Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

UKM HARUS MELEK TEKNOLOGI

Koranmu.com-UKM adalah usaha masyarakat yang tidak banyak terpengaruh bila terjadi goncangan ekonomi global. Kemandirian dan pangsa pasarn...

Koranmu.com-UKM adalah usaha masyarakat yang tidak banyak terpengaruh bila terjadi goncangan ekonomi global. Kemandirian dan pangsa pasarnya yang kebanyakan berbasis lokal membuatnya bisa bertahan. Kuatnya persaudaraan dan kerjasama antar pebisnis kelas menengah yang biasanya terjalin dalam grup-grup wirausaha juga membuat mereka dapat saling menguatkan.

Terlepas dari kestabilan yang dimiliki, ada satu hal yang tidak boleh luput untuk dilakukan oleh para pelaku UKM. Mereka harus memiliki kemampuan yang baik dalam bidang IT karena nadi kehidupan saat ini tidak bisa dilepaskan dari kecanggihan teknologi. Banyak sekali transaksi bisnis yang dilakukan secara online, dan dan jumlahnya terus meningkat.

Melihat fakta semacam ini, LPPM UHAMKA Menggandeng Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia Tangan Di Atas (TDA) untuk memberikan pelatihan dalam peningkatan kemampuan menggunakan teknologi yang bertajuk “Pelatihan Strategi Marketing Berbasis IT Bagi UKM Di Jakarta Timur.” Kegiatan ini difokuskan pada teknologi pemasaran karena merupakan urat nadi dari keberadaan UKM.

Acara ini di prakarsai oleh Ibu Novanita W. Arini sebagai perwakilan dari UHAMKA yang membawa serta team nya yang terdiri atas 2 dosen, 2 mahasiswa dan 1 alumni. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 pertemuan dalam kurun waktu dua minggu.  Peserta kegiatan ini adalah para pelaku UKM yang ada di wilayah Jakarta Timur.

Pada minggu pertama para peserta diberi pelatihan tentang teknik Photography yang disampaikan oleh Devi Novi Astuti, seorang Photographer profesonal yang banyak menangani pemotretan produk para pelaku usaha. Materi ini diberikan sebagai langkah awal untuk pembuatan akun pemasaran yang banyak memerlukan gambar bagus agar menarik perhatian konsumen.

Dan di minggu kedua, LPPM UHAMKA bersama TDA menghadirkan bapak Muji dan Aditya Devianto untuk memberikan pelatihan pemasaran berbasis IT melalui aplikasi IMOOJI.  Aplikasi ini sangat menarik dan mudah dibuat karena sudah dilengkapi dengan puluhan template yang bisa dipilih sesuai dengan selera para penggunanya. Aplikasi ini setelah selesai dikerjakan bisa disebarkan oleh pelaku UKM melalui WA, FB, twitter dan instagram sehingga sangat membantu pemasaran para pelaku UKM. IMOOJI ini memiliki versi gratis dan berbayar yang bisa disesuaikan dengan kemampuan para teman-teman pelaku UKM.

Kegiatan yang dilakukan di markas TDA pada akhir September kemarin berjalan dengan lancar, dan aplikasi teman-teman UKM sudah berhasil di share di akun pertemanan mereka masing-masing. Di harapkan dengan majunya UKM, akan turut menyumbang kemajuan perekonomian Indonesia. 

(*Penulis : Novanita W. Arini)