Page Nav

HIDE

Update

latest

UHAMKA Ikuti SBMPTMu 2019

Sebanyak 67 dari 171 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perg...



Sebanyak 67 dari 171 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/'Aisyiyah (SBMPTMu) 2019. Ada 881 prodi yang ditawarkan di SBMPTMu tahun ini.

Adapun ke-57 PTMA yang mengikuti SBMPTMu 2019 mayoritas adalah perguruan tinggi besar milik Perserikatan Muhammadiyah. Salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang mengikuti SBMPTMu adalah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). Hal tersebut disampaikan oleh Deni Adha Akbari, S.E., MM., selaku Kepala Biro Kerjasama Humas dan Promosi (BKHP) UHAMKA.

UHAMKA merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berlokasi di Ibu Kota Negara, Jakarta. UHAMKA telah mengantongi lisensi Akreditasi A (Amat Baik) dari BAN-PT Kampus UHAMKA memiliki berbagai fasilitas antara lain gedung dan ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, asrama mahasiswa, graha mahasiswa, klinik kesehatan dan apotek, serta lahan parkir

UHAMKA menawarkan 9 Fakultas sebagai pilihan yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas EKonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Farmasi dan Sains (FFS), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas PSikologi (FPsi), dan Fakultas Kedokteran (FK).

"Kami berharap dengan mengikuti SBMPTMu 2019, semakin banyak mahasiswa yang masuk ke UHAMKA" ungkap Deni Adha Akbari mewakili UHAMKA.

Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad, menjelaskan pelaksanaan SBMPTMu di lingkungan PTMA sudah masuk tahun kedua. Saat pertama kali dilaunching tahun 2018 SBMPTMu baru diikuti 12 PTMA, itu pun hanya dibuka untuk prodi dokter.

SBMPTMu 2019 dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok I untuk prodi pendidikan dokter dan dokter gigi dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik dan Materi Mata Pelajaran. Kelompok II untuk prodi lainnya dengan materi Tes Kemampuan Akademik.

"Seleksi menggunakan sistem computer based test (CBT). Peserta (SBMPTMu) dapat memilih lokasi tes terdekat," ungkapnya.

Calon mahasiswa baru, kata Arsyad, nantinya cukup mendaftar via online di portal sbmptmu.id dan membayar melalui transfer via Bank Mandiri Syariah. Pendaftaran SBMPTMu Kelompok I dibuka pada 29 April - 3 Juli 2019, Kelompok II pada 29 April - 17 Juli 2019.

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar