Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Tim Dosen UHAMKA Gunakan Enzim Bromelin Untuk Membuat VCO

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa yang terbuat dari daging buah kelapa.  Virgin Coconut Oil (VCO) mengandung asam lemak rant...



Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa yang terbuat dari daging buah kelapa.  Virgin Coconut Oil (VCO) mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah diurai dalam tubuh. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) ada enam cara yaitu :  pemanasan, pengasaman, sentrifugasi, pancingan dan enzimatis. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan secara enzimatis (prosesnya disebut fermentasi) merupakan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari santan kelapa dengan bantuan enzim. Ikatan protein minyak yang berada pada emulsi santan bisa dipecah dengan bantuan enzim yaitu enzim protease. Salah satu enzim yang dapat digunakan untuk memecahkan ikatan lipoprotein dalam emulsi lemak adalah enzim bromelin yang terdapat pada buah nanas (Ananas comosus).  Virgin Coconut Oil (VCO) yang dihasilkan dari proses enzimatis memiliki keunggulan antara lain  berwarna bening, kandungan asam lemak  tidak banyak berubah sehingga khasiatnya tetap tinggi, dan tidak mudah tengik karena komposisi asam lemaknya tidak banyak berubah.


Tim Dosen dari Fakultas Farmasi Dan Sains,  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) melakukan kegiatan pengabdian dengan tajuk “  PEMBUATAN  VIRGIN COCONUT OIL (VCO) MENGGUNAKAN ENZIM BROMELIN DI RT 03 RW 03 KAMPUNG KEKUPU, DEPOK, JAWA BARAT” .  Elfia Siska Yasa Putri, M.Si selaku dosen Kimia di Fakultas Farmasi Dan Sains UHAMKA  memberikan edukasi  tentang  Virgin Coconut Oil (VCO), kandungan zat-zat kimia yang  yang terdapat pada buah kelapa (Cocos nucifera), buah nenas (Ananas comosus), dan Virgin Coconut Oil (VCO).
Sedangkan Dra. Herlina B. Setijanti,M.Si.,Apt  dengan latar pendidikan apoteker  memberikan penyuluhan manfaat   dan keunggulan Virgin Coconut Oil (VCO) : (1) pembuatan produk pangan  dari Virgin Coconut Oil (VCO) yang bertujuan untuk mensubstitusi penggunaan minyak dari bahan dasar lain (2) manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) untuk kesehatan karena Virgin Coconut Oil (VCO )  kaya akan asam lemak, vitamin E, serta mengandung banyak mineral yang tidak dapat ditemukan dalam minyak kelapa biasa. (3) pemanfaatan Virgin Coconut Oil (VCO di bidang kosmetik untuk perawatan tubuh.


Pada kegiatan ini, Wijiastuti, M.Si selaku Dosen Biokimia Fakultas Farmasi Dan Sains UHAMKA dapat menjelaskan  cara pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari enzim Bromelin serta pengemasan yang aman dalam penyimpanan minyak ini.
Mitra pengabdian sangat antusias dengan kegiatan ini yang terlihat jelas dengan adanya tanya jawab pada saat pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari enzim bromelin.  Pada kegiatan pengabdian ini diharapkan meningkatkan pengetahuan mitra dan masyarakat umum tentang Virgin Coconut Oil (VCO) dan kandungan yang terdapat pada Virgin Coconut Oil (VCO)   serta dapat mendorong kreativitas untuk mengaplikasikan  pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari enzim bromelin yang didapatkan dari buah nanas (Ananas comosus) yang banyak tumbuh di lingkungan sekitar . Manfaat lain yang dicapai dari program ini adalah membantu mitra untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya untuk memecahkan masalah (capacity building) sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Tim Pengabdian
Dosen Fakultas Farmasi dan Sains
Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka