Page Nav

HIDE

Update

latest

FEB UHAMKA Laksanakan Pengabdian masyarakat di kampung selfie

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB-UHAMKA) menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat Minggu, 1...


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB-UHAMKA) menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat Minggu, 17 Maret 2019, di RW 04, di Ciracas, Pasar Rebo. Merealisasikan program ini, FEB-UHAMKA bekerjasama dengan warga setempat dan NGAKARYA, sebuah komunitas anak muda yang concern dalam pembuatan lukisan mural. Selain anggota NGAKARYA, hadir juga para relawan yang membantu pembuatan mural. Kegiatan ini didokumentasikan oleh komunitas fotografi dan TVmu.

Warga setempat, laki-laki dan perempuan antusias berduyun-duyun mendukung kegiatan ini. Masing-masing memberikan kontribusi sesuai arahan dari pengurus RW bidang lingkungan hidup, Bapak Sujud. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah Ciracas dan pimpinan FEB-UHAMKA.  Bentuk kegiatan adalah pembuatan lorong selfi di sepanjang jalan yang melintasi balai RW 04. Jalan dibersihkan dan di kanan kirinya ditata dan diberi tanaman. Kemudian tembok dicat dan dihiasi dengan lukisan mural.

Menurut penuturan warga, jalan ini dulunya sangat sepi. Orang-orang takut melewati jalan ini karena sering terjadi kriminalitas. Latar belakang inilah yang membuat dosen FEB-UHAMKA, Dewi  Puji Rahayu dan Tohirin membuat program pengabdian di tempat ini.  Program ini bukan semata-mata mempercantik tampilan fisik, tapi juga dalam rangka turut menyelesaikan problem sosial yang terjadi di masyarakat.

Nantinya, lorong jalan ini direncanakan akan ditutup setiap sepekan sekali untuk dimanfaatkan sebagai ruang ekspresi warga. Warga bisa mengadakan kegiatan senam, pentas seni, dan memamerkan hasil karya Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) dari warga setempat.  Kebetulan warga setempat banyak yang mempunyai kerajinan tangan namun belum ada sarana pemasaran yang baik. Event ini nantinya dapat dijadikan semacam pasar kaget untuk menghidupkan UMKM yang ada.

Kegiatan pengabdian ini merupakan program jangka panjang sehingga nantinya akan terus di-follow up dengan kegiatan-kegiatan lanjutan. Diharapkan nantinya terjalin komunikasi yang lebih intensif antara warga dan pihak kampus. Dengan demikian berbagai persoalan yang timbul di masyarakat nantinya dapat diantisipasi, bahkan dijadikan peluang untuk membuat program kreatif yang memberdayakan masyarakat.[]

Tidak ada komentar