Agya dihargakan dari 99,9 juta – 120 juta rupiah. Untuk sebuah mobil baru, ini merupakan harga yang sangat terjangkau di kalangan masyarakat menengah. PT. Toyota Astra motor sangat memfokuskan produknya untuk dijual pada masyarakat yang biasa menggunakan motor dan mobil-mobil bekas. Dengan harga yang terjangkau, masyarakat Indonesia dapat memenuhi keinginannya untuk mendapatkan atau membeli mobil baru. POSITIONING Dengan keunggulan jaminan kualitas Toyota dan Daihatsu, kini Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Toyota dan Daihatsu ini pastinya akan didukung oleh sales marketing berstandar Toyota dan Daihatsu yang jaringannya sangat luas di seluruh Indonesia. Kali ini Toyota akan meningkatkan keunggulan produk dengan menampilkan desain yang lebih berkesan efisien, dinamis, dan berkualitas pada mobil compact car ini. Dan inilah yang akan diharapkan untuk menjunjung brand image di mata konsumen.

MARKETING MIX Penelitian ini berdasarkan bauran pemasaran yang merupakan bagian inheren dari tindakan pemasaran di suatu perusahaan. Bauran pemasaran adalah akumulasi dari empat unsur pasar seperti tempat, promosi, produk, dan harga. Keempat elemen tersebut memiliki implikasi yang sama untuk efektivitas strategi pemasaran di suatu perusahaan. Perusahaan yang sudah beroperasi pada semua jenis industri bisnis menggunakan bauran pemasaran untuk membentuk strategi pemasaran yang akan mereka lakukan. Hal ini mudah dipahami secara langsung dengan contoh Toyota motor yang sudah beroperasi pada sektor otomotif. Dengan menggunakan bauran pemasaran untuk strategi pemasaran yang beranekaragam dan berbeda, maka perusahaan akan mendapatkan keunggulan yang sangat kompetitif dalam berbagai aspek kegiatan pemasaran, diantaranya adalah: PRODUK Produk yang merupakan unsur pertama strategi pemasaran adalah produk mix. Toyota dikenal dengan kualitas produknya. Toyota memiliki berbagai macam produk besar seperti van, truck, mobil hybrid, dan sport. Model yang sangat terkenal di perusahaan adalah Prius, Corolla, truck perusahaan termasuk Tundra. Dalam produk hybrid, Toyota Camry Hybrid lah yang paling terkenal dan populer. Keunggulan produk ini dengan sesamanya adalah teknologi yang sangat canggih. Produk ini menggunakan efisiensi bahan bakar serta model yang menarik. Produk yang ditentukan perusahaan merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan. Departemen perusahaan sangat memfokuskan segmentasi pasar menggunakan cara yang sudah ditentukan. Citra merk merupakan aspek penting perusahaan dalam menjalankan strateginya. PRICE Dalam strategi pemasaran, harga merupakan elemen paling terpenting suatu perusahaan. Toyota mempunyai kebijakan akan harga yang terkemuka pada perusahaan kompetitor lainnya. Toyota menentukan harga yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Dilihat dari kondisi keuangan masyarakat, perusahaan memastikan berinteraksi dengan segmentasi geografis.

Dalam strategi pemasaran Toyota harga bukan salah satu alasan, perusahaan lebih mengutamakan kepuasan konsumen dengan biaya yang murah dan kualitas produk yang berkualitas. PLACE Untuk pengiriman barang yang cepat dan aman, perusahaan telah menyebarluaskan fasilitas yang mudah dijangkau dan berada di daerah yang dekat dengan konsumen. Semua dealer Toyota telah menyediakan stock barang ke berbagai tempat pasar yang akurat dengan waktu dan strategi yang akurat. Perusahaan sangat memfokuskan peningkatan penjualan untuk meningkatkan keefektifan strategi pemasaran pula, dan juga joint venture dengan pesatnya perkembangan pasar yang efektif. Berikut mengenai bauran pemasaran, berawal dari lokasi atau tempat pemberantasan strategi membangun perusahaan. Berdasarkan hal ini perusahaan berencana untuk menciptakan perubahan terganggu dalam strategi pemasaran ketika dinyatakan berubah. PROMOTION Portal web sangatlah penting bagi strategi promosi Toyota, informasi yang diberikan perusahaan sangat akurat dan tepat waktunya mengenai penawaran produk kepada konsumen. Apabila pelaksanaan bauran promosi dilakukan di dalam strategi pemasaran yang telah berhasil sebelumnya, para konsumen diberikan profitnya tersendiri dimulai dari diskon sampai tingkat suku bunga yang rendah begitupun angsurannya. Strategi pemasaran Toyota juga sangat fokus terhadap survei pasar untuk mempromosikan produk yang telah siap dipasarkan serta bersaing dengan kompetitor lainnya. Maka dari itu, bauran pemasaran sangatlah penting bagi strategi pemasaran Toyota Motors dan merupakan bagian utama bagi perusahaan. Dari pelaksanaan yang sudah dilakukan dari beberapa bidang pemasaran, strategi pemasaran yang akurat telah dijadikan senjata bagi perusahaan. Dengan strategi yang akurat berdasarkan ketentuan lainnya dari bauran pemasaran, perusahaan dapat menjunjung citra baik dan profitabilitas di seluruh pasar. Penulis : Difa Rizki Saputra NIM : 1502025065 Kelas : 5C Mata Kuliah : Branding dan Komunikasi Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Toyota   



Tidak ada komentar