Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Dosen UHAMKA Berikan Pelatihan Penggunaan dan Pembuatan Applet Pada Geogebra Online

Dimasa pandemic covid-19 saat ini, menjadikan guru harus lebih kreatif dalam membuat bahan ajar ataupun lembar kerja siswa saat proses p...





Dimasa pandemic covid-19 saat ini, menjadikan guru harus lebih kreatif dalam membuat bahan ajar ataupun lembar kerja siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Walaupun sampai saat ini, sekolah masih belum memperbolehkanjar tatap muka dalam proses belajar mengajar di sekolah. Khususnya pada mata pelajaran matematika dimana semua memuat rumus, gambar serta pemahaman konsep bagaimana guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi sekolah yang dijelaskan oleh guru. 

Banyak LMS yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran online untuk proses pembelajaran. Diantaranya adalah google classroom, schoology, zoom, whatsapp grup, dan lain sebagainya. Namun, kesulitan dalam LMS lain adalah dalam hal menjelaskan gambar atau rumus dalam penyampaian materi. Geogebra online adalah software matematika yang dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi melalui tools-tools yang ada dalam geogebra online, serta sudah ada lembar kerja siswa yang dinamakan Applet dalam geogebra. 

Pada pengabdian kepada masyarakat ini, kami selaku tim PKM memberikan pelatihan penggunaan dan pembuatan lembar kerja siswa (Applet) pada geogebra online bagi guru matematika di Jakarta.

 “Kami menyambut baik pelatihan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA karena sudah memfasilitasi narasumber yang berkualitas” ungkap Atut Satya Budiningtyas, M.Pd., Ketua MGMP Matematika Wilayah II Jakarta Timur.

Ketua tim PKM Isnaini Handayani, M.Pd. mengucapkan terima kasih kepada MGMP karena sudah memfasilitasi dan mengundang para peserta yaitu guru matematika di sekolah Jakarta Timur. 

Pelatihan ini dilaksanakan dua hari yaitu hari rabu, 12 dan 19 Agustus 2020 melalui webinar yaitu ZOOM Meeting yang diikuti oleh 114 peserta pelatihan, dimana hari pertama ada 2 narasumber yaitu Windia Hadi, M.Pd., yang menjelaskan fungsi tools GeoGebra secara umum serta penerapan dalam pembelajaran matematika, sesi kedua di instruksikan oleh Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd. yang menginstruksikan tahapan dalam membuat lembar kerja siswa (Applet) pada geogebra online. 

Hari kedua adalah simulasi pelatihan, dimana guru diberikan tugas untuk membuat Applet kemudian mempresentasikan cara membuat applet sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Banyak peserta yang antusias dalam membuat applet dan menyarankan untuk dilakukan pelatihan lanjutan terkait Geogebra dan pembuatan LKS pada jenjang Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. 

"Besar harapan kami guru matematika tetap kreatif dalam pembuatan bahan ajar atau lembar kerja siswa (Applet) dalam geogebra online karena dapat memudahkan pemahaman konsep kepada siswa tentang materi matematika, “ tutup Isnaini Handayani, M.Pd. selaku ketua PKM.