Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

WARDAH DAN STRATEGI PEMASARANNYA

WARDAH DAN STRATEGI PEMASARANNYA A. Mengenal produk kecantikan Wardah Paragon Technology and Inovation berhasil memenangkan penghargaan ...

WARDAH DAN STRATEGI PEMASARANNYA

A. Mengenal produk kecantikan Wardah Paragon Technology and Inovation berhasil memenangkan penghargaan Top Brand Award 2014 dalam kategori bedak muka dan kategori lipstik melalui produk unggulan mereka yaitu Wardah yang telah mengalahkan dua pesaing utama mereka di Indonesia dengan memperoleh nilai sebesar 14,4% untuk bedak muka dan 12,6% untuk lipstik. Menurut Alif Kartika selaku manager Brand and Product PT. Paragon Technology and Innovation, “ini merupakan pencapaian yang tidak lepas dari kepercayaan konsumen terhadap kualitas kami” terang Alif pada saat acara Top Brand Award 2014 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Alif juga menjelaskan rahasia dari kesuksesan Wardah menjadi produk pilihan masyarakat dikarenakan dua hal, yaitu positioning dan Wardah store. Dalam positioning, wardah memiliki predikat yang terkenal di masyarakat akan kehalalan produknya. Namun selain itu, wardah juga memiliki tiga konsep kecantikan yang dapat mensukseskan produknya menjadi pilihan masyarakat, diantaranya :
  1. Pure and Safe
Dalam konsep ini, wardah menggunakan produk dari bahan-bahan yang berkualitas dengan formulasi sesuai dengan International Dermatologist Standard, alami serta aman. Wardah juga melakukan beberapa uji test sebelum meluncurkan produknya agar menghasilkan produk yang terjamin kualitasnya serta aman untuk digunakan. Alif juga mengemukakan bahwa pembuatan produk wardah mempekerjakan tenaga yang ahli dalam bidang farmasi sehingga produk wardah memberikan perlindungan secara menyeluruh pada kulit, khususnya untuk wanita Asia yang mayoritas memiliki kulit tipis yang dapat menyebabkan kulit menjadi senstif dan rentan terhadap faktor-faktor luar seperti sinar ultraviolet dan debu 2. Beauty Expert Wardah merupakan produk kecantikan yang terkenal dengan kesan akan kehalalannya sehingga wardah banyak menggunakan model-model yang memakai hijab. Tetapi tidak dipungkiri bahwa wanita Indonesia yang tidak menggunakan hijab juga menikmati produk kecantikan ini. Memenuhi kebutuhan wanita Indonesia, wardah selalu melakukan inovasi serta kreasi akan kecantikan wajah dan tubuh dengan memberikan beragam macam kosmetik yang efektif dengan warna-warna yang tampak natural dengan kulit hingga dengan produk perawatan tubuh yang memiliki kualitas akan bahan-bahan yang alami serta aman. 3. Inspiring Beauty Wardah selalu menginspirasi wanita Indonesia dengan mengusung tema halal untuk memakai produk kecantikan. Seperti yang diketahui bahwa banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan haram dan tidak dianjurkan dengan memasukkan lemak hewan babi, kolagen, elastin, ekstra plasenta, zat penstabil vitamin, asam alfa hidroksil, hormon atau merkuri untuk keuntungan semata. Rahasia kesuksesan produk kecantikan wardah yang kedua yaitu melalui wardah store. Disini pelanggan tidak hanya membeli produk-produk yang ditawarkan oleh wardah, namun pelanggan juga bisa mendapatkan pelayanan pijat tubuh atau facial pada wajah serta pengetahuan akan kecantikan yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk wajah karena wardah hanya menggunakan tenaga kerja yang ahli dalam bidang kecantikan. Wardah store  sudah banyak terdapat di seluruh wilayah Indonesia yang pembagiannya dikelola sendiri. Setelah dijelaskan dari keterangan diatas bahwa seringkali wardah menyebutkan kata halal, aman serta terjamin akan kualitasnya. Disini akan diterangkan ramuan yang digunakan dalam produk wardah yaitu sebagai berikut :
  1.       Non-Comedogenic yang dapat menghambat debu ataupun keringat yang masuk kepori-pori sehingga wajah bebas dari komedo serta jerawat.
  2.      Oil Control untuk mencegah minyak berlebih yang di hasilkan oleh tubuh maupun wajah karena udara yang menyengat.
  3.       UV Protection yang dapat menghalau efek yang ditimbulkan sinar UV A dan B yang dapat menyebabkan penuaan kulit.
  4.      Non Photosensitisasi yang aman untuk kulit jika terkena sinar matahari secara langsung sehingga tidak akan menyebabkan kulit menjadi ke merah-merahan.
B. Strategi Pemasaran yang di Terapkan oleh Wardah Strategi yang dilakukan oleh produk Wardah yaitu dengan menggunakan 4 macam jenis strategi diantaranya :
  1.      Strategi Penetrasi Pasar
Wardah menggunakan strategi ini dengan memproduksi lebih banyak lagi produk-produk yang sudah dipasarkan. Tujuan dalam strategi ini yaitu untuk meningkatkan target penjualan yang akan membawa wardah menjadi brand nomer 1. Selain memasarkan melalui media pasar, wardah juga menggunakan media iklan dan promosi lainnya untuk meyakinkan pelanggan ataupun pembeli yang baru menggunakan produk wardah.
  1.      Strategi Pengembangan Produk
Strategi dalam mengembangkannya yaitu dengan Wardah akan selalu membuat produk-produk baru yang sesuai dengan trend yang sedang berlangsung untuk meningkatkan penjualan. Melalui tim Proyek (Tim Interdisipliner), strategi ini dapat mudah dijalankan oleh perusahaan dengan peluang berinovasi yang besar.
  1.      Strategi Pengembangan Pasar
Strategi ini bertujuan meningkatkan pemasaran produk yang telah ada untuk melewati pesaing-pesaing pasar baru dengan meluaskan pangsa pasar serta menciptakan produk baru maupun dengan menambahkan keistimewaan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini berkaitan dengan pernyataan bahwa Wardah bukan hanya untuk wanita beragama islam namun telah berkembang menjadi lebih maju yang dapat dinikmati oleh universal.
  1.      Strategi Disversifikasi
Untuk strategi ini perusahaan menambahkan produk baru khusus untuk para pembeli yang baru memakai produk Wardah. Ini bertujuan agar bisnis yang dijalankan dapat menghasilkan perluasan produk dengan memakai teknologi yang terbaru yang sesuai dengan zaman. Strategi ini dapat membawa keuntungan bagi perusahaan seperti Wardah membuka salon khusus. Jika dianalisis dengan kekuatan bersaing dari Porter (Porter’s Five Forces), Wardah merupakan kompetitor yang sangat kuat bagi produk-produk kosmetik lainnya. Berikut ini merupakan kekuatan bersaing dari Porter :
  1.      Ancaman pesaing baru
Pesaing baru yang akan menjadi kompetitor untuk Wardah bergantung dengan pasar yang berskala besar, produknya, citra perusahaan yang melekat, biaya masuk, cara masuk ke bahan baku, standar teknis, serta hambatan budaya. Namun sepertinya produk kecantikan Wardah yang sudah terjamin akan kehalalannya bahannya akan sulit untuk tergantikan dengan produk kecantikan lain karena Wardah sudah memiliki sertifikasi halal dari LPPOM MUI yang dibuktikan dengan serangkaian tahapan test.
  1.      Ancaman produk pengganti
Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak tetap dalam menentukan pilihan produk kecantikan. Mereka akan berpindah ke produk kecantikan lain jika dirasa produk tersebut tidak dapat menghasilkan keinginan yang mereka inginkan. Produk pengganti tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit bahkan dapat menyebabkan penyakit kulit yang lebih serius. Oleh karena itu, Wardah sebagai produk kecantikan yang terkenal akan bahan-bahan alaminya harus lebih mengantisipasi serta selalu meningkatkan produk-produknya agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.
  1.      Daya tawar pembeli
Daya tawar sangat berpengaruh terhadap profitabilitas pasar dengan cara menggunakan aturan yang sesuai dari segi harga, pelayanan, kualitas dan lain sebagainya. Ini sangat tepat dengan konsep yang selalu dipaparkan oleh Wardah yaitu mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik yang sesuai dengan karakteristik dari wanita Indonesia. Selain kualitas, Wardah juga harus memperhatikan aturan lain yaitu harga dan pelayanannya.
  1.      Daya tawar pemasok
Pemasok sangat berkontribusi dalam memasarkan produk sehingga pemasok yang kuat dapat bertahan dalam hal harga, kualitas serta kuantitas dari produk tersebut. Selain itu adanya banyak pemasok dapat memberikan pengaruh negatif dalam penjualan serta pendapatan sehingga perusahaan akan menjadi lebih banyak rugi. Oleh karena itu perusahaan yang memiliki manajemen yang baik akan menganalisis jumlah pesanan sesuai kebutuhan pasar, biaya perubahan pemasok dan kehadiran bahan baku. Begitu pula yang dilakukan oleh Wardah dengan menganalisis permintaan pasar, biaya pembuatan produk serta faktor lainnya agar memberikan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia serta dapat menjadi kompetitor terkuat dalam produk kecantikan.
  1.      Persaingan kompetitif antar perusahaan satu dengan lainnya
Ini merupakan kekuatan bersaing yang dapat menentukan daya tari sektor sehingga perusahaan harus mempertahankan citra merk dari produk mereka. Begitu pun yang dilakukan PT. Paragon Technology and Inovation untuk mampu bertahan dengan perusahaan-perusahaan lainnya dengan selalu mengembangkan produk buatannya dengan menggunakan peralatan yang modern, desain produk yang kreatif dan inovatif serta menjaga kualitasnya demi menjaga persaingan dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Nama : Dwi Istiyana Nim :1502025072 Kelas : 5C manajemen Mata Kuliah : Branding dan Komunikasi Pemasaran   sumber : www.academia.edu/19159260/sistem_pemasaran_produk_wardah https://4.bp.blogspot.com/-VC-eM5V6BgA/V7yXD6RKSjI/AAAAAAAAACQ/bYzhPBXrOXE2aAGL_IY8HxV01YG3EsbmQCLcB/s1600/wardah.jpg