Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Tim PKM UHAMKA Adakan Pelatihan Penyusunan Istrumen Evalusi Berbasis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21

Senin, 19/10/2020 yang lalu tim PKM UHAMKA yang terdiri dari Dr. Imam Sasfi'i, M.Pd. Dr. Wini Tarmini, M.Hum, dan bersama dengan satu ...


Senin, 19/10/2020 yang lalu tim PKM UHAMKA yang terdiri dari Dr. Imam Sasfi'i, M.Pd. Dr. Wini Tarmini, M.Hum, dan bersama dengan satu orang mahasiswa SPs., yaitu Andi Wibowo mengadakan kegiatan pelatihan penyusunan instrumen evaluasi berbasis nilai-nilai kecakapan abad 21 bagi guru-guru SDN Gandaria Selatan 01 Jakarta Selatan.


Mengawali kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SDN Gandaria Selatan 01 Jakarta Selatan, Surani, S.Pd. SD mengutarakan, bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru karena dapat meningkatkan kompetensi profesional para guru. Di samping itu, melalui melalui penyusunan instrumen yang berbasis pada nilai-nilai kecakapan abad 21 juga mampu meningkatkan kompetensi siswa yang relevan dengan berbagai tuntutan di abad 21. Oleh karena itu, beliau menekankan agar para guru dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh.

Dalam kegiatan tersebut Dr. Imam Safi'i, M.Pd. bersama dengan tim PKM melangsungkan kegiatan pelatihan dengan mengadopsi prosedur pedagogi genre, yaitu terdiri dari membangun konteks, menelaah model, mengonstruksi secara bersama-sama, dan mengonstruksi secara mandiri. Pada tahap membangun konteks Dr. Imam Safi'i, M.Pd. menyampaikan bahwa di era kekinian setiap guru harus membekali diri dengan pemahaman dan kemampuan menyusun instrumen evaluasi yang berbasis nilai-nilai kecakapan abad 21. Hal ini peting karena instrumen evaluasi yang relevan dengan nilai-nilai kecakapan abad 21 mampu digunakan untuk membekali siswa dalam menjalani kehidupan siswa di masa mendatang yang tuntutannya semakin kompleks. Pada tahap menelaah model, para guru diberikan paparan mengenai beragam contoh instrumen evaluasi berbasis nilai-nilai kecakapan abad 21 yang terdapat dalam buku teks. Selanjutnya, pada tahap mengonstruksi para guru diberikan kesempatan  secara bersama-sama maupun secara mandiri untuk menyusun beberapa instrumen evaluasi yang berbasis pada nilai-nilai kecakapan abad 21.

          Di akhir kegiatan, beberapa guru menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat. Para guru mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif menganai berbagai kecakapan abad 21 yang diperuntukkan bagi pengembangan kompetensi siswa. Para guru juga menjadi semakin terampil dalam menyusun instrumen evaluasi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan di abad 21 serta sesuai dengan kebutuhan siswa.