Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Iklan

Mengenal Praktik Politik Oligarki

Masa pilkada yang telah usai dan diharapkan akan membawa angin segar atas kebijakan dari pemimpin terpilih. Namun, apakah praktik politik ...


Masa pilkada yang telah usai dan diharapkan akan membawa angin segar atas kebijakan dari pemimpin terpilih. Namun, apakah praktik politik oligarki masih berpotensi ada?

Dalam sudut pandang politik, praktik politik oligarki merupakan pemusatan kekuasaan yang memegang segala kepentingan dan aturan terhadap publik atau masyarakat yang dilakukan oleh segelintir orang saja (golongan elit) dengan pengaruh dominan dalam pemerintahan dan orang-orang yang berada dalam praktik politik oligarki ini disebut dengan oligar.

Dengan kata lain, praktik ini dilakukan hanya oleh golongan tertentu saja yang dapat mengendalikan tatanan pemerintahan dan otoritas dengan menyampingkan atas tatanan struktur pemerintahan yang lain serta suara masyarakat.

Lantas apa penyebab adanya praktik politik oligarki ini? Adanya ketimpangan material yang tinggi berjalan lurus dengan ketimpangan politik, hal ini yang menjadikan sebab dari praktik ini. Jika tidak adanya ketimpangan ini, maka praktik politik oligarki tidak akan ada. Minimnya informasi yang dimiliki oleh masyarakat mengenai pemerintahan juga dapat menjadi penyebab praktik politik oligarki.

Sebagai negara dengan sistem demokrasi, praktik ini jelas tidak sejalan dengan sistem pemerintahan di mana rakyat memegang kekuasaan tertinggi sesuai yang dianut oleh negara kita. Adanya praktik politik oligarki ini juga dapat mengancam akan kelangsungan demokrasi.

Seperti yang kita tahu bahwa aspirasi masyarakat merupakan hal yang utama atas dasar dari pembuatan kebijakan. Namun, pemutusan kebijakan dan peraturan dalam praktik politik oligarki yang dilakukan oleh golongan tertentu saja yang hanya berfokus pada keuntungan pribadi, tentunya dapat mempengaruhi pada pertumbuhan ekonomi dan masyarakat secara langsung.

Dalam diskusi daring yang digelar oleh Komnas HAM pada Senin (8/9/2020), Lestari Moerdijat, selaku Wakil Ketua MPR RI mengatakan "Kurangnya pemahaman dari masyarakat akan kebutuhan pemimpin yang tepat, masyarakat seringkali dipengaruhi oleh kekuatan dari segelintir orang dan mengarahkan pilihannya kepada calon tertentu dalam suatu proses kontestasi politik."

Dapat dikatakan salah satu solusi untuk mengantisipasi adanya praktik politik oligarki ini yaitu dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan makna dari oligarki itu sendiri serta pentingnya dalam memilih pemimpin yang tepat.

Penulis :  Dimas Kurniawan

Email :  dimdimaskurniawan@gmail.com

No. HP :  082224125814

Iklan Halaman Depan