Page Nav

HIDE

Update

latest

Guru Profesional Harus Melakukan Penelitian Tindakan Kelas

Tim Pengabdian Masyarakat PRODI PEP Sekolah Pascasarjana UHAMKA Jakarta yang terdiri dari Dr. Ernawati, M.Pd (Ketua), Dr Hj.Sri Yuliawa...

Tim Pengabdian Masyarakat PRODI PEP Sekolah Pascasarjana UHAMKA Jakarta yang terdiri dari Dr. Ernawati, M.Pd (Ketua), Dr Hj.Sri Yuliawati, M.Pd dan Elin Driana, Ph.D beserta 2 orang mahasiswa dan 2 orang Alumni telah mengadakan  Pelatihan Penelitian  Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah,  di akhir bulan Agustus yang lalu di  Sekolah Dasar Negeri IV Jatiwarna Kecamatan Pondok Melati Bekasi.

Kegiatan pengabdian ini, bertujuan mengembangkan kompetensi  para guru Sekolah Dasar khususnya dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah. Kegiatan ini  diikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari Kepala sekolah dan para guru Sekolah Dasar di wilayah Kelurahan Jatiwarna  Pondok Melati Bekasi.



Kegiatan Pelatihan  dilaksanakan di Aula SD Jatiwarna IV yang nyaman. Pada pekan pertama, sesi pembekalan materi diisi oleh Dr. Ernawati M.Pd, selaku Ketua Prodi PEP. Pada sesi ini, dijelaskan materi yang terkait dengan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penjelasan, dimulai dengan melihat permasalahan siswa di kelas, memastikan solusi permasalahan pembelajaran yang tepat untuk siswa, lalu membuat rancangan tindakan untuk mengatasi masalah,  dan membuat proposal PTK. Tidak hanya itu, dijelaskan juga tentang teori-teori apa yang tepat untuk mempelajari fakta-fakta permasalahan siswa. Selain itu disampaikan pula materi yang terkait dengan menulis karya ilmiah, termasuk materi   cara menyusun laporan penelitian yang benar.

Pada pekan kedua, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Workshop  Proposal PTK. Para peserta pelatihan dibimbing oleh Dr. Hj. Sri Yuliawati M.Pd dan Elin Driana, Ph.D dan didampingi oleh para mahasiswa dan alumni  untuk membuat proposal PTK yang baik. Selama kegiatan para peserta sangat antusias mendengarkan, memperhatikan dan bertanya. Di akhir kegiatan pelatihan para  peserta ditawarkan untuk berkolaborasi dengan tim pengabdian masyarakat Prodi PEP UHAMKA dalam melakukan penelituan tindakan kelas. Para dosenpun siap melayani konsultasi membantu proses menyelesaikan PTK yang dibuat oleh para guru. Penelitian tindakan kelas bagi para guru yang mengikuti pelatihan ini, tidak hanya dipahami sebagai poin untuk kenaikan pangkat/golongan tetapi lebih bermakna sebagai upaya  mengembangkan potensi guru  agar menjadi guru yang  professional.

Penulis: Ernawati
ernawati.pep@uhamka.ac.id
Hp.08112334445