Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Pemasaran Masa Datang

Dahulu untuk mencari suatu tempat atau lokasi dalam berkunjung yang belum diketahu, banyak orang menggunakan peta. Saat ini, perubaha...

Dahulu untuk mencari suatu tempat atau lokasi dalam berkunjung yang belum diketahu, banyak orang menggunakan peta.

Saat ini, perubahan begitu cepat disertai adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga memperluas jangkuan informasi  kepada masyarakat di seluruh dunia.

Perubahan-perubahan tersebut  mendorong orang menyesuaikan dan  mencari serta menciptakan metode atau cara-cara lebih efektif dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.

Dahulu orang mengira pada sesuatu  yang tidak mungkin sekarang menjadi mungkin atau terealisasi.

Misal google telah mengembangkan aplikasi dalam hal membantu seseorang dalam mencari suatu tempat yang dituju, aplikasi ini dapat memberi petunjuk yang sangat runut, rinci dan akurat dengan ketepatan hampir 100%. Hasil pencarian lokasi dapat diperbesar sesuai keinginan penggunanya. Seolah-olah dunia ada  pada genggaman atau jari jemari tangan anda.

Penemuan-penemuan baru memunculkan disruption inovation. Penemuan disrupsi akan memunculkan pasar baru dan pasar lama akan terdisrupsi. Persaingan dan kerumitan organisasi serta keinginan untuk menjangkau wilayah pasar yang luas mendorong peningkatan kebutuhan inovasi semakin tinggi yang menciptakan pada proses efisien dan efektif.

Pada prinsipnya biaya dan laba adalah indikator yang senantiasa diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Upaya perusahaan menciptakan berbagai media saluran distribusii dimana salah satunya berbasis on line adalah mengarah pada penciptaan peningkatan  laba dan biaya yang terukur

Pelayanan pemasaran komersial dengan menggunakan  metode on line tidak jauh beda dengan pelayanan pemasaran publik.

Dahulu  teori lama mengatakan bahwa tempat atau toko yang strategis (place) adalah salah satu faktor sukses atau tidaknya suatu bisnis ecer dijalankan. Teori di atas dalam beberapa jenis bisnis  tidaklah selalu tepat atau benar untuk mengembangkan usahanya.

Metode penjualan ecer sekarang pada dasarnya mempunyai kemiripan dengan metode pemasaran 20 tahun yang lalu, yakni sama-sama menjual langsung ke rumah-rumah (in -home selling atau penjualan eceran non-toko) pelanggan. Dahulu media yang digunakan untuk memesan adalah telepon, brosur dan sms serta lain-lain, sedangkan saat ini menggunakan handphone yang di dalamnya terdapat  aplikasi.

Tanpa menyebutkan suatu merek misal  ..?..id adalah sebuah bisnis kuliner  restauran siap saji dan antar, 

Penggunaan media aplikasi on line  sebagai media promosi, soslalisasi, pesanan, antaran (jemput bola) , dsenangi dan sering dikunjungi  adalah  cara strategis strategis perusahaan  dalam memperbanyak pelanggan dalam persaingan yang semakin ketat.

Menurut penulis beberapa strategi perusahaan dalam menjalankan usaha kuliner dengan menggunakan metode on line  agar tetap eksis sepanjang kebutuhan masyarakat dapat dilayani dengan mudah, cepat dan simpel adalah sebagai berikut :

1. Inovator dalam perusahaan akan senantiasa mengembangkan situs web layanannya senantiasa menarik pelanggan untuk singgah dalam  aplikasinya.

2. Kualitas penyajian tayang menu kuliner berkualitas tinggi sehingga menggugah pelanggan untuk memesan dan mencobanya. 

3. Perusahaan sering mengeluarkan discount potongan harga baik dalam bentuk akumulasi point untuk selanjutnya dapat ditukarkan misal sebagai pengurang harga pembelian, dalam bentuk cash back maupun biaya antar gratis, hal ini dimaksudkan sebagai bagian promosi menarik pelanggan agar sesering mungkin singgah dalam aplikasinya.

4. Pada saluran distribusi menggunakan metode on line senantiasa melakukan up date tampilan pada aplikasi yang mengikuti perubahan budaya, sosial dan usia demografi suatu tempat.

Deni Nuryadin
Dosen FEB Uhamka
Direktur LazisMu Uhamka